logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Menghilangkan Stretch Mark di Paha, Perut, Betis, Payudara, dan Bagian Tubuh Lainnya

open-summary

Ada berbagai cara menghilangkan stretch mark yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, seperti penggunaan krim topikal hingga prosedur medis tertentu. Anda juga bisa mengandalkan cara alami menghilangkan stretch mark dengan mengoleskan minyak zaitun, lidah buaya, scrub gula, hingga air perasan lemon.


close-summary

4.17

(6)

22 Okt 2021

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dan medis

Stretch mark adalah guratan berbentuk garis-garis halus yang terdapat di permukaan kulit

Table of Content

  • Penyebab stretch mark muncul
  • Cara ampuh menghilangkan stretch mark
  • Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Cara menghilangkan stretch mark terkadang bukan perkara mudah. Stretch mark adalah guratan berbentuk garis-garis halus yang terdapat di permukaan kulit. Kondisi ini paling sering dijumpai perempuan pada area payudara, perut, pinggul, bokong, dan paha.

Advertisement

Mulanya, stretch mark akan muncul sebagai garis tipis merah atau ungu pada kulit yang memiliki tekstur berbeda dari lapisan kulit di sekitarnya.

Kemudian, sebagian besar guratan ini memudar dan berubah menjadi lebih terang atau hampir transparan sehingga tampak berkilau.

Pria dan wanita bisa memiliki stretch mark. Akan tetapi, remaja dan ibu hamil lebih sering mengalami guratan garis-garis halus ini.

Penyebab stretch mark muncul

Stretch mark adalah masalah kulit yang terjadi akibat adanya peregangan. Kondisi ini bisa diperparah oleh beberapa faktor, termasuk genetik (keturunan) hingga peningkatan hormon kortisol.

Kortisol adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal. Jika hormon kortisol yang diproduksi terlalu banyak maka kulit bisa kehilangan elastisitasnya.

Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang mengalami stretch mark, yakni:

  • Sedang hamil
  • Pertumbuhan yang sangat cepat
  • Peningkatan atau penurunan berat badan secara cepat
  • Penggunaan kortikosteroid
  • Penggunaan steroid anabolik
  • Pascaoperasi pembesaran payudara
  • Memiliki kondisi medis, seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan

Baca juga: Kenali Perbedaan Selulit dan Stretch Mark pada Kulit

Cara ampuh menghilangkan stretch mark

Munculnya stretch mark tentu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri karena dapat mengganggu penampilan.

Nah, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai cara menghilangkan stretch mark di paha dan area tubuh lainnya yang bisa dilakukan.

Namun, perlu diketahui bahwa cara mengatasi stretch mark tidak dapat dilakukan secara instan atau cepat tanpa adanya bantuan dari dokter spesialis kulit.

Berikut adalah beberapa cara menyamarkan atau mengurangi tampilan stretch mark di paha, perut, payudara, betis, dan bagian tubuh lainnya.

1. Eksfoliasi

Tindakan eksfoliasi secara rutin bisa menjadi cara ampuh menyamarkan stretch mark, khususnya yang berwarna putih. Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memperbaiki regenerasi kulit.

Cara menghilangkan stretch mark putih ini dapat memberi hasil yang maksimal apabila dibarengi dengan perawatan lainnya.

2. Penggunaan krim topikal

Selain melakukan tindakan eksfoliasi, Anda bisa rutin menggunakan obat topikal, baik dalam bentuk krim, salep, atau lotion, sebagai cara menghilangkan stretch mark putih.

Meski begitu, American Academy of Dermatology mengingatkan bahwa penggunaan obat topikal mungkin tidak benar-benar ampuh menjadi cara menghilangkan stretch mark di paha dan bagian tubuh lainnya.

Namun setidaknya, penggunaan krim penghilang stretch mark dapat membantu menyamarkan guratan-guratan halus di tubuh Anda sekaligus membuat kulit kembali elastis.

Cara menghilangkan stretch mark membandel
Oleskan krim topikal pada area kulit yang terdapat stretch mark

Sebelum menggunakan krim topikal penghilang stretch mark, Anda dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal. Misalnya:

  • Upayakan untuk menggunakan krim topikal ketika stretch mark baru muncul. Hal ini karena efek pengobatan topikal tidak begitu ampuh pada stretch mark yang sudah lama muncul.
  • Pijat produk oles ini ke seluruh area permukaan kulit yang terdapat guratan stretch mark untuk membantu menghilangkan keberadaannya.
  • Gunakan produk oles secara rutin setiap hari.
  • Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi krim topikal penghilang stretch mark sesuai dengan kondisi yang dialami.

3. Oleskan pelembap

Stretch mark merupakan kondisi normal yang kerap muncul saat masa pubertas. Nah, cara menghilangkan stretch mark pada remaja bisa dengan mengoleskan pelembap.

Selain melembapkan kulit, penggunaan pelembap mampu meningkatkan sekaligus menjaga elastisitas kulit.

Coba pilih pelembap yang mengandung salah satu atau kombinasi dari bahan aktif sebagai berikut.

  • Hyaluronic acid. Menurut studi yang dimuat dalam Drug Design, Development and Therapy, penggunaan krim mengandung hyaluronic acid disebut efektif dalam menyamarkan stretch mark yang baru muncul dengan cara merangsang produksi kolagen.
  • Tretinoin (retinoid). Mengoleskan tretinoin tiap malam hari terbukti ampuh dalam menyamarkan tampilan stretch mark.
  • Centella asiatica. Kandungan bahan alami ini dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga menyamarkan keberadaan stretch mark.
  • Cocoa butter, shea butter, minyak zaitun, atau minyak vitamin E. Walaupun diklaim mampu membuat kulit jauh lebih halus, masih dibutuhkan studi lebih lanjut guna membuktikannya secara ilmiah.

Baca juga: Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark yang Efektif untuk Ibu Hamil

4. Terapi laser

Beberapa tindakan medis yang disarankan dokter dapat menjadi cara menghilangkan stretch mark di betis dan bagian tubuh lainnya. Salah satunya adalah terapi laser.

Prosedur ini bekerja dengan masuk menembus ke dalam kulit sampai akhirnya memicu proses regenerasi kulit.

Terapi laser juga merangsang produksi melanin pada area kulit yang terdapat stretch mark sekaligus mengaktifkan sel-sel pigmen kulit. Dengan demikian, lama kelamaan stretch mark akan menyatu dengan warna kulit normal Anda.

Cara menghilangkan stretch mark yang ampuh
Terapi laser untuk menghilangkan stretch mark di payudara

Meski laser membantu merangsang jaringan di sekitar stretch mark untuk pudar dan hilang lebih cepat, Anda membutuhkan lebih dari satu kali sesi laser untuk melihat hasilnya dengan maksimal.

Ada beberapa jenis terapi laser yang direkomendasikan khusus oleh dokter untuk menghilangkan stretch mark. Misalnya:

  • Laser pulsed dye. Prosedur ini melibatkan penggunaan cahaya untuk menenangkan pembuluh darah penyebab munculnya stretch mark baru berwarna merah.
  • Laser fraksional CO2. Tindakan menggunakan laser dan gas karbon dioksida untuk menyamarkan kemunculan stretch mark putih yang lama. Melansir Web MD, melakukan terapi laser fraksional CO2 sebanyak 5 sesi ampuh memudarkan stretch mark dibandingkan penggunaan krim topikal mengandung asam glikolat dan tretinoin.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui terapi laser yang tepat sesuai kondisi yang dialami. Tanyakan juga mengenai manfaat dan risiko efek sampingnya.

Anda mungkin perlu melakukan beberapa kali sesi perawatan laser untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

5. Mikrodermabrasi

Cara ampuh menghilangkan stretch mark membandel berikutnya melalui prosedur mikrodermabrasi.

Mikrodermabrasi adalah prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal-kristal halus dan vakum khusus.

Tindakan ini bekerja dengan menargetkan lapisan kulit paling atas (epidermis) untuk merangsang produksi kolagen dan elastin pada area kulit yang terdapat stretch mark.

Meski diklaim ampuh, prosedur ini belum tentu dapat menghilangkan stretch mark sepenuhnya. Hal ini bergantung pada tingkat keparahan kondisi dan berapa kali sesi perawatan dilakukan.

Maka, pastikan Anda melakukan sesi perawatan berulang untuk memperoleh hasil yang efektif.

6. Microneedling

Microneedling adalah cara menghilangkan stretch mark dalam waktu singkat yang menargetkan lapisan dermis kulit. Lapisan ini merupakan tempat terbentuknya stretch mark.

Microneedling melibatkan penggunaan jarum-jarum kecil yang ditusukkan ke kulit untuk memicu produksi kolagen.

Nantinya, peningkatan kolagen dan elastin akan mendorong regenerasi kulit sehingga memperbaiki tampilan kulit dan mengurangi stretch mark.

Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology, prosedur kosmetik ini terbukti ampuh dalam mengatasi stretch mark, khususnya pada orang yang memiliki kulit gelap.    

Seorang ahli kulit mengemukakan, tindakan ini dapat menghilangkan stretch mark secara permanen. Meski begitu, Anda membutuhkan beberapa kali sesi perawatan dan pantauan dokter agar stretch mark dapat hilang sepenuhnya.

7. Operasi plastik

Jika berbagai cara menghilangkan stretch mark di perut yang telah disebutkan sebelumnya tidak kunjung berhasil, operasi plastik mungkin bisa menjadi pilihan berikutnya.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tindakan ini mungkin dapat menimbulkan jaringan parut dan risiko efek samping setelahnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan melakukan operasi plastik sebagai cara menghilangkan stretch mark di perut dan bagian tubuh lainnya.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Selain melalui prosedur medis, cara mengatasi stretch mark bisa mengandalkan sejumlah bahan alami rumahan.

Namun, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan studi lebih lanjut guna mengetahui keefektifan bahan-bahan di bawah ini dalam membantu menghilangkan stretch mark di paha dan bagian tubuh lainnya.

Jika tidak memiliki riwayat alergi terhadap bahan-bahan alami, Anda mungkin dapat menggunakannya dengan aman. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu bila merasa ragu mengoleskannya.

Berikut adalah cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa dilakukan.

1. Lidah buaya

Cara alami menghilangkan stretch mark
Gunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya

Cara menghilangkan stretch mark dengan lidah buaya bisa Anda coba di rumah.

Lidah buaya atau Aloe vera dapat membuat kulit lebih halus dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya dan mengoleskannya ke permukaan kulit sesaat setelah mandi.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara menghilangkan stretch mark dengan lidah buaya mungkin masih membutuhkan studi klinis lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya.

2. Minyak kelapa

Anda mungkin dapat mengandalkan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami.

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang mudah menyerap ke dalam kulit.

Bahan alami ini juga mampu merangsang produksi kolagen dan berperan sebagai anti peradangan sehingga mampu mempercepat penyembuhan stretch mark.

Anda cukup mengoleskan minyak kelapa murni tiap hari pada area kulit yang mengalami stretch mark.

Pastikan beri pijatan lembut pada guratan agar meresap. Terakhir, bilas kulit menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Gula pasir

Cara alami menghilangkan stretch mark dengan gula pasir
Gula pasir disebut mampu mengangkay sel kulit mati

Anda juga bisa menggunakan gula pasir sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami.

Jadikan gula sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit stretch mark sehingga tampilannya akan semakin memudar.

Caranya, campurkan gula pasir secukupnya dengan 1 sendok madu (untuk melembapkan dan mengencangkan), minyak zaitun (untuk melembapkan dan menjaga elastisitas kulit), serta air perasan lemon (untuk mencerahkan).

Aduk merata sampai menjadi pasta masker. Selanjutnya, oleskan pada area kulit yang terdapat stretch mark.

Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara alami menyamarkan stretch mark ini 3 kali seminggu.

4. Air perasan lemon

Penggunaan krim topikal dengan kandungan tertentu mungkin tidak disarankan untuk mengatasi stretch mark pada ibu hamil.

Sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan air perasan lemon sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil.

Sifat asam dari lemon diyakini membantu menyamarkan atau menghilangkan stretch mark.

Anda hanya perlu membasahi bola kapas bersih ke dalam air perasan lemon, kemudian mengoleskannya ke area kulit yang terdapat guratan garis halus.

Diamkan selama 10 menit. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak zaitun

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan vitamin E

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan lainnya.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan vitamin E yang mampu melembapkan kulit, melancarkan sirkulasi darah, hingga mengatasi stretch mark.

Gunakan minyak zaitun secukupnya dengan cara mengoleskan ke area kulit yang terdapat stretch mark.

Diamkan selama 20-30 menit, atau biarkan semalaman, kemudian bilas kulit dengan air hangat.

6. Putih telur

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang dapat membantu meregenerasi kulit agar tampak lebih cerah sehingga menyamarkan tampilan guratan.

Itu sebabnya, putih telur disebut berpotensi menjadi salah satu cara alami menghilangkan stretch mark.

Anda cukup mengocok telur 2 butir telur, kemudian oleskan pada area kulit yang terdapat stretch mark menggunakan kuas bersih.

Biarkan kering, lalu bilas dengan air dingin. Selanjutnya, gunakan pelembap atau minyak zaitun untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Kentang

Cara mengatasi stretch mark dengan kentang
Kupas kentang, kemudian parut untuk mengambil sarinya

Cara alami menghilangkan stretch mark lainnya, yakni menggunakan kentang.

Kentang mengandung pati dan berbagai enzim yang diyakini dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Cara menggunakannya, kupas kentang terlebih dahulu. Kemudian, parut kentang dan ambil sarinya. Oleskan sari air kentang pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark.

Diamkan sampai kering selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.  

Baca Juga

  • 10 Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil (Sebaiknya Dihindari!)
  • Infeksi Jamur pada Kulit Bikin Tak Nyaman, Ini Cara Menghindarinya
  • Mengencangkan Kulit dengan HIFU Treatment yang Tengah Naik Daun

Umumnya, stretch mark bukan kondisi yang membahayakan dan dapat memudar seiring berjalannya waktu.

Akan tetapi, bila stretch mark membuat Anda merasa terganggu karena alasan tertentu, coba konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Anda juga bisa bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengatasi stretch mark. Pastikan Anda mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

stretch marksperawatan kulitkulit dan kecantikanmasalah kulitmasalah kehamilan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved