Berbagai Pilihan Cara Memanjangkan Kuku dengan Cepat dan Mudah

(0)
09 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat beragam cara memanjangkan kuku yang bisa dicoba, seperti mengonsumsi biotin hingga asam folat.Saat kulit kering, pertumbuhan kuku dipercaya dapat terhambat.
Memiliki kuku yang panjang dan sehat tidak hanya mempercantik penampilan tangan, tapi juga memudahkan Anda melakukan berbagai macam hal, seperti menggaruk bagian kulit yang gatal, hingga mengangkat benda tertentu. Jika kuku Anda tumbuh dengan lambat, cobalah lakukan berbagai cara memanjangkan kuku dengan cepat dan mudah ini.

Cara memanjangkan kuku dengan cepat dan mudah

Ada banyak cara memanjangkan kuku dengan cepat dan mudah
Kuku yang panjang dapat mempercantik penampilan tangan
Menurut sebuah penelitian, kuku akan tumbuh sepanjang 3,47 milimeter setiap bulannya. Jika kuku Anda tumbuh kurang dari angka itu, tidak ada salahnya mencoba berbagai tips di bawah ini untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

1. Menjaga kelembapan kulit

Saat kulit kering, kuku cenderung akan menjadi kering juga. Hati-hati, kulit kering dapat terluka dan berdarah, sehingga memudahkan jamur dan bakteri menginfeksi kuku.Ditambah lagi, kulit yang kering juga berisiko menyebabkan kerusakan pada kuku saat sedang tumbuh. Jika kuku rusak, pertumbuhannya pun bisa terhambat.Untuk menghindari kulit kering, cobalah jaga kelembapan kulit tangan dan kuku, serta menggunakan losion sehabis mencuci tangan.

2. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah terkena air

Setelah mencuci tangan, berenang, atau mandi, jangan pernah lupa mengeringkan bagian kuku. Sebab, air dapat membuat kuku menjadi lemah, sehingga berisiko mengalami kerusakan. Akibatnya, pertumbuhan kuku akan terganggu.Kalau bisa, gunakanlah sarung tangan saat sedang mencuci piring atau pakaian. Hal ini dapat mencegah air tertahan di atas kuku.

3. Berhati-hati saat manikur

Berhati-hati saat sedang manikur karena bisa merusak kesehatan kuku
Kuku yang tidak sehat dapat mengganggu pertumbuhannya
Saat ingin melakukan manikur, cobalah lebih berhati-hati dalam memilih salon kecantikan. Sebab, terdapat beberapa teknik manikur yang terlalu ‘keras’ sehingga bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam kuku dan melemahkannya. Hal ini dikhawatirkan dapat menghambat pertumbuhannya.Pastikan salon yang Anda kunjungi telah membersihkan dan mensterilkan peralatan manikur untuk mencegah infeksi.

4. Biotin

Biotin adalah jenis vitamin B7 yang dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, suplemen biotin sering kali direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan rambut serta kuku.Beberapa riset membuktikan, mengonsumsi suplemen biotin dengan dosis 2,5 miligram secara rutin dapat meningkatkan kekuatan kuku hanya dalam waktu beberapa minggu saja, sehingga pertumbuhannya terjaga.Jika Anda ragu untuk mengonsumsi suplemennya, cobalah cari makanan yang mengandung biotin, seperti pisang, jamur, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, hingga ikan sarden.

5. Asam folat

Vitamin B9 atau asam folat dianggap penting untuk pertumbuhan sel tubuh. Itu artinya, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dipercaya dapat membantu Anda menumbuhkan kuku. Namun, belum ada penelitian yang mampu membuktikan keampuhan asam folat dalam memanjangkan kuku.Asam folat dapat ditemukan dalam makanan seperti sayuran hijau, telur, bit, dan buah-buahan sitrus.

6. Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang vital untuk memperkuat jaringan tubuh, tulang, gigi, dan kuku. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti bayam dan apel, dipercaya dapat menjaga kesehatan kuku Anda.Lagi-lagi, belum ada bukti kuat yang bisa mendukung keampuhan vitamin A dalam memanjangkan kuku dengan cepat.

7. Protein

Kuku terbuat dari protein. Itulah sebabnya sebagian orang percaya, kekurangan protein dapat berdampak buruk pada pertumbuhan kuku dan kesehatannya.Sebuah penelitian sudah membuktikan, kesehatan kuku memiliki hubungan dengan asam amino bernama peptida kolagen yang ada pada protein. Cobalah konsumsi makanan yang mengandung protein, seperti telur, ayam, kalkun, hingga ikan.

8. Kalsium

Karena kalsium memiliki peran penting untuk tulang, sebagian orang percaya bahwa kalsium juga dapat meningkatkan kesehatan kuku, sehingga pertumbuhannya terjaga.Riset juga membuktikan, wanita menopause yang mengalami osteoporosis (rapuhnya tulang akibat kekurangan kalsium dan vitamin D) juga mengalami perubahan pada kukunya.Namun sayangnya, belum ada penelitian yang bisa membuktikan kalau kalsium dapat meningkatkan pertumbuhan kuku.

9. Atasi kondisi medis yang berdampak buruk pada kuku

Beberapa kondisi medis, seperti psoriasis dan diabetes, dapat berdampak buruk pada kulit dan kuku. Jika pertumbuhan kuku melambat karena kedua penyakit ini, sudah sepatutnya Anda datang ke dokter untuk memeriksakan diri.

Catatan dari SehatQ

Perlu diingat, tidak ada cara memanjangkan kuku yang sudah terbukti secara ilmiah. Namun, berbagai tips di atas dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan kuku dan menjaganya dari kerusakan. Dengan begitu, pertumbuhannya pun menjadi optimal.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kulit dan kecantikankukujamur kuku
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320061
Diakses pada 25 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-make-your-nails-grow-faster#home-remedies
Diakses pada 25 Januari 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-grow-nails-faster/
Diakses pada 25 Januari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait