Berbagai Pantangan SInusitis yang Sebaiknya Anda Patuhi

(0)
05 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pantangan sinusitis salah satunya tidak diperbolehkan merokokPenderita sinusitis harus menghindari paparan asap rokok
Terdapat sejumlah pantangan sinusitis yang harus dipatuhi oleh penderitanya. Bagi Anda yang belum tahu, sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus yang terletak di belakang dahi, hidung, tulang pipi, dan di antara mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh virus atau reaksi alergi yang masuk dari saluran pernapasan atas.Gejala sinusitis yang umum terjadi, yaitu demam, sakit kepala, hidung tersumbat, ingus berwarna kuning kehijauan, menurunnya fungsi indera penciuman, batuk, nyeri pada bagian wajah terutama saat ditekan, dan kelelahan. Lantas, apa saja yang perlu dihindari saat mengalami penyakit ini?

Pantangan sinusitis

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan jika Anda menderita penyakit sinusitis. Sejumlah pantangan sinusitis yang harus Anda patuhi supaya penyakit ini tidak semakin parah, yaitu:

1. Hindari merokok 

Penderita sinusitis sebaiknya tidak merokok karena bisa memperburuk penyakitnya dan membuatnya lebih sering kambuh. Jadi, segera hentikan kebiasaan merokok, dan ciptakan suasana rumah yang bebas asap rokok agar Anda lebih terlindungi.

2. Kurangi bepergian dengan pesawat

bepergian dengan pesawat
Penderita sinusitis sebaiknya mengurangi bepergian dengan pesawat
Bepergian dengan pesawat dapat menyebabkan masalah pada penderita sinus. Anda dapat merasakan ketidaknyamanan dan nyeri pada telinga bagian tengah selama pesawat terbang, terutama saat take off dan landingMasalah ini disebabkan penurunan tekanan udara dapat memicu terhalangnya saluran yang menghubungkan telinga ke tenggorokan. Jadi, kurangilah bepergian dengan pesawat dan kalau memungkinkan gunakan moda transportasi lain.

3. Hindari mengonsumsi alkohol

Salah satu pantangan sinusitis yang harus Anda patuhi adalah menghindari konsumsi alkohol karena bisa menyebabkan sinus dan membran hidung membengkak. Alhasil, penyakit sinusitis yang Anda derita semakin memburuk. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan Anda dehidrasi.

4. Jauhi polusi udara

polusi udara
Polusi udara bisa mengiritasi saluran hidung
Sama halnya dengan merokok, polusi udara bisa mengiritasi saluran hidung maupun memperparah penyakit sinusitis. Oleh sebab itu, jauhi paparan polusi udara, seperti asap kendaraan atau asap pabrik, dengan menggunakan masker.

5. Hindari berenang

Pantangan sinusitis lainnya yang sebaiknya Anda patuhi adalah hindari berenang. Berenang di kolam renang berklorin dapat mengiritasi mukosa dan saluran hidung sehingga memperburuk sinusitis. Akan tetapi, jika Anda memang ingin berenang, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan usahakan untuk menggunakan penjepit hidung saat berenang.Jika pantangan sinusitis diabaikan, maka risiko Anda mengalami komplikasi sinusitis bisa semakin meningkat, seperti infeksi mata dan jaringan di sekitarnya, tersumbatnya pembuluh darah di rongga sinus, meningitis, abses otak, hingga infeksi tulang. 

Anjuran bagi penderita sinusitis

Selain pantangan sinusitis, adapula beberapa anjuran yang sebaiknya dilakukan oleh penderita sinusiti.

1. Tetap terhidrasi

Selama sinusitis menyerang, pastikan Anda mendapat cairan dengan cukup. Minum air hangat dapat membantu meredakan gejala dan membuat hidung yang tersumbat terasa lebih nyaman.

2. Menggunakan kompres hangat

kompres hangat untuk sinusitis
Kompres hangat membantu meredakan tekanan sinus
Letakkanlah kompres hangat ke wajah Anda karena dapat membantu meredakan tekanan sinus, membuka saluran hidung yang tersumbat, dan meredakan nyeri. Selain itu, Anda juga bisa menghirup uap atau mandi air hangat.

3. Menjaga kelembapan udara

Anda juga harus menjaga kelembapan udara agar sinusitis bisa segera membaik, dan mencegahnya mudah kambuh. Jika perlu, gunakanlah humidifier karena dapat membuat kelembapan udara terjaga dan membantu mengatasi iritasi. Akan tetapi, pastikan humidifier yang digunakan terjaga kebersihannya.

4. Rutin mencuci tangan

mencuci tangan dengan air dan sabun
Cuci tangan secara rutin
Berbagai kuman dapat menempel di tangan dan memperburuk atau memicu sinusitis kambuh jika terhirup. Oleh sebab itu, usahakan untuk mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir secara rutin.

5. Menggunakan cairan saline hidung

Cairan saline (larutan garam) dapat membersihkan rongga hidung dari lendir dan kotoran, serta membantu melembapkan mukosa hidung. Hal ini bisa membantu meredakan gejala sinusitis yang Anda alami.Ketika menderita penyakit sinusitis, sebaiknya Anda juga memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan meresepkan obat agar kondisi Anda bisa segera pulih.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar pantangan sinusitis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitsinusitisradang sinus
Web MD. https://www.webmd.com/allergies/ss/slideshow-sinusitis-dos-and-donts
Diakses pada 22 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/sinusitis#outlook
Diakses pada 22 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/307190
Diakses pada 22 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sinus-health-guide/avoid-sinus-pain-and-congestion.aspx
Diakses pada 22 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait