Berbagai Penyebab Eksim Kambuh, Mulai dari Stres hingga Perubahan Cuaca


Penyebab eksim kambuh bisa sangat beragam, mulai dari stres, perubahan cuaca, hingga keringat berlebihan. Mengetahui penyebab eksim muncul lagi bisa membuat Anda lebih waspada.

0,0
01 Jun 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penyebab eksim kambuh bisa sangat beragam, mulai dari stres, perubahan cuaca, hingga keringat berlebihanHindari pemicu agar eksim tidak kambuh lagi
Eksim membuat kulit menjadi kemerahan dan gatal. Kulit yang mengalami eksim pun akan kering dan pecah-pecah. Sayangnya, penyebab eksim kambuh ini belum bisa diidentifikasi sepenuhnya. Faktor penyebabnya bisa sangat banyak dan beragam.
Anda yang memiliki eksim cenderung memiliki sistem kekebalan yang terlalu reaktif dengan lingkungan sekitar. Saat tubuh dalam kondisi tertentu atau terkena sesuatu, eksim bisa langsung kambuh. Untuk mengetahui lebih jauh tentang ragam penyebab eksim, simak penjelasannya di bawah ini.

Faktor penyebab eksim kambuh lagi

Penyebab eksim muncul lagi bisa sangat berbeda untuk setiap orang. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan eksim kambuh:

1. Makanan

Makanan dengan kandungan karbohidrat, gula, daging merah, dan produk susu bisa memperparah eksim. Saat gatal dan rasa terbakar muncul, sebaiknya hentikan mengonsumsi makanan penyebab eksim kambuh selama beberapa hari.Lalu, catat segala jenis makanan yang mungkin menjadi penyebab eksim kambuh. Jika diperlukan, konsultasikan kepada dokter tentang alergi yang Anda alami saat mengonsumsi makanan tersebut.

2. Udara dingin

Udara dingin bisa jadi penyebab eksim kambuh
Udara dingin menyebabkan kulit kering dan memicu eksim kambuh lagi
Udara dingin bisa menyebabkan sebagian orang mengalami eksim kembali. Dinginnya udara memicu kulit kering sehingga membuat eksim kembali kambuh. Saat kulit kering ini gatal dan digaruk, kondisinya akan semakin parah.Menjaga kulit tetap lembap dengan konsumsi air putih bisa mencegah eksim datang lagi. Selain itu, Anda bisa menyalakan humidifier untuk membuat udara di dalam ruangan tidak kering.

3. Cuaca yang sangat panas

Di sisi lain, cuaca panas pun sering menjadi penyebab kulit kering dan gatal-gatal. Cara untuk menangkal eksim kambuh saat cuaca panas adalah dengan memastikan asupan cairan cukup. Selain itu, gunakan kipas angin atau pendingin ruangan untuk membuat suhu tubuh kembali normal.

4. Terpapar air

Terkena air juga bisa menyebabkan kulit kering, terlebih sehabis Anda berenang dengan air yang terlalu banyak mengandung kaporit. Selain itu, mandi dengan air yang terlalu panas dan sabun yang tidak cocok pun akan membuat kulit Anda menjadi kering.

5. Penggunaan deterjen

Deterjen bisa menjadi musuh untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Beberapa sabun pembersih lain pun bisa menyebabkan kulit sensitif, khususnya pada bagian sela-sela jari. Jika Anda menemukan adanya gejala eksim, segeralah ganti sabun cuci dan deterjen dengan produk yang lebih lembut.

6. Produk pengharum dan pembersih tubuh

Kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat menyebabkan eksim kambuh lagi
Pilih hand sanitizer dengan kandungan hipoalergenik
Semenjak pandemi, hand sanitizer dan sabun pencuci tangan menjadi benda wajib yang selalu dipakai setiap hari. Beberapa produk mengandung alkohol dan bisa membuat tangan iritasi. Selain itu, losion dan parfum juga bisa membuat kulit kering pada sebagian orang.Untuk mencegah itu terjadi, carilah produk yang berbahan hipoalergenik dan tidak mengandung pewangi atau parfum. Hentikan pemakaian jika ditemukan adanya gejala eksim pada kulit setelah memakainya.

7. Bahan pakaian

Tidak semua orang bisa mengenakan pakaian berbahan seperti wol dan polyester. Bahan ini bisa menimbulkan ruam merah dan gatal jika langsung terkena kulit. Jika Anda memiliki alergi yang serupa, gunakan pakaian berbahan katun yang menyerap keringat. Anda pun bisa menjadikan pakaian katun sebagai pelapis supaya wol atau polyester tidak langsung menyentuh kulit.

8. Keringat yang berlebihan

Olahraga dengan intensitas sedang hingga berat akan membuat tubuh berkeringat. Keringat berlebih ini pun akan menyebabkan gejala eksim bertambah parah. Untuk mencegahnya, cobalah turunkan intensitas olahraga Anda. Bisa juga pilih waktu olahraga di pagi hari dengan udara yang masih sejuk.

9. Infeksi kulit

Eksim mungkin akan membuat kulit Anda iritasi dan terluka. Jika tidak diobati, eksim akan membuat kulit rusak. Hal ini pun akan membuat infeksi virus dan bakteri menjadi lebih mudah terjadi. Gunakan salep antijamur untuk mencegah infeksi yang bisa memperparah eksim.

10. Stres

Stres dapat memicu eksim kambul lagi
Saat stres, tubuh mungkin akan merespons dengan rasa gatal 
Stres mungkin tidak secara langsung menyebabkan eksim kambuh. Namun, terlalu banyak kadar stres dalam tubuh bisa memicu gejala eksim bertambah parah.Stres akan membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Hormon ini yang membuat peradangan di seluruh tubuh. Saat sedang stres, ada kemungkinan muncul reaksi lain pada kulit, seperti gatal.

Mengobati eksim yang kambuh

Gatal saat eksim kambuh pasti akan sangat mengganggu. Jika Anda sudah tidak nyaman, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa mengoleskan salep gatal atau minyak kayu putih untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Lalu, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:
  • Menghindari pencetus. Jika Anda sudah tahu penyebab eksim Anda kambuh, maka sebaiknya dihindari atau diminimalkan.
  • Mencegah kulit kering dengan menggunakan losion atau krim pelembap yang mengandung ceramide 
  • Menggunakan humidifier untuk mencegah udara dalam ruangan menjadi kering
  • Menggunakan pakaian yang lembut di kulit dan tidak terlalu ketat
  • Bersihkan kotoran dan debu di rumah untuk mencegah alergi
  • Jika Anda stres, lakukan meditasi atau memasang aromaterapi yang menenangkan

Catatan dari SehatQ

Biarpun penyebab eksim tidak bisa dipastikan, ada beberapa faktor yang bisa menjadi memicu eksim kambuh lagi. Mengetahui penyebab pasti untuk diri Anda sendiri merupakan langkah baik dalam pencegahan eksim datang lagi. Pasalnya, penyebab eksim bisa berbeda untuk setiap orang.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar penyebab eksim dan alasan penyakit itu bisa kambuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergipenyakit kuliteksimeksim atopik
WebMD https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/live-better-eczema
Diakses pada 28 April 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/severe-eczema/triggers-how-to-avoid
Diakses pada 28 April 2021
National Eczema https://nationaleczema.org/eczema/causes-and-triggers-of-eczema/
Diakses pada 28 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait