Berbagai Penyebab Sulit Tidur yang Mungkin Belum Anda Sadari

Tidak bisa tidur merupakan masalah yang dapat mengganggu kesehatan
Tidak bisa tidur dapat diatasi dengan berbagai cara

Merasa letih dan lelah, tapi tidak bisa tidur? Anda tidak sendirian. Di luar sana, ternyata banyak orang yang mengalami hal serupa.

Bahkan di Amerika Serikat, hampir 50% penduduknya tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Di balik sulitnya tidur tersebut, pasti ada berbagai alasan secara disadari ataupun tidak yang membuat mereka - mungkin termasuk Anda - tidak bisa tidur. Untuk itu, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa tidur dan solusinya.

1. Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Email, media sosial, pesan instan, SMS, semua berpotensi memicu stres. Bahkan, hal-hal tersebut dapat membuat Anda tidak bisa tidur. Cahaya yang dipancarkan oleh layar, dianggap otak sebagai “siang hari”. Jadi, tubuh Anda tidak akan memproduksi melatonin, sebagai hormon pemicu rasa kantuk.

Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah mematikan sementara semua gadget Anda, atau letakkan di laci, setidaknya satu jam sebelum memejamkan mata.

2. Pola Tidur Tidak Teratur

Di hari Rabu, Anda tidur jam 9:30 malam. Sedangkan, di hari Sabtu Anda tidur jam 11 malam. Pola rutinitas tidur yang berubah-ubah bisa mengacaukan jam internal tubuh Anda. Kekacauan tersebut dapat membuat Anda kurang tidur.

Bahkan, kadang-kadang juga membuat Anda pusing saat bangun. Untuk mengatasinya, jika Anda tidak bisa tidur di waktu yang sama setiap hari, usahakan agar jaraknya tidak melebihi 30-45 menit.

3. Minum Kopi

Tidak bisa tidur karena habis minum secangkir kopi bersama teman? Ini adalah efek kafein yang alami. Otak Anda menjadi lebih waspada dan terjaga dari sebelumnya, sehingga Anda tidak bisa tidur di malam harinya. Sebaiknya, apabila Anda pecinta kopi, hindari minum kopi 5 jam sebelum tidur. Atau, minum kopi paling lambat saat makan siang.

4. Kamar Terlalu Hangat atau Terang

Ruangan yang terlalu panas atau terang, sudah pasti membuat siapapun tidak bisa tidur. Sebaliknya, jika ruangan kamar Anda sejuk dan suasana redup atau gelap, semakin mudah bagi otak memasuki fase tidur.

Untuk memperbaiki kondisi ini, pastikan mengatur suhu kamar sekitar 18 derajat Celcius atau sesuai kenyamanan Anda. Selain itu, matikan atau redupkan lampu kamar tidur Anda agar bisa pulas semalaman.

5. Stres

Anda sedang memiliki pikiran yang membebani atau stres? Tidak heran jika Anda tidak bisa tidur. Banyak pikiran atau stres akan menyebabkan Anda sulit tidur, karena Anda akan terjaga semalaman untuk memikirkan hal-hal tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya lakukan rutinitas sebelum tidur dengan melakukan relaksasi. Sebagai contoh, Anda bisa berendam air hangat, membaca novel atau buku, yoga atau latihan peregangan, dan kegiatan lain untuk membantu relaksasi pikiran.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/why-cant-i-sleep#1

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed