Berbagai Pengencer Darah Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan


Terdapat berbagai macam makanan dan minuman pengencer darah alami yang dipercaya bisa menurunkan risiko menggumpalnya darah di dalam tubuh, seperti kunyit hingga jahe.

(0)
04 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pengencer darah alami tidak boleh dikonsumsi jika Anda sedang meminum obat pengencer darah dari dokter.Pengencer darah alami sangatlah beragam, mulai dari jahe hingga kunyit.
Penggumpalan darah atau koagulasi adalah cara tubuh untuk mencegah perdarahan. Namun, jika terjadi penggumpalan darah secara berlebihan, komplikasi yang mengancam kesehatan bisa muncul. Untuk mengatasinya, terdapat berbagai macam pengencer darah alami yang bisa dicoba.

Pengencer darah alami yang baik untuk kesehatan

Dokter biasanya akan meresepkan obat pengencer darah untuk pasien penyakit jantung dan pembuluh darah, lupus, aritmia (irama jantung tidak teratur), hingga trombosis vena dalam.Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya sebagai pengencer darah alami, di antaranya:

1. Kunyit

Kunyit adalah pengencer darah alami yang baik untuk kesehatan
Kunyit, bumbu dapur yang bisa jadi pengencer darah alami
Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, kunyit dapat digunakan sebagai pengencer darah alami karena mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiradang dan antikoagulasi.Studi membuktikan, mengonsumsi kunyit secara rutin dapat menjaga status antikoagulan yang ada di dalam darah.

2. Jahe

Jahe mengandung senyawa bernama salisilat yang dipercaya memiliki sifat antikoagulan. Untuk mendapatkan efek antikoagulan dari jahe, Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam menu makanan sehari-hari.Meski dianggap bermanfaat, belum banyak studi yang bisa membuktikan keampuhan jahe sebagai pengencer darah alami.

3. Cabai rawit

Cabai rawit juga mengandung salisilat yang tinggi sehingga dianggap sebagai pengencer darah alami. Tidak hanya itu, cabai ini juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, hingga mengurangi rasa nyeri.

4. Kayu manis

Kayu manis terbukti mengandung coumarin, yakni senyawa kimia yang sering kali ditemukan pada obat pengencer darah. Maka tidak heran kalau kayu manis dipercaya bisa mencegah penggumpalan darah.Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin mengonsumsi kayu manis dalam jangka panjang. Sebab, riset membuktikan bahwa mengonsumsi kayu manis yang diolah menjadi teh atau roti dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ hati.

5. Vitamin E

Belum jelas berapa banyak vitamin E yang dibutuhkan untuk bisa membawa efek antikoagulan pada tubuh. Namun para ahli percaya, setidaknya dibutuhkan lebih dari 400 IU vitamin E per hari untuk menghadirkan efek pengencer darahnya.Daripada mengonsumsi suplemennya, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E alami, seperti kacang almond, minyak biji gandum, biji bunga matahari, hingga minyak safflower.Namun Anda harus ingat, mengonsumsi vitamin E dalam kadar yang berlebihan dapat membawa efek samping merugikan.

6. Bawang putih

Orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan bawang putih. Sayuran ini ternyata memiliki kandungan antitrombotik yang dipercaya ampuh mengurangi pembentukan gumpalan darah.Sebuah laporan juga menyatakan bahwa bawang putih bisa membantu proses pengenceran darah dalam skala kecil dan waktu yang singkat.

7. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah obat herbal yang sudah ribuan tahun digunakan di dalam dunia pengobatan tradisional. Tanaman ini dipercaya memiliki efek pengencer darah dan fibrinolitik sehingga dianggap bisa mencegah penggumpalan darah.Selain itu, ginkgo biloba terbukti memiliki efek yang sama dengan streptokinase, yakni obat yang sering diresepkan untuk mengatasi penggumpalan darah.Sayangnya, studi itu belum dilakukan pada manusia atau hewan sehingga penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

8. Ekstrak biji anggur

Terdapat beberapa bukti bahwa ekstrak biji anggur berpotensi ampuh mengatasi masalah jantung dan darah. Biji ini mengandung antioksidan yang bisa menjaga pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi. Ditambah lagi, ekstrak biji anggur juga dipercaya sebagai pengencer darah alami.

9. Dong quai

Dong quai atau female ginseng adalah obat herbal asal Tiongkok yang juga dipercaya bisa meredakan penggumpalan darah.Studi hewan uji membuktikan, dong quai bisa memperlambat pembekuan darah karena mengandung senyawa coumarin. Tanaman ini dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau sup.

10. Feverfew

Feverfew adalah obat herbal dari bunga daisy berjenis Asteraceae. Feverfew dinilai ampuh sebagai pengencer darah alami karena bisa menghambat aktivitas trombosit dan mencegah pembekuan darah. Obat herbal ini tersedia dalam bentuk kapsul dan cairan.

11. Bromelain

Bromelain adalah pengencer darah alami yang baik untuk kesehatan
Bromelain dapat ditemukan pada buah nanas
Bromelain adalah enzim yang diekstrak dari nanas. Enzim ini dipercaya ampuh dalam mengatasi masalah kardiovaskuler dan tekanan darah tinggi.Bromelain juga dipercaya ampuh dalam mengencerkan darah, mengatasi penggumpalan darah, dan mencegah penggumpalan darah. Selain itu, enzim ini juga mengandung senyawa antiradang.

Catatan dari SehatQ

Sebaiknya Anda tidak menjadikan berbagai pengencer darah alami di atas sebagai pengobatan utama pengganti obat-obatan yang diberikan dokter. Selain itu, Anda dilarang untuk mengonsumsi pengencer darah alami di atas jika sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah dari dokter.Jangan ragu untuk  bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis sebelum Anda mencoba pengencer darah alami di atas. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehatpembekuan darahhidup sehat
Hematology. https://www.hematology.org/education/patients/blood-clots#:~:text=Blood%20clotting%2C%20or%20coagulation%2C%20is,a%20clot%20over%20the%20injury.
Diakses pada 21 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322384#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 21 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/dvt/qa/who-needs-to-use-blood-thinners
Diakses pada 21 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure/best-natural-blood-thinners#overview
Diakses pada 21 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait