Berbagai Penyebab Kuku Kuning dan Cara Mengatasinya

Infeksi jamur menjadi salah satu penyebab kuku kuning
Kuku bisa berubah warna menjadi kuning karena penyebab tertentu

Kuku yang sehat umumnya berwarna putih bening dengan sedikit merah muda. Akan tetapi, warna kuku bisa mengalami perubahan menjadi kuning pada sebagian orang.

Kondisi ini bisa saja menurunkan kepercayaan diri penderitanya. Selain berpengaruh terhadap penampilan, kuku kuning juga bisa mengindikasikan suatu masalah kesehatan yang mungkin Anda alami.

Penyebab kuku kuning

Penyebab kuku berwarna kuning sebetulnya sangat bervariasi, mulai dari efek pewarnaan kuku hingga kondisi medis yang serius. Kondisi ini juga dapat terjadi secara sementara hingga bisa berkelanjutan. Beberapa penyebab kuku kuning yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Sering memakai cat kuku 

Mengenakan cat kuku secara teratur, terutama yang berwarna gelap, ternyata bisa membuat kuku menjadi kuning. Pewarna pada cat kuku akan berinteraksi dengan keratin kuku dan masuk ke dalam enamel kuku sehingga menyebabkan warna kuku kekuningan.

  • Infeksi jamur

Ketika jamur menyerang kuku, infeksi berpotensi menyebabkan kuku menjadi tebal dan adanya penumpukan kotoran yang terperangkap di bawahnya. Kedua hal tersebut bisa menyebabkan Anda memiliki kuku berwarna kuning. 

  • Kekurangan nutrisi

Malnutrisi bisa memengaruhi pertumbuhan kuku, bahkan pada beberapa kasus menyebabkan warna kuku menjadi kuning. Kondisi ini memang dapat terjadi jika Anda kekurangan nutrisi, seperti zinc atau vitamin B12. 

  • Kebiasaan merokok

Kuku kuning juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Ini terjadi akibat paparan tar secara berulang dalam asap rokok. Kuku bahkan juga bisa membengkak karena penyakit paru-paru kronis yang biasanya menghinggapi perokok jangka panjang.

Selain itu, bagi Anda yang berhenti merokok secara tiba-tiba, Anda mungkin mengembangkan suatu kondisi yang disebut harlequin nails, di mana penampilan kuku Anda seperti separuh kotor, sementara separuh lainnya (kuku baru yang tumbuh setelah berhenti merokok) tidak.

  • Sindrom kuku kuning

Sindrom kuku kuning adalah suatu kondisi langka yang memengaruhi kuku tangan dan kuku kaki. Kondisi ini dapat terjadi secara acak dan diturunkan dalam keluarga. Penderita sindrom kuku kuning juga berpotensi mengalami limfedema (pembengkakan tangan), sinusitis kronis, dan berbagai masalah pernapasan.

  • Adanya masalah kesehatan yang mendasari

Beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit tiroid dan diabetes, dapat menyebabkan kuku menguning. Selain itu, kuku penderita penyakit tiroid juga akan menebal, dan tepinya hancur. Sementara, kuku kuning pada penderita diabetes dikaitkan dengan tingginya kadar gula darah dan meningkatnya risiko infeksi jamur akibat terganggunya sistem kekebalan tubuh.

Cara mengatasi kuku kuning

Mengatasi masalah kuku kuning bergantung pada penyebabnya. Akan tetapi, Anda bisa mencoba mengikuti beberapa langkah berikut di rumah sebagai cara mengatasi kuku menguning:

  • Mengoleskan tea tree oil

Jika kuku Anda berubah warna karena infeksi jamur, tea tree oil bisa jadi pilihan perawatan yang tepat. Sebuah studi menunjukkan bahwa tea tree oil secara efektif dapat menghentikan pertumbuhan jamur kuku. Anda cukup mengoleskan campuran tea tree oil dengan minyak zaitun atau minyak jojoba pada kuku yang terinfeksi.

  • Merendamnya dengan baking soda

Jamur hanya tumbuh di lingkungan yang tingkat Ph-nya bersifat asam. Sementara, soda kue menciptakan lingkungan yang bersifat basa. Oleh sebab itu, merendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan soda kue dapat mencegah penyebaran jamur. Setelah melakukannya beberapa kali, kuku pun akan menjadi lebih jernih.

  • Mengoleskan minyak oregano

Minyak oregano memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan bakteri dan jamur penyebab kuku kuning. Sama seperti menggunakan tea tree oil, Anda cukup mengoleskan campuran minyak oregano dengan minyak zaitun atau jojoba pada kuku yang terkena.

  • Merendamnya dengan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida memiliki kemampuan sebagai ‘pengoksidasi’ sehingga mampu membantu menghilangkan noda. Ini menjadikannya perawatan yang tepat untuk kuku kuning akibat penggunaan produk tertentu, seperti cat kuku. Hidrogen peroksida akan masuk jauh ke dalam kuku dan mencerahkan warnanya. Anda hanya perlu merendam kuku pada air hangat yang telah dicampur hidrogen peroksida dan soda kue.

  • Menggunakan vitamin E

Vitamin E dapat merangsang pertumbuhan kuku yang sehat. Vitamin ini juga membantu menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat. Vitamin E bahkan juga telah dipelajari secara klinis untuk pengobatan sindrom kuku kuning. Anda dapat menggunakan vitamin E secara topikal atau dikonsumsi secara oral.

Penting untuk diperhatikan bahwa obat rumahan ini tidak selalu efektif. Jika kuku kuning Anda tak kunjung hilang untuk waktu yang lama atau disertai gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri Anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/yellow-nails#prevention
Diakses pada 25 Maret 2020
Prevention. https://www.prevention.com/health/a29107565/why-are-my-nails-yellow/
Diakses pada 25 Maret 2020

Artikel Terkait