logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengulik Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Cara Mudah Membuatnya

open-summary

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan ada beragam, mulai dari membantu mengurangi stres, hingga baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Minyak kelapa yang paling baik adalah yang pengolahannya paling sedikit.


close-summary

3.41

(66)

20 Nov 2019

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat minyak kelapa antara lain bisa Anda rasakan sebagai obat kumur.

Salah satu manfaat minyak kelapa yang populer adalah untuk membantu penurunan berat badan.

Table of Content

  • Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan
  • Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah
  • Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi minyak kelapa

Minyak kelapa seringkali disebut sebagai alternatif yang lebih sehat dari jenis minyak lainnya. Jenis minyak yang satu ini, dianggap bermanfaat untuk kecantikan hingga kesehatan secara keseluruhan. Benarkah manfaat minyak kelapa begitu luar biasa?

Advertisement

Sebagian besar orang awam percaya akan manfaat komponen yang satu ini. Namun, para ahli nutrisi masih memperdebatkannya. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sementara itu, lemak jenuh berlebih di tubuh bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

Di sisi lain, para ahli menyebutkan kandungan minyak kelapa, yakni susunan lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa berbeda dari yang terdapat pada olahan produk hewani. Mereka pun menilai, bahwa minyak kelapa memiliki manfaat lainnya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Baca Juga

  • Ketahui Efek Samping Kunyit Sebelum Mulai Mengonsumsinya
  • Cara Membuat Hand Sanitizer Spray yang Efektif dan Aman
  • Mengenal Manfaat Minyak Cendana untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Manfaat minyak kelapa bisa buat rambut berkilau
minyak kelapa untuk kecantikan salah satunya membuat rambut berkilau

Minyak kelapa mengandung zat gizi tinggi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Minyak kelapa murni mengandung senyawa antioksidan phenolic. Selain itu, manfaat minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat. 

Beberapa ahli percaya bahwa minyak kelapa dapat memberikan manfaat kesehatan selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Berikut ini potensi khasiat minyak kelapa untuk kesehatan.

1. Membuat rambut berkilau

Beberapa orang percaya, mengoleskan minyak kelapa ke rambut akan membuatnya lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Sebab, minyak ini dinilai dapat menyerap ke kulit kepala dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral.

Meski begitu, manfaat minyak kelapa ini sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba, tentu tidak ada salahnya.

Namun, ada baiknya Anda mencari tahu kecocokan jenis rambut Anda terhadap perawatan dengan minyak kelapa.

2. Melembapkan kulit

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak ini juga dapat digunakan untuk pelembap wajah bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang kering.

Manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak hanya berhenti di situ. Sebab, bahan ini ternyata juga dinilai dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah.

Untuk melakukan perawatan tersebut, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke tumit sebelum tidur, lalu gunakan kaus kaki. Ulangi metode ini hingga tumit halus.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah Serta Cara Aman Menggunakannya

3. Mencegah penyakit hati

Sebuah penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, melihat pengaruh konsumsi minyak kelapa terhadap kesehatan hati.

Hasilnya, hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama 4 minggu, memiliki kesehatan hati lebih baik dibandingkan dengan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan khasiat minyak kelapa yang satu ini pada manusia.

Manfaat minyak kelapa yang lain adalah bantu menurunkan berat badan
Manfaat minyak kelapa untuk capai berat badan ideal juga patut dicoba

4. Membantu penurunan berat badan

Banyak orang percaya minyak kelapa bisa membantu menurunkan berat badan. Kegunaan minyak kelapa yang satu ini dipercaya datang dari komponen khas bernama MCT.

Komponen tersebut dinilai akan membuat lemak yang ada di dalam minyak kelapa, langsung diolah menjadi energi dan tidak menumpuk terlalu lama di tubuh. 

Meski begitu, bukan berarti minyak kelapa bisa dijadikan satu-satunya solusi untuk menurunkan berat badan. Anda tetaplah harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan yang terdapat di minyak kelapa, bisa diubah oleh hati menjadi keton. Keton adalah sumber energi alternatif untuk otak.

6. Memerangi infeksi bakteri di tubuh

Virgin coconut oil atau VCO memiliki sifat antibakteri. Sehingga, minyak jenis ini bisa digunakan untuk memerangi infeksi di tubuh. Manfaat minyak kelapa yang satu ini, diketahui melalui suatu penelitian di laboratorium, meski belum menggunakan hewan uji maupun manusia sebagai objeknya.

7. Menjadi alternatif bahan makanan yang lebih sehat

Minyak kelapa bisa Anda gunakan sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan minyak kedelai, misalnya. Minyak ini dapat digunakan untuk membuat mayones atau cokelat yang lebih sehat dari yang Anda beli di supermarket.

Manfaat minyak kelapa lainnya yaitu bisa percepat penyembuhan luka
Minyak kelapa juga baik untuk penyembuhan luka

8. Percepat penyembuhan luka

Pada sebuah uji coba menggunakan hewan, minyak kelapa terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka, karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan menghambat terjadinya peradangan di kulit.

Anda dapat mencobanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka gores yang tidak parah dan menutup lukanya dengan perban. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakannya dan pastikan bahan maupun alat yang Anda gunakan benar-benar sudah steril, untuk menghindari infeksi.

9. Dipercaya dapat melawan jamur

Minyak kelapa juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi jamur candida albicans. Penelitian yang dilakukan, serupa dengan riset untuk melihat manfaat minyak kelapa dalam melawan infeksi bakteri.

10. Membersihkan rongga mulut

Berkumur dengan minyak kelapa, merupakan metode perawatan gigi tradisional yang telah sejak lama digunakan. Cara ini dianggap dapat membantu melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang, meredakan gejala radang gusi, dan menjaga keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah

Cara membuat minyak kelapa sendiri tidak sulit. Ada dua cara untuk membuat minyak kelapa, yakni dengan teknik pemanasan dan tanpa pemanasan.

Berikut tahapan cara membuat minyak kelapa yang bisa Anda ikuti:

1. Dengan teknis pemanasan

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan kelapa tidak hangus dengan sesekali mengaduknya.
  • Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut.
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang.
  • Setelah tidak lagi panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Cara membuat minyak kelapa dengan memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak yang berwarna kuning. Minyak kelapa dengan teknis pemanasan ini dapat disimpan hingga 8-10 bulan di suhu ruang.

Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat sehingga mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak tersebut.

2. Dengan teknik tanpa pemanasan

  • Parut daging kelapa tua dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  • Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO.

Baca juga: Beragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Bibir yang Sayang Jika Dilewatkan

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi minyak kelapa

Ada beberapa jenis minyak kelapa, dan semuanya dapat memberikan efek yang berbeda apabila dikonsumsi. Sehingga, manfaat minyak kelapa di atas, belum tentu berlaku bagi semua jenisnya.

Secara umum, minyak kelapa yang paling baik adalah minyak yang proses pengolahannya paling sedikit. Seperti extra virgin coconut oil, misalnya. Minyak kelapa jenis ini, diambil dari buah segar yang sudah matang dan pengolahannya tidak melibatkan suhu tinggi, maupun zat kimia tambahan lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa secara maksimal, gunakanlah jenis yang alami dan paling sedikit tahap pengolahannya.

Selain itu, jangan konsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang berlebihan. Sebab bagaimanapun juga, kandungan kalori pada kelapa cukup tinggi, sehingga daat meningkatkan kadar lemak dan berat badan.

Penggunaan minyak kelapa juga tidak dianjurkan untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Pada kelompok individu ini, konsumsi lemak jenuh tidak disarankan melebihi 6% dari total kalori harian karena dapat mengganggu kesehatan jantung.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat minum minyak kelapa dan kandungan gizinya, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

essential oilminyak atsiriherbal

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved