Berbagai Manfaat Sari Pati Ayam bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Penderita Diabetes

(0)
06 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat sari pati ayam adalah meredakan kelelahan mentalSari pati ayam biasanya dikemas dalam botol kecil
Sari pati ayam adalah suplemen nutrisi berbentuk cair yang terbuat dari ekstrak ayam pilihan berkualitas tinggi. Sari pati ayam diproses dengan menggunakan panas dan tekanan yang dapat memecah protein alami pada kaldu ayam menjadi peptida yang lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna.Manfaat sari pati ayam telah lama dikenal di Asia. Sejumlah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan protein yang signifikan di dalamnya dapat memberikan manfaat bagi kelelahan mental dan fisik.Pada pengobatan tradisional Tiongkok, minuman sari pati ayam digunakan untuk memperkuat tulang dan otot, meningkatkan metabolisme, menghilangkan kelelahan, hingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Manfaat sari pati ayam bagi kesehatan

Sari pati ayam merupakan minuman tradisional alami dan memiliki sejumlah potensi manfaat bagi kesehatan. Beberapa klaim manfaat sari pati ayam bahkan telah terbukti secara ilmiah.Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat minuman sari pati ayam bagi seluruh kelompok usia.

1. Mengatasi kelelahan mental

Menghabiskan banyak waktu untuk fokus dan berkonsentrasi saat bekerja atau belajar, dapat menyebabkan kelelahan mental yang signifikan. Gejala dari kelelahan mental meliputi:
  • Kesulitan konsentrasi
  • Kesulitan memecahkan masalah
  • Kecemasan
  • Cepat marah saat berhadapan dengan orang lain
  • Kehilangan gairah terhadap pekerjaan dan hobi
  • Susah tidur
  • Mudah bingung dan frustrasi yang dipicu saat berhadapan dengan masalah yang harus diselesaikan.
Sebuah studi melibatkan 20 peserta pria yang mengonsumsi sari pati ayam setiap hari selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sari pati ayam dapat membantu meningkatkan pemulihan tubuh dari kelelahan mental. 

2. Meningkatkan daya ingat jangka pendek

Tingginya tingkat stres dapat menurunkan fokus dan memori jangka pendek pada orang dewasa. Sebuah studi yang diikuti para pekerja muda dengan mengonsumsi sari pati ayam selama 2 minggu, menunjukkan bahwa manfaat sari pati ayam berdampak signifikan dalam meningkatkan ingatan jangka pendek pada orang dewasa dengan tingkat stres kerja yang tinggi.

3. Meningkatkan suasana hati

Kelelahan dan pengaruh lingkungan dapat memperburuk suasana hati. Sebuah studi menunjukkan manfaat sari pati ayam bagi fungsi kognitif. Manfaat ini dapat membantu meredakan kecemasan sehingga suasana hati tidak mudah terganggu.

4. Membantu mengatur gula darah

Sari pati ayam telah terbukti mampu mempercepat laju eliminasi glukosa darah berkat kandungan L-Carnosine-nya. Kondisi ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah dengan baik.Manfaat sari pati ayam dalam mengontrol gula darah telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Mengonsumsi sari pati ayam secara rutin diyakini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Memperkuat kekebalan tubuh

Manfaat sari pati ayam tidak hanya mengatasi kelelahan. Banyak orang Asia Timur, terutama Tiongkok, telah lama mengonsumsi minuman ini karena dianggap bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh.Konsumsi saripati ayam secara teratur dipercaya bisa membantu mencegah infeksi flu dan berbagai penyakit lainnya dengan mengatur fungsi kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan produksi ASI

Sebuah studi melibatkan 235 ibu hamil yang menjalani persalinan normal. Mereka diminta untuk  mengonsumsi dua botol sari pati ayam, plasebo, atau sup herbal tradisional setiap selama 3 hari setelah melahirkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sari pati ayam dapat membantu meningkatkan produksi ASI secara signifikan lebih awal dibandingkan dengan konsumsi plasebo maupun suplemen herbal tradisionalItulah manfaat sari pati ayam bagi kesehatan. Minuman suplemen ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Meski demikian, tidak semua orang bisa menyukai rasa minuman ini.Selain itu, pastikan Anda memilih minuman suplemen sari pati ayam yang telah terjamin mutunya dan bebas dari bahan tambahan lain yang tidak diperlukan tubuh.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
suplemenminuman protein
Avian Science Institute. https://www.avianscienceinstitute.com/essence-of-chicken-shown-to-support-quality-of-breast-milk/
Diakses 24 Mei 2021
Mintel. https://www.mintel.com/blog/food-market-news/asias-brain-tonic-chicken-essence-targets-youth
Diakses 24 Mei 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3707410/#:~:text=The%20solid%20content%20consists%20mainly,3%20mg%20caramel%20%5B19%5D.
Diakses 24 Mei 2021
Kino Himitsu Singapore. https://sg.kinohimitsu.com/top-4-amazing-benefits-of-drinking-chicken-essence/
Diakses 24 Mei 2021
The Asian Parent Singapore. https://sg.theasianparent.com/essence-of-chicken-benefits
Diakses 24 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait