Mengenal 11 Penyebab Mata Cekung dan Cara Mengatasinya

(0)
05 Jul 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penyebab mata cekung kemerahanMata cekung bisa membuat seseorang tampak lesu dan kelelahan
Ketika bercermin, Anda mungkin merasa kaget melihat mata tampak cekung dan menghitam. Memiliki mata cekung bisa membuat penampilan Anda terlihat lesu dan tak segar sehingga kurang percaya diri.Kondisi ini ternyata dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang tidur, penuaan hingga suatu kondisi medis. Tak hanya terjadi pada orang tua, mata cekung juga bisa dialami anak muda. Lantas, bagaimana mengatasinya?

Penyebab mata cekung

Mata cekung kerap ditandai dengan cekungan di bawah mata, bayangan gelap di atas kelopak mata bawah, lingkaran hitam di bawah mata, kulit di bawah mata yang tipis, dan wajah yang tampak lelah. Ada berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan mata cekung. Akan tetapi, sebagian besar kasus berkaitan dengan nutrisi dan gaya hidup individu. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab mata cekung, di antaranya:

1. Kurang tidur

Seseorang umumnya membutuhkan waktu tidur 7-9 jam pada malam hari. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk pun bisa menyebabkan mata cekung dan lebih gelap sehingga memengaruhi penampilan Anda. 

2. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen sehingga menjadi lebih tipis dan transparan. Hal ini menyebabkan terbentuknya lekukan wajah di sekitar mata yang membuatnya tampak cekung. Selain itu, berkurangnya lemak dan kepadatan tulang juga berkontribusi terhadap kondisi tersebut.

3. Dehidrasi

Menurut ahli, mata cekung adalah salah satu tanda anak mengalami dehidrasi tingkat sedang sampai berat. Waspadai jika anak Anda terus-terusan gelisah dan rewel, terlihat lesu atau lunglai, serta semakin malas minum.Anak-anak sangat rentan terhadap dehidrasi yang disebabkan oleh virus dan bakteri pencernaan. Bukan hanya mata yang cekung, dehidrasi juga dapat menimbulkan gejala seperti haus berlebihan, jarang buang air kecil, mulut kering, dan lesu.

4. Penurunan berat badan yang ekstrem

Ketika berat badan turun secara drastis, Anda kehilangan banyak lemak dari seluruh area tubuh termasuk wajah. Hilangnya lemak di wajah bisa membuat pembuluh darah di sekitar mata lebih terlihat dan transparan sehingga tampak cekung.

5. Genetika

Mata cekung juga bisa disebabkan oleh genetika atau DNA seseorang. Sebab posisi mata dalam soket tergantung pada genetika. Anda lebih mungkin memiliki kondisi ini jika anggota keluarga Anda yang lain juga memilikinya.

6. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari menyebabkan tubuh memproduksi melanin yang dapat menggelapkan kulit. Hal ini menciptakan lingkaran gelap di bawah mata yang terlihat seperti bayangan sehingga membuat mata tampak cekung.

7. Kurang vitamin

Seperti yang dilaporkan dalam SM Journal of Nutrition and Metabolism, faktanya mata cekung menjadi salah satu gejala kekurangan gizi. Kurangnya vitamin C, vitamin K, dan zat besi bisa menyebabkan mata menjadi cekung. Tak hanya itu, kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan mudah memar dan kulit tidak sehat.

8. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata sehingga memberi tampilan yang cekung. Efek ini terjadi akibat peradangan pada pembuluh darah kecil di bawah mata yang dikaitkan dengan alergi. Gejala alergi lain yang mungkin Anda rasakan, yaitu hidung tersumbat, bersin, atau gatal pada tenggorokan dan mata.

9. Merokok

Merokok dapat menurunkan kolagen sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Hal ini menyebabkan kulit di sekitar wajah mengendur dan penampilan matanya menjadi cekung. Bahkan merokok juga dikaitkan dengan berbagai penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

10. Infeksi sinus

Peradangan pada sinus atau infeksi sinus dapat membuat mata tampak gelap dan cekung. Tak hanya itu, gejala infeksi sinus lain yang dapat terjadi yaitu tekanan, rasa nyeri, dan tersumbat pada hidung.

11. Trauma

Setiap luka pada wajah atau tulang di sekitar mata dapat menyebabkan mata tampak cekung, salah satunya fraktur blowout orbital. Ini merupakan suatu kondisi di mana tepi tulang mata utuh namun dasar tipis dari soket mata telah pecah atau retak. 

Cara menghilangkan mata cekung

Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan dapat membantu meringankan mata yang cekung. Berikut berbagai hal yang harus Anda lakukan:
  • Terapkan jadwal tidur yang tetap dan pastikan Anda tidur dengan cukup
  • Oleskan pelembap yang dilengkapi dengan tabir surya
  • Bagi mata cekung yang disebabkan karena kurang tidur, Anda dapat mengoleskan minyak almond yang menurut penelitian dapat memperbaiki warna kulit
  • Meletakkan kantong teh yang hangat dan lembap tepat di bawah mata. Teh kaya akan antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan sirkulasi darah
  • Meletakkan irisan timun dingin di mata selama 10-20 menit untuk mengurangi iritasi dan menambah kelembapan
  • Mengenakan pelindung matahari, termasuk tabir surya, kacamata hitam, dan topi saat pergi ke luar
  • Minum air putih dengan cukup
  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua
  • Berhenti merokok
  • Jika disebabkan alergi, hindari penyebab alergi adalah satu-satunya cara meredakan mata cekung
  • Konsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan vitamin
Perawatan bedah mungkin diperlukan bagi orang yang mengalami mata cekung karena penuaan. Dermal fillers atau pembedahan kosmetik bisa menjadi pilihan, namun tentu saja tak ada operasi tanpa risiko sehingga Anda perlu berhati-hati dan selalu berkonsultasi pada dokter.
kurang tidurkesehatan matakantung matapenuaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/sunken-eyes#treatments-and-home-remedies
Diakses pada 21 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320134#medical-treatment
Diakses pada 21 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait