Tamu Tak Diundang, Hilangkan Stretch Mark si Penganggu Penampilan!

Stretch mark tidak menandai adanya kondisi kesehatan yang serius
Warna dan ukuran stretch mark bervariasi, bergantung pada waktu kemunculannya.

Stretch Mark merupakan garis - garis berwarna pada kulit akibat kulit meregang diluar batas alaminya. Regangan ini paling banyak disebabkan oleh penambahan berat badan, atau pertumbuhan drastis yang terjadi sangat cepat. Cara menghilangkan stretch mark di paha pun, banyak dicari para bumil, alias ibu hamil.

Stretch Mark memang paling sering dijumpai di perut, payudara, bokong, dan paha. Munculnya garis - garis ini tentu akan mengurangi tingkat kepercayaan diri karena menggangu penampilan. Namun jarang sekali muncul keluhan yang berarti, dan kebanyakan bukanlah akibat dari masalah kesehatan yang serius.

[[artikel-terkait]]

5 Cara menghilangkan Stretch Mark di paha

Biasanya, penderita akan merasa perlu untuk mencari penanganan bila Stretch Mark muncul pada area yang terlihat, misalnya paha.

Meskipun belum terbukti secara ilmiah dan spesifik dapat menghilangkan Stretch Mark, beberapa produk maupun prosedur ini bisa anda coba untuk menyamarkannya. Namun perlu diingat, sebagian stretch mark akan tetap meninggalkan bekas.

1. Pelembap

Gunakan pelembap, minyak, atau losion dengan kandungan kaya vitamin pada stretch mark. Menjaga kelembapan kulit, dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Beberapa bahan yang dipercaya dapat menyamarkan stretch mark adalah minyak almond, minyak wijen, minyak zaitun, lidah buaya, dan ekstrak biji delima merah.

2. Eksfoliasi

Tindakan eksfoliasi secara rutin, akan menghilangkan sel kulit mati dan memperbaiki regenerasi kulit.

3. Krim topikal

Krim topikal yang diresepkan oleh dokter tidak hanya berfungsi untuk menyamarkan stretch mark, tapi juga mengembalikan elastisitas kulit. Salah satu krim topikal yang sudah terbukti khasiatnya adalah tretinoin dan penggunaan vitamin E, serta beberapa olahannya.

4. Laser

Prosedur yang lebih canggih ini, bertujuan untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit dan regenerasi. Terapi ini memerlukan kunjungan hingga beberapa ses,i untuk mendapatkan hasil efektif.

5. Mikrodermabrasi

Prosedur ini memanfatkan kristal eksfolatif untuk menyamarkan tampilan Stretch Mark. Kristal tersebut berfungsi untuk menghilangkan kulit mati dari area yang terkena.

8 Penyebab Alami Munculnya Stretch Mark

Stretch Mark yang terjadi pada kulit, biasanya merupakan akibar dari proses alamiah. Garis ini terbentuk dari lapisan tengah kulit, akibat regangan yang terlalu besar.

Saat meregang terlalu kuat, jaringan penghubung ini dapat sobek, berbekas hingga membentuk garis Stretch Mark. Beberapa penyebab tersering munculnya stretch mark adalah:

  • Penambahan berat badan
  • Bertambahnya massa otot
  • Angkat beban
  • Pubertas
  • Pertumbuhan yang terjadi secara cepat
  • Kehamilan
  • Genetik
  • Masalah kesehatan berupa gangguan hormon, penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid, Sindroma Cushing, dan Sindroma Marfan

Warna dan ukuran Stretch Mark bervariasi, bergantung dengan waktu kemunculannya. Di awal munculnya, garis stretch mark biasanya berwarna merah keunguan. Pada fase ini, Stretch Mark lebih mudah untuk diobati. 

Seiring berjalannya waktu, Stretch Mark yang semula kemerahan, berubah menjadi putih mengkilat, dan jauh lebih sulit untuk ditangani.

Umumnya, Stretch Mark bukan merupakan suatu permasalahan serius. Namun jika anda merasakan gejala tidak biasa yang menyertai stretch mark, segera berkonsultasi dengan dokter. Hal ini mungkin berkaitan dengan kondisi medis yang lebih serius.

Healthline. https://www.healthline.com/health/inner-thigh-stretch-marks
Diakses pada 1 Mei 2019

Ud-Din S, McGeorge D, Bayat A. Topical management of striae distensae (stretch marks): prevention and therapy of striae rubrae and albae. J Eur Acad Dermatol Venereol. 2016;30(2):211-22.

Soltanipour F, Delaram M, Taavoni S, Haghani H. The effect of olive oil and the Saj(R) cream in prevention of striae gravidarum: A randomized controlled clinical trial. Complement Ther Med. 2014;22(2):220-5.

Sur D, Chakravorty R (2015) The Effects of Topically-Applied Skin Moisturizer on Striae Gravidarum in East Indian Women. J Clin Exp Dermatol Res 6: 303. doi:10.4172/2155-9554.10000303

Malakouti J, Farshbaf Khalili A, Kamrani A. Sesame, Sweet Almond & Sesame and Sweet Almond Oil for the Prevention of Striae in Primiparous Females: A Triple-Blind Randomized Controlled Trial. Iran Red Crescent Med J.In Press(In Press):e33672.

Artikel Terkait

Banner Telemed