Manfaat Teh Hijau yang Baik untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Manfaat eh hijau untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari mencegah penyakit jantung hingga mencegah kanker. Namun, ada efek samping yang perlu diwaspadai, salah satunya penyerapan zat besi berkurang.

0,0
11 Jul 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat teh hijau salah satunya adalah membuat umur lebih panjangDengan segudang manfaat teh hijau, Anda sangat mungkin untuk memiliki umur panjang
Manfaat teh hijau untuk kesehatan sangatlah berlimpah, mulai dari membantu membakar lemak, menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, hingga menurunkan risiko kanker. Kafein yang ada pada teh hijau juga berkhasiat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.Khasiat teh hijau yang tinggi sudah terkenal sejak tahun 2737 Sebelum Masehi (SM). Jika ditilik nutrisinya, tidak heran jika teh hijau dianggap begitu berkhasiat untuk tubuh.Minuman ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, seperti kafein, katekin, kalium, dan beberapa kandungan lainnya. Kandungan teh hijau seperti katekin memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan medis.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh

Berbagai kandungan pada teh, mampu membantu meningkatkan hal-hal baik untuk tubuh Anda. Mungkin Anda sudah tahu teh memberikan efek menenangkan. Namun, berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa ternyata manfaat minum teh hijau lebih dari itu.
Manfaat teh hijau bisa meningkatkan fungsi otak
Salah satu manfaat teh hijau adalah meningkatkan fungsi otak

1. Meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan

Seperti pada kopi, teh mengandung kafein yang dapat menghambat aktivitas adenosin, senyawa di tubuh yang menimbulkan rasa kantuk. Selain itu, kafein juga berkhasiat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat Anda.Kafein akan bekerja bersama asam amino L-teanin, kandungan lain pada teh hijau. Kombinasi dua zat ini, secara singkat, membantu kinerja otak Anda lebih baik daripada kopi.

2. Membakar lemak

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak di tubuh, serta melancarkan pencernaan. Hal ini tentu baik untuk diet dan membantu menurunkan berat badan guna mencapai bentuk tubuh yang ideal.

3. Meningkatkan performa fisik

Manfaat minum teh hijau lainnya adalah membantu meningkatkan performa fisik. Kandungan kafein lah yang menjadi kuncinya. Pasalnya, kandungan ini dapat mengubah asam lemak menjadi energi yang bisa digunakan tubuh.
Manfaat teh hijau adalah mencegah kanker payudara
Manfaat teh hijau salah satunya mencegah kanker payudara

4. Mencegah tubuh terkena kanker

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi bagian tubuh yang berisiko menjadi lokasi pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang dipercaya dapat dicegah, berdasarkan beberapa riset, adalah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

5. Mengurangi risiko terkena Alzheimer dan Parkinson

Manfaat teh hijau yang satu ini didapatkan dari kandungan bioaktif dan katekin di dalamnya. Teh hijau, dipercaya bermanfaat untuk melindungi otak, termasuk saat memasuki usia lanjut. Dengan mengonsumsi minuman ini secara teratur maka risiko untuk terkena kondisi Alzheimer dan penyakit Parkinson pun menjadi lebih kecil.

6. Melindungi tubuh dari infeksi

Selain mampu melindungi otak, kandungan katekin dalam teh hijau juga ampuh membunuh bakteri, serta menghambat virus di tubuh. Virus influenza merupakan jenis virus yang dapat dilawan oleh katekin.
Manfaat teh hijau salah satunya untuk menyehatkan gigi
Teh hijau bisa mencegah bau mulut

7. Baik untuk kesehatan gigi dan mulut

Katekin yang terkandung dalam teh hijau juga membantu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutan, yang kerap menimbulkan gigi berlubang dan kerusakan gigi. Tidak hanya itu, teh hijau juga disebut-sebut dapat mencegah bau mulut.

8. Mencegah diabetes melitus tipe 2

Anda mungkin sudah memahami, bahwa diabetes melitus 2 dipicu oleh tingginya kadar gula dalam darah dan ketidakmampuan tubuh menghasilkan insulin. Untuk menghindarinya, cobalah mulai rutin untuk minum teh hijau yang dapat menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin untuk bekerja.Sebuah studi di Jepang membuktikan, konsumsi teh hijau mampu menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2, hingga 42%. Dalam tujuh penelitian, dengan total responden lebih dari 200.000 orang, orang yang rajin minum teh hijau dapat terhindar dari risiko diabetes sebesar 18%.

9. Mencegah penyakit jantung

Antioksidan dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, sehingga mencegah kolesterol jahat (LDL) mengalami oksidasi. LDL yang mengalami oksidasi, merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.Teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, yang apabila dibiarkan dalam level tinggi, juga menimbulkan gangguan pada jantung dan masalah pada tekanan darah.
Manfaat teh hijau bisa membuat pikiran rileks
Manfaat teh hijau juga terasa untuk ketenangan pikiran

10. Membuat pikiran jadi lebih rileks

Manfaat teh hijau tak hanya berkutat seputar kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Kandungan theanin yang ada di dalamnya dapat memberikan efek menenangkan untuk pikiran.Mengistirahatkan pikiran tentu adalah bagian penting dari menjaga kesehatan secara keseluruhan, sehingga jangan ragu untuk menikmati segelas teh hijau hangat saat pikiran dirasa sedang berat dan Anda butuh rileks.

11. Melindungi kesehatan tulang

Teh hijau rupanya juga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya terbukti bisa mengurangi risiko patah tulang karena dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan tidak rapuh. Teh hijau juga mengandung fenol yang baik untuk mempertahankan kepadatan tulang.

12. Melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini

Kandungan polifenol dalam teh hijau juga dapat mempercantik kulit dan bisa melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet. Dengan begitu, tanda-tanda penuaan di kulit yang bisa muncul seperti kerutan halus bisa dicegah. Teh hijau akan mencegah kerusakan kolagen dan serat elastis di kulit sehingga mempertahankan tekstur yang kenyal dan kencang.Baca juga: Tidak Kalah dari Teh Hijau, Ini Dia Manfaat Teh Putih yang Menyehatkan

Efek samping teh hijau

Jika dikonsumsi secara berlebihan, teh hijau bisa memicu efek samping, seperti:

1. Ketergantungan terhadap kafein

Berbagai jenis teh, termasuk teh hijau mengandung kafein yang cukup tinggi. Jika mengonsumsi teh hijau terlalu sering, risiko Anda dapat mengalami ketergantungan kafein.Saat Anda tidak mengonsumsi teh yang mengandung kafein, akibatnya akan memicu gejala putus kafein yang ditandai dengan sakit kepala, pusing, kantuk, hingga mudah marah.Gejala tersebut biasanya akan muncul 12-24 jam setelah berhenti mengonsumsi kafein.

2. Mengalami susah tidur (insomnia)

Minum teh hijau sebelum tidur sebaiknya dihindari karena dapat memicu insomnia. Kandungan tinggi kafein pada teh hijau dapat membuat susah tidur jika Anda mengonsumsinya 2 jam sebelum waktu tidur.Pasalnya, kafein mengandung efek yang berpengaruh langsung pada sistem saraf di otak yang bisa mengaktifkan mode waspada dan mengurangi rasa lelah.Akibatnya, Anda akan terus terjaga dan mengalami sulit tidur hingga kualitas tidur terganggu.

3. Penyerapan zat besi berkurang

Efek samping yang satu ini berkaitan dengan waktu terbaik untuk minum teh hijau. Teh hijau secara keseluruhan mengandung flavonoid, salah satu jenis antioksidan dalam teh hijau yang dapat mengikat zat besi.Apabila Anda mengonsumsi teh hijau pada waktu makan atau setelahnya, maka penyerapan zat besi dalam tubuh akan berkurang hingga 70 persen.Itulah sebabnya, aturan minum teh hijau yang disarankan adalah sehabis makan atau tidak diminum saat makan atau beberapa jam setelahnya.Berkurangnya penyerapan zat besi ini juga bisa berkembang menjadi anemia atau kekurangan sel darah merah, akibat asupan zat besi yang berkurang.

4. Meningkatkan gangguan kecemasan

Efek samping dari kandungan kafein pada teh hijau lainnya adalah dapat memicu gangguan kecemasan. Dampak ini bahkan sudah dibenarkan oleh penelitian jurnal Clinical Practice and Epidemology in Mental Health.Baca juga: Pecinta Teh, Cermati 8 Efek Samping Teh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Catatan dari SehatQ

Rasanya memang mustahil untuk tidak menderita suatu penyakit. Namun dengan segala manfaat teh hijau di atas, harapan hidup Anda pun dapat meningkat. Misalnya, risiko terhadap penyakit jantung dan kanker, sebagai kondisi medis yang dapat memicu kematian, dapat ditekan dengan mengonsumsi teh hijau.Namun, Anda disarankan untuk juga tetap tidak berlebihan dalam mengonsumsi teh hijau. Sebab seperti halnya jika minum kopi terlalu banyak, kafein di teh hijau juga mungkin memberikan efek tidak mengenakkan, termasuk insomnia.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perbedaan vegan dan vegetarian, serta mana yang lebih sehat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatherbaltehtanaman obat
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/green-tea-nutrition-health-benefits-side-effects/
Diakses pada 11 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea
Diakses pada 11 Juli 2019
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/health-benefits-of-green-tea#2
Diakses pada 22 Oktober 2020
Health. https://www.health.com/food/benefits-green-tea
Diakses pada 22 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait