Hair tonic memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengurangi rambut rontok
Hair tonic dengan kandungan minyak lavender dapat menjadi pilihan untuk mengatasi rambut rontok.

Saat ini, begitu banyak produk untuk kesehatan dan keindahan rambut. Orang pun berlomba-lomba untuk merawat rambut, termasuk para pemilik rambut rontok. Salah satu yang paling populer untuk perawatan rambut rontok yaitu hair tonic.

Sebab, rambut memang merupakan aset berharga bagi setiap orang. Rambut yang indah dan sehat dapat menunjang penampilan, serta menjadi cerminan dari kebersihan diri Anda.

[[artikel-terkait]]

11 kandungan hair tonic yang penting untuk atasi rambut rontok

Hair tonic adalah kombinasi alkohol, minyak, dan parfum, yang digunakan untuk perawatan rambut. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam hair tonic.

Kandungan dalam hair tonic tersebut dapat membantu menyehatkan rambut dan menjaga akar rambut tetap kuat.

5 Manfaat hair tonic untuk kesehatan rambut

Efek hair tonic bervariasi, tergantung pada kondisi rambut. Namun secara umum, hair tonic memiliki kegunaan berikut ini, bagi rambut.

  • Mengatasi rambut rontok atau kebotakan, dengan menumbuhkan kembali rambut Anda.
  • Mempertahankan posisi atau gaya rambut agar tetap rapi.
  • Menjaga sel rambut tetap lembap, dan membantu mengurangi ujung rambut yang bercabang.
  • Meningkatkan kesehatan dan menjaga kelembapan kulit kepala.
  • Mengurangi ketombe, dengan melapisi kulit kepala, sehingga tidak kering.

Anda bisa mendapatkan produk-produk hair tonic yang dijual di pasaran untuk merawat rambut. Akan tetapi seperti yang Anda tahu, setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Bahkan beberapa produk dapat berbahaya, jika salah digunakan.

Pada sebagian orang, hair tonic dapat menimbulkan efek samping seperti, muntah, diare, iritasi kulit kepala, keracunan, sering buang air kecil, bahkan koma.

Perlu Anda ketahui, etanol dapat beracun bila masuk ke dalam tubuh secara langsung. Jika Anda mengalami gejala tersebut atau melihat orang dengan gejala serupa, segera cari bantuan medis.

Hair tonic untuk rambut rontok

Jika mengalami kerontokan rambut, Anda tidak perlu panik. Sebab, kini telah tersedia berbagai pilihan hair tonic untuk mengatasi masalah rambut Anda tersebut. Gunakanlah hair tonic yang mengandung bahan-bahan berikut ini.

1. Minyak esensial lavender

Minyak esensial lavender dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak esensial lavender memiliki sifat yang dapat menghasilkan pertumbuhan sel, dan mengurangi stres.

Selain itu, minyak esensial lavender bersifat antimikroba dan antibakteri, sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Jika menggunakan hair tonic yang mengandung minyak esensial lavender, maka rambut rontok Anda akan segera teratasi.

2. Minyak esensial rosemary

Jika Anda ingin meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, gunakanlah hair tonic yang mengandung minyak esensial rosemary.

Minyak esensial rosemary dapat meningkatkan pembentukan sel rambut, sehingga rambut Anda yang rontok dapat tumbuh kembali dengan cepat, dan menjaga rambut tetap kuat.

3. Minyak esensial cedarwood

Minyak esensial cedarwood dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mengurangi kerontokan rambut, dengan menyeimbangkan kelenjar penghasil minyak pada kulit kepala.

Selain itu, minyak esensial cedarwood juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri, untuk mengatasi ketombe serta rambut rontok. Gunakanlah hair tonic yang mengandung minyak esensial cedarwood, agar rambut rontok Anda berkurang, dan dapat cepat tumbuh.

4. Minyak esensial thyme

Minyak esensial thyme dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara merangsang kulit kepala, dan secara aktif mencegah kerontokan rambut.

Jika Anda menggunakan hair tonic yang mengandung minyak esensial thyme, maka Anda akan terhindar dari rambut rontok, kebotakan dan dapat memiliki rambut yang tebal.

5. Minyak esensial clary sage

Minyak esensial clary sage mengandung lynalil acetate yang sama efektifnya dengan minyak esensial lavender dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan ini dapat meningkatkan kekuatan rambut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/essential-oils-for-hair-growth#other-oils
Diakses pada 12 Mei 2019

Total Beauty. https://www.totalbeauty.com/mobile/content/blog/hair-tonic-170209
Diakses pada 12 Mei 2019

Healthy Hair Lesson. https://healthyhairlesson.com/hair-tonic/
Diakses pada 12 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed