Berbagai Penyebab Cedera Mata dan Cara Mengatasinya

(0)
03 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cedera mata dapat disebabkan oleh benturan pada mataIlustrasi cedera mata karena benturan pada mata
Cedera mata dapat terjadi kapan saja, di mana saja, serta dapat dialami oleh siapa pun. Bahkan ketika Anda sedang membersihkan rumah sekali pun Anda bisa mengalami cedera ini. American Academy of Ophthalmology melaporkan bahwa 90 persen cedera mata dapat dicegah dengan menggunakan kacamata pelindung.Gejala cedera mata cenderung tidak dapat diketahui secara langsung karena memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter mata. Namun, beberapa kasus cedera mata dapat menyebabkan pendarahan dan masalah yang serius, seperti kehilangan penglihatan atau kebutaan.

Penyebab cedera mata

Penting untuk dapat mengenali beberapa penyebab cedera mata yang paling umum terjadi supaya Anda dapat menghindarinya. Berikut adalah beberapa penyebab cedera mata.

1. Benturan pada mata

Benturan pada mata adalah penyebab cedera mata yang paling sering terjadi, misalnya saat sedang olahraga bola basket, sepak bola, hingga bela diri. Cedera mata yang ringan ditandai dengan kelopak mata bengkak atau mata hitam.Apabila benturan yang Anda alami cukup keras, gejala yang lebih parah bisa terjadi, seperti pendarahan di dalam mata atau patah tulang di sekitar otot mata sehingga perlu segera dilakukan tindakan operasi.

2. Benda asing masuk ke mata

Jenis cedera mata ini terjadi ketika benda asing menembus permukaan mata sehingga berpotensi melukai atau merobek kornea mata. Benda-benda tersebut dapat berupa pasir, serbuk kayu, hingga yang lebih berbahaya, seperti serpihan besi atau kaca.Jika benda asing tersebut masuk ke mata Anda, segera kunjungi dokter mata untuk mengeluarkannya dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mata Anda.

3. Paparan bahan kimia

Bahan kimia tertentu dapat menyebabkan cedera mata yang serius. Dalam hal ini, tingkat kerusakannya tergantung pada jenis bahan kimia, berapa lama di mata, dan seberapa dalam masuk ke mata.Salah satu bahan kimia yang paling berbahaya untuk mata adalah alkali, yang ada pada pembersih oven atau pupuk. Bahan kimia tersebut menyerang jaringan mata dengan sangat cepat dan menyebabkan kerusakan bahkan kebutaan.Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati cedera mata akibat paparan bahan kimia adalah menyiram mata dengan air dingin setidaknya selama 15 menit. Setelah itu, segera bawa diri Anda ke layanan gawat darurat untuk mendapatkan penanganan.

4. Terkena radiasi

Sinar ultraviolet atau UV dapat membakar mata Anda, sama halnya ketika sinar ini membakar kulit Anda. Tanda-tanda bahwa mata Anda terlalu banyak terkena radiasi sinar UV adalah mata merah, sensitif terhadap cahaya, mata berair, hingga perasaan seperti adanya sesuatu yang mengganjal di mata Anda.Dalam jangka panjang, terlalu banyak terkena radiasi dapat menyebabkan cedera mata yang serius, seperti katarak atau degenerasi makula dan gangguan pada retina.

5. Pembuluh darah yang pecah

Cedera mata ini sebenarnya tidak menyakitkan, tapi bisa menyebabkan bintik-bintik merah pada bagian putih di mata Anda. Pembuluh darah mata yang pecah akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa minggu. Kondisi ini disebut dengan pendarahan subkonjungtiva.Pembuluh darah mata dapat pecah karena berbagai hal, seperti bersin, batuk, atau muntah. Masalah ini juga kadang tidak memiliki penyebab yang jelas

Cara mengatasi cedera mata

Berikut adalah beberapa cara mengatasi cedera mata yang dapat Anda lakukan.

1. Hindari mengucek mata Anda

Jangan mengucek mata setelah Anda mengalami cedera mata. Alih-alih menguceknya, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan berkedip beberapa kali dan biarkan air mata membilas kotoran yang ada di dalam mata.Anda juga dapat menggunakan pembersih mata atau membiarkan air mengalir ke mata Anda untuk membersihkan partikel-partikel berbahaya yang masuk ke mata.

2. Kompres dengan air dingin

Apabila cedera mata yang Anda alami disebabkan oleh benturan pada mata, lakukan pertolongan pertama dengan cara mengompres mata dengan air dingin. Hal itu dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada mata.

3. Berkunjung ke dokter

Apabila cedera mata yang Anda alami tergolong parah atau disebabkan karena masalah serius, seperti terkena bahan kimia berbahaya, segera berkunjung ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penanganan yang cepat dapat menyelamatkan mata Anda dari berbagai masalah serius yang mungkin terjadi.

Mencegah cedera mata terjadi

Anda juga sebaiknya melakukan langkah-langkah pencegahan cedera mata ketika melakukan aktivitas-aktivitas yang berisiko, seperti menggunakan kacamata pelindung ketika harus bekerja dengan menggunakan bahan kimia atau berada di sekitar serpihan logam, kaca, atau benda lain yang bisa terbang ke mata Anda.Apabila Anda sedang keluar atau harus bekerja di bawah sinar matahari, Anda juga dapat menggunakan kacamata hitam atau kacamata antiradiasi untuk mencegah dampak buruk radiasi sinar UV terhadap mata Anda.
cederakesehatan mata
Aao. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/injuries
Diakses pada 20 Juni 2020
Emedicinehealth. https://www.emedicinehealth.com/eye_injuries/article_em.htm
Diakses pada 20 Juni 2020
Washingtoneye. https://www.washingtoneye.com/uncategorized/common-causes-eye-injuries/
Diakses pada 20 Juni 2020
Webmd. https://www.webmd.com/eye-health/eye-injuries-causes#1
Diakses pada 20 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait