Ketahui Berbagai Manfaat Sunblock untuk Kulit Berikut Ini

Memakai sunblock ternyata penting dan memiliki manfaat yaitu mengurangi risiko kanker kulit
Salah satu manfaat sunblock untuk lansia adalah untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Menggunakan tabir surya atau sunblock, sudah terbukti bisa membantu mencegah penuaan dini, hingga mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Namun, manfaat sunblock sering dianggap hanya berguna pada orang usia muda.

Padahal pada lansia, penggunaan sunblock juga penting dilakukan. Paparan matahari berlebih pada kulit lansia, tetap bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Selain itu, menggunakan sunblock juga bisa mengurangi risiko terbentuknya bintik-bintik hitam pada kulit lansia, yang disebut lentigo.

[[artikel-terkait]]

Manfaat sunblock untuk lansia yang penting untuk dikenali

Tidak hanya menjaga warna kulit agar tetap merata, menggunakan sunblock juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Berikut ini manfaat sunblock bagi lansia yang rutin menggunakannya.

1. Mengurangi risiko kanker kulit

Penyebab paling umum dari kanker kulit adalah rusaknya lapisan kulit akibat paparan sinar matahari yang berkepanjangan, dalam jangka waktu lama. Kondisi ini juga banyak dialami lansia.

Lansia telah menerima paparan sinar matahari dalam waktu lama, dan menjadikannya rentan mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Sehingga, penggunaan sunblock bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan lansia.

2. Memberikan perlindungan tambahan untuk tubuh

Seiring bertambahnya usia, pertahanan kulit yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit, akan semakin melemah. Kulit akan semakin menipis, sistem imun pun terus menurun, dan tubuh akan mengalami kerusakan akibat polusi yang dihirup.

Perubahan-perubahan tersebut, membuat lansia semakin rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker kulit. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk menggunakan sunblock setiap hari, agar tubuh semakin terlindungi.

3. Mencegah penuaan ekstrinsik kulit

Memasuki usia lanjut, penuaan di kulit tidaklah bisa dicegah. Penuaan yang terjadi secara alami karena proses biologis di tubuh, disebut sebagai penuaan instrinsik.

Sementara itu, apabila penuaan terjadi akibat faktor dari luar tubuh, seperti paparan sinar matahari, maka kondisi ini disebut sebagai penuaan ekstrinsik.

Penuaan ekstrinsik bisa dicegah, selama lansia rutin melindungi kulitnya dari faktor-faktor penyebab kondisi ini. Salah satu cara untuk mencegahnya, adalah dengan rutin menggunakan sunblock.

4. Mencegah munculnya lentigo

Lentigo adalah suatu kondisi perubahan warna kulit, akibat paparan sinar matahari berlebih dan dalam jangka waktu yang lama. Pada lansia, kondisi ini umumnya akan terlihat seperti bercak-bercak cokelat di kulit tangan, kaki, wajah, punggung, serta bahu.

Semakin sering kulit terpapar matahari, maka semakin tinggi juga kemungkinan lentigo akan terbentuk. Penggunaan sunblock merupakan langkah utama untuk mencegah kondisi ini.

Cara pemakaian sunblock yang tepat untuk perlindungan maksimal

Manfaat sunblock tidak akan dirasakan secara optimal, tanpa pemakaian secara tepat. Karena itu, kenali cara menggunakan sunblock yang tepat di bawah ini:

1. Gunakan sunblock dalam jumlah cukup

Kebanyakan, orang hanya akan menggunakan sunblock dalam jumlah sedikit di kulit. Padahal, jumlah yang dibutuhkan sebenarnya lebih banyak dari itu. Oleskan sunblock ke seluruh permukaan kulit yang tidak tertutup oleh pakaian.

Selain untuk tangan dan wajah, sunblock juga harus dioleskan ke bagian tubuh lain seperti:

  • Leher
  • Telinga
  • Punggung kaki
  • Kulit kepala, jika rambut sudah mulai menipis

2. Oleskan sunblock di waktu yang tepat

Butuh waktu sekitar 15 menit agar sunblock bisa meresap sempurna ke kulit. Karena itu, Anda sebaiknya mulai menggunakan sunblock, 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, untuk memastikan proses penyerapannya oleh kulit.

Jika Anda baru menggunakannya saat sudah berada di bawah matahari, maka manfaat sunblock tidak akan bisa didapatkan.

3. Pilih jenis sunblock yang tepat

Gunakan sunblock yang mengandung sun protection factor (SPF) minimal 30. Pilih juga sunblock yang tahan air, dan menawarkan manfaat untuk melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB.

Langkah lain untuk menghindari dampak buruk paparan sinar matahari

Penggunaan sunblock pada lansia, juga sebaiknya disertai langkah lain, untuk mencegah dampak buruk paparan sinar matahari berlebih, seperti:

1. Hindari berjemur

Berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari, bisa meningkatkan risiko timbulnya kerusakan di kulit. Terutama, pada lansia yang telah mengalami dampak paparan sinar matahari selama bertahun-tahun lamanya.

2. Gunakan payung

Meski paparan sinar matahari berlebih bisa berbahaya, bukan berarti lansia tidak bisa keluar ruangan sama sekali. Hanya saja, saat berada di area-area dengan paparan mataharinya yang cukup menyengat, lansia disarankan untuk menggunakan payung, untuk melindungi kulit.

3. Pilih pakaian tertutup dan nyaman

Pakaian yang panjang, longgar, menyerap keringat, dan ringan, merupakan jenis pakaian yang paling baik untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Selain pakaian, lansia yang sedang berkegiatan di luar ruangan juga disarankan untuk menggunakan topi, untuk melindungi kulit wajah.

4. Gunakan pelembap di kulit

Semakin tua, kulit umumnya akan semakin kering. Kondisi ini bisa diperparah dengan adanya paparan berlebih dari sinar matahari. Untuk mengatasinya, kelembapan kulit harus dijaga.

Karena itu, selain sunblock, lansia juga disarankan untuk menggunakan krim atau losion pelembap di kulit.

Dengan mendapatkan berbagai manfaat sunblock, kulit lansia bisa terlindungi dari berbagai kondisi, mulai dari kanker hingga lentigo. Selain dengan langkah-langkah di atas, lansia juga disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan kulitnya ke dokter.

Safe senior. https://safeseniorfoundation.org/sun-care-tips-for-seniors/
Diakses pada 3 Juli 2019

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/spot-skin-cancer/learn-about-skin-cancer/prevent/how-to-apply-sunscreen
Diakses pada 3 Juli 2019

Aging Care. https://www.agingcare.com/articles/protecting-senior-skin-from-the-summer-sun-147114.htm
Diakses pada 3 Juli 2019

Skin Cancer Foundation. https://www.skincancer.org/healthy-lifestyle/anti-aging/seniors
Diakses pada 3 Juli 2019

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/Topical_drug_treatments_for_age_spots
Diakses pada 3 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed