Posisi tidur miring, tidur seperti janin, telentang, dan tidur memeluk pasangan dapat membuat Anda terhindari dari penyakit
Posisi tidur bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda

Tahukah Anda bahwa posisi tidur berkaitan dengan kepribadian seseorang? Tidak hanya itu, posisi tidur yang tepat juga dapat menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Beberapa penyakit atau kondisi kesehatan tertentu dapat dicegah dengan posisi tidur yang baik, misalnya seperti sakit punggung, mendengkur, atau menghindari terbangun secara tiba-tiba di malam hari.

Posisi tidur terbaik yang bisa Anda coba

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut adalah macam-macam posisi tidur dan dampaknya bagi kesehatan:

1. Posisi tidur miring

Tidur dengan posisi miring memilki manfaat bagi kesehatan, terutama posisi yang miring ke sebelah kiri. Tidak hanya mampu mengurangi dengkuran, posisi tidur ini juga bermanfaat bagi pencernaan dan mengurangi heartburn.

Jika Anda sering tidur dalam posisi ini, sebaiknya Anda juga menempatkan guling di antara kedua kaki untuk membantu menyesuaikan posisi pinggul. Hal ini bertujuan untuk menghindari sakit punggung bawah.

2. Posisi tidur seperti janin

Posisi tidur seperti janin merupakan salah satu posisi tidur yang paling digemari. Posisi ini sangat umum bagi wanita ketimbang pria. Beberapa penelitian menunjukkan kepribadian orang yang memilih posisi tidur ini sebagai orang yang ramah dan hangat. 

Posisi tidur layaknya janin ini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya baik bagi sakit punggung bawah atau ibu hamil, namun posisi tidur ini juga dapat mengurangi dengkuran bagi mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur.

3. Posisi tidur berbaring di atas punggung (telentang)

Posisi telentang atau tidur berbaring di atas punggung memiliki manfaat yang paling banyak terhadap kesehatan Anda. Bukan hanya membantu melindungi tulang belakang, posisi tidur ini juga meringankan pinggul dan lutut yang sakit.

Tidur dengan posisi berbaring di atas punggung juga mampu mengurangi tekanan pada punggung dan sendi Anda. Posisi bahkan juga mampu mengurangi kerutan di wajah karena bantal atau pengaruh gravitasi saat tidur.

4. Posisi tidur miring memeluk pasangan (spooning)

Posisi tidur miring ini bisa menjadi pilihan ideal untuk menambah keharmonisan rumah tangga. Anda mungkin sering terbangun sejenak, tetapi posisi ini sangat baik untuk suasana hati Anda.

Posisi ini dapat membantu menghasilkan zat kimia otak yang disebut oksitosin. Senyawa kimia yang membantu menurunkan stres, membuat perasaan bahagia, dan membantu tidur nyenyak.

Posisi tidur yang tidak disarankan

Posisi tidur di bawah ini sebenarnya juga memiliki manfaat, namun tidak disarankan untuk dilakukan karena memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan Anda.

1. Posisi tidur di atas perut

Suka tidur tengkurap atau tertelungkup di atas perut? Jika demikian, sebenarnya posisi tidur ini kurang baik. Anda cenderung lebih gelisah, berbolak-balik, berganti posisi tidur, dan semakin tidak nyaman.

Posisi ini juga menekan bagian leher dan punggung bawah sehingga membuant Anda lebih rentan terhadap sakit leher dan punggung. Selain itu, Anda juga akan lebih sering bangun dengan keadaan sakit di beberapa bagian tubuh dan kelelahan karena posisi tidur di atas perut memberikan tekanan pada otot dan sendi.

Jika Anda suka posisi tidur ini, gunakan bantal yang sangat lembut agar menjaga leher tetap nyaman.

Manakah posisi tidur favorit Anda? Apa pun itu, semoga Anda dapat selalu tidur nyenyak dan bangun pagi dalam kondisi yang bugar.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-sleep-positions
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed