Berbagai Penyebab Mulut Terasa Asam, Apa Saja?

(0)
02 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
GERD bisa menjadi penyebab mulut terasa asammulut terasa asam bisa disebabkan oleh efek samping obat
Pernahkah Anda mengalami sensasi mulut terasa asam? Hal tersebut mungkin merupakan reaksi terhadap sesuatu yang Anda konsumsi. Namun, ternyata dapat pula menjadi tanda dari kondisi medis tertentu.Gangguan indra pengecapan yang ditandai dengan mulut terasa asam, pahit, atau asin disebut dysgeusia. Dalam sebagian kasus, kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, sebagian lain memerlukan perawatan medis.

Penyebab mulut terasa asam

Penyebab mulut terasa asam bisa sangat beragam mulai dari pengaruh makanan yang dikonsumsi, efek samping obat-obatan, hingga gejala penyakit. Adapun penyebab sensasi mulut terasa asam, di antaranya:

1. Mengonsumsi makanan tertentu

Mengonsumsi makanan yang sangat asam, misalnya lemon, kedondong, belimbing wuluh, atau ceremai bisa menimbulkan sensasi asam yang menempel di mulut. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti telur, susu, dan yogurt juga bisa menyebabkan mulut terasa asam.

2. Efek samping obat

Terdapat beberapa obat yang dapat menyebabkan sensasi asam di mulut, yaitu:
  • Obat untuk hipertensi dan penyakit jantung
  • Obat untuk mengatasi infeksi, seperti antibiotik, antivirus, dan antijamur
  • Antidepresan
  • Antipsikotik
  • Antihistamin
  • Obat untuk penyakit saraf
  • Obat asma
  • Kemoterapi
Sensasi asam yang muncul mungkin disebabkan oleh dampak obat terhadap reseptor rasa di otak atau hanya sisa obat di air liur. Selain itu, mungkin juga melibatkan rasa intravaskular di mana molekul obat yang bersirkulasi dalam pembuluh darah lidah berinteraksi dengan reseptor sensor rasa.

3. Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab umum mulut menjadi terasa asam. Kebiasaan ini dapat menumpulkan indra perasa Anda dan meninggalkan rasa asam atau tak enak di mulut. Tak hanya itu, merokok juga dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan lainnya.

4. GERD

Penyakit refluks gastrointestinal (GERD) adalah suatu gangguan yang terjadi ketika katup yang terletak di bagian bawah kerongkongan terbuka secara tidak tepat sehingga asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Tak hanya mulut yang terasa asam, penderita GERD pun dapat menunjukkan gejala berupa:
  • Heartburn
  • Nyeri dada
  • Bau mulut
  • Sensasi terbakar di tenggorokan
  • Sulit menelan
  • Batuk
  • Suara serak
Kondisi ini umumnya terjadi segera setelah makan. Kehamilan dan obesitas dapat meningkatkan risiko Anda terkena GERD.

5. Dehidrasi

Dalam beberapa kasus, mulut terasa asam juga dapat disebabkan oleh dehidrasi. Ketika tidak mendapat cukup cairan, mulut akan menjadi kering dan memengaruhi indra perasa Anda. Minumlah kurang lebih 8 gelas setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

6. Infeksi

Mulut terasa asam juga bisa menjadi tanda Anda mengalami infeksi, misalnya flu, infeksi telinga dan tenggorokan, atau sinusitis. Ketika terkena kondisi tersebut, indra perasa Anda akan merasakan sensasi asam. Namun, saat Anda berangsur pulih, maka rasa asam itu juga akan hilang. 

7. Kebersihan mulut yang buruk

Rasa asam di mulut juga dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Ketika Anda tidak menyikat gigi atau membersihkan lidah dengan benar, maka kuman-kuman dapat menempel hingga menyebabkan penyakit gigi dan mulut, seperti gingivitis, periodontitis, atau infeksi gigi. 

8. Penuaan

Pertambahan usia juga dapat menjadi penyebab lain mulut terasa asam. Seiring bertambahnya usia, indra perasa bisa terpengaruh. Anda pun mungkin menjadi kurang sensitif terhadap suatu rasa.

Catatan SehatQ

Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keluhan tersebut, di antaranya minum banyak air putih, mengunyah permen karet bebas gula, menjaga kebersihan mulut dengan baik, berkumur dengan larutan garam dan soda kue, hindari makanan pedas dan berlemak, tidak menunda waktu makan agar asam lambung tidak berlebih, serta berhenti merokok.Jika sensasi asam di mulut hanya sementara dan hilang dengan sendirinya, maka Anda tak perlu khawatir. Akan tetapi, apabila terlalu sering terjadi dan disertai gejala lain, sebaiknya konsultasikan pada dokter.
asam lambungkesehatan mulutgerddehidrasi
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-causes-sour-taste-in-the-mouth-1742994
Diakses pada 17 Juli 2020
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/sour-taste-in-your-mouth-here-are-the-7-most-common-causes/
Diakses pada 17 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait