Masalah pada kulit kepala disebabkan oleh penyakit atau kelainan genetik
Masalah kulit kepala yang paling sering dialami adalah ketombe.

Layaknya kulit di seluruh bagian tubuh, kulit kepala tidak lepas dari masalah kesehatan. Masalah kulit kepala tersebut dapat berupa penyakit dan kelainan yang biasanya disebabkan oleh higienitas seseorang atau genetik (keturunan).

Untuk lebih jelasnya, simak berbagai masalah kulit kepala di bawah ini.

Masalah Kulit Kepala #1: Psoriasis Kulit Kepala

Psoriasis adalah kondisi yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit kering dan gatal yang bisa pecah dan berdarah. Masalah kulit kepala ini memunculkan serpihan kulit kepala, dan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh Anda.

Perawatan untuk Psoriasis Kulit Kepala

Dokter mungkin akan memberi Anda sampo atau obat khusus untuk langsung diaplikasikan ke bagian kulit kepala. Anda juga bisa mendapatkan pil untuk membantu peradangan dan gatal.

Pilihan perawatan lainnya adalah dengan penyinaran sinar ultraviolet alami atau buatan pada kulit Anda. Hal ini dapat membantu membersihkan bagian-bagian yang terkena psioriasis.

Masalah kulit kepala #2: Kulit kepala kering

Kedengarannya sederhana, tetapi hal ini dapat memiliki efek yang besar. Kulit kepala kering dapat menyebabkan rasa gatal dan kulit kepala mengelupas. Ketika kulit pecah, bakteri dapat masuk dan menyebabkan infeksi.

Masalah ini biasanya lebih sering terjadi saat iklim kering, dan lebih mungkin terjadi saat usia bertambah. Anda juga bisa mengalami masalah ini, jika Anda terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan produk rambut yang menghilangkan minyak alami. 

Perawatan untuk Kulit Kepala Kering

Perubahan gaya hidup dapat membuat perbedaan pada kulit kepala Anda. Cobalah mencuci rambut lebih jarang atau menggunakan sampo yang lebih lembut.

Tanyakan pula kepada dokter atau apoteker tentang produk rambut apa yang paling cocok untuk Anda. Dalam kasus yang parah, atau ketika kekeringan disebabkan oleh kondisi yang dapat diobati, dokter Anda mungkin menyarankan obat.

Masalah kulit kepala #3: Ketombe

Potongan-potongan kecil kulit bisa "mengelupas" dari kulit kepala dan meninggalkan serpihan putih di pundak Anda. Kulit yang terlalu kering atau berminyak dapat menyebabkan timbulnya ketombe.

Masalah ini juga bisa menjadi reaksi terhadap sabun atau sampo tertentu atau jamur di kulit kepala Anda.

Perawatan untuk Ketombe

Perawatan Anda akan tergantung pada penyebabnya. Misalnya, jika ketombe yang muncul adalah reaksi terhadap sampo tertentu, Anda dapat dengan mudah beralih produk. Jika bukan karena hal itu, coba bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui penanganan terbaik.

Masalah kulit kepala #4: Kurap

Kurap adalah jamur yang dapat menginfeksi kulit atau kulit kepala Anda dan menyebabkan bercak gatal, bersisik, dan botak di bagian kepala Anda. Kurap sangat mudah tertular dari orang lain dan biasa terjadi pada balita dan anak-anak. 

Perawatan untuk Kurap

Dokter Anda mungkin akan memberikan obat-obatan yang dapat dimasukan melalui mulut (secara oral), atau sampo khusus serta krim yang digunakan di kepala Anda. Masalah biasanya akan benar-benar hilang setelah perawatan, selama Anda tidak tertular lagi. 

Masalah kulit kepala #5: Kutu Rambut

Kutu rambut adalah salah satu masalah kulit kepala yang merupakan serangga kecil yang hidup di rambut Anda dan memakan darah dari kulit kepala Anda. Kedengarannya mengerikan, tetapi sebenarnya tidak berbahaya.

Kutu rambut dapat menular, membuat tidak nyaman, dan gatal. Mereka juga terkadang sulit dihilangkan.

Perawatan untuk Kutu

Sampo khusus dapat membunuh kutu dan telur yang mereka hasilkan. Anda bisa mendapatkan beberapa obat dengan mudah, tetapi obat yang lebih kuat perlu diresepkan oleh dokter Anda. Kulit kepala Anda mungkin gatal untuk sementara waktu, bahkan setelah kutu hilang.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/scalp-problems#1
Diakses pada Februari 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/scalp-conditions#pictures-of-scalp-conditions
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed