Mengulik Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Begitu Beragam

Manfaat minyak kelapa antara lain bisa Anda rasakan sebagai obat kumur.
Salah satu manfaat minyak kelapa yang populer adalah untuk membantu penurunan berat badan.

Minyak kelapa seringkali disebut sebagai alternatif yang lebih sehat dari jenis minyak lainnya. Jenis minyak yang satu ini, dianggap bermanfaat untuk kecantikan hingga kesehatan secara keseluruhan. Benarkah manfaat minyak kelapa begitu luar biasa?

Sebagian besar orang awam percaya akan manfaat komponen yang satu ini. Namun, para ahli nutrisi masih memperdebatkannya. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sementara itu, lemak jenuh berlebih di tubuh bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

Di sisi lain, para ahli yang mempercayai manfaat minyak kelapa, menganggap bahwa susunan lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa, berbeda dari yang terdapat pada olahan produk hewani. Mereka pun menilai, bahwa minyak kelapa, memiliki manfaat lainnya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Manfaat minyak kelapa yang sayang jika dilewatkan

Beberapa ahli percaya, bahwa minyak kelapa dapat memberikan manfaat kesehatan, selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Berikut ini potensi manfaat minyak kelapa untuk kesehatan.

  1. Membuat rambut berkilau:

    Beberapa orang percaya, mengoleskan minyak kelapa ke rambut, akan membuatnya lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Sebab, minyak ini dinilai dapat menyerap ke kulit kepala, dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral.Meski begitu, manfaat minyak kelapa ini sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba, tentu tidak ada salahnya. Namun, ada baiknya Anda mencari tahu kecocokan jenis rambut Anda terhadap perawatan dengan minyak kelapa.
  2. Melembapkan kulit:

    Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak ini juga dapat digunakan untuk pelembap wajah bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang kering. Manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak hanya berhenti di situ. Sebab, bahan ini ternyata juga dinilai dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah.
    Untuk melakukan perawatan tersebut, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke tumit sebelum tidur, lalu gunakan kaus kaki. Ulangi metode ini hingga tumit halus.
  3. Mencegah penyakit hati:

    Sebuah penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, melihat pengaruh konsumsi minyak kelapa terhadap kesehatan hati. Hasilnya, hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama 4 minggu, memiliki kesehatan hati lebih baik dibandingkan dengan dengan yang tidak mengonsumsinya.
    Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat minyak kelapa yang satu ini pada manusia.
  4. Membantu penurunan berat badan:

    Banyak orang percaya, minyak kelapa bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab, komponen khas bernama MCT yang terdapat dalam minyak kelapa, membuat lebih banyak kandungan lemak di dalamnya, diubah menjadi energi, dibandingkan disimpan menjadi lemak tubuh.
    Namun, bukan berarti Anda tinggal mengonsumsi minyak kelapa untuk mencapai berat badan ideal. Pasalnya, kelapa adalah buah yang tinggi kalori. Sehingga, mengonsumsi minyak kelapa sebanyak-banyaknya bukanlah jalan tepat untuk diet.
  5. Meningkatkan fungsi otak: 

    Kandungan yang terdapat di minyak kelapa, bisa diubah oleh hati menjadi keton. Keton adalah sumber energi alternatif untuk otak.
  6. Memerangi infeksi bakteri di tubuh:

    Virgin coconut oil atau VCO, memiliki sifat antibakteri. Sehingga, minyak jenis bisa digunakan untuk memerangi infeksi di tubuh. Manfaat minyak kelapa yang satu ini, diketahui melalui suatu penelitian di laboratorium, meski belum menggunakan hewan uji maupun manusia sebagai objeknya.
  7. Menjadi alternatif bahan makanan yang lebih sehat:

    Minyak kelapa bisa Anda gunakan sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan minyak kedelai, misalnya. Minyak ini dapat digunakan untuk membuat mayones atau cokelat yang lebih sehat, dari yang Anda beli di supermarket.
  8. Percepat penyembuhan luka:

    Pada sebuah uji coba menggunakan hewan, minyak kelapa terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka, karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan menghambat produksi peradangan di kulit.
    Anda dapat mencobanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka gores yang tidak parah dan menutup lukanya dengan perban. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakannya dan pastikan bahan maupun alat yang Anda gunakan benar-benar sudah steril, untuk menghindari infeksi.
  9. Dipercaya dapat melawan jamur:

    Minyak kelapa juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi jamur candida albicans. Penelitian yang dilakukan, serupa dengan riset untuk melihat manfaat minyak kelapa dalam melawan infeksi bakteri.
  10. Membersihkan rongga mulut:

    Berkumur dengan minyak kelapa, merupakan metode perawatan gigi tradisional yang telah sejak lama digunakan. Cara ini dianggap dapat membantu melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang, meredakan gejala radang gusi, dan menjaga keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Sebelum mencoba manfaat minyak kelapa, perhatikan hal ini

Ada beberapa jenis minyak kelapa, dan semuanya dapat memberikan efek yang berbeda apabila dikonumsi. Sehingga, manfaat minyak kelapa di atas, belum tentu berlaku bagi semua jenisnya.

Secara umum, minyak kelapa yang paling baik adalah minyak yang proses pengolahannya paling sedikit. Seperti extra virgin coconut oil, misalnya. Minyak kelapa jenis ini, diambil dari buah segar yang sudah matang dan pengolahannya tidak melibatkan suhu tinggi, maupun zat kimia tambahan lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa secara maksimal, gunakanlah jenis yang alami dan paling sedikit tahap pengolahannya. Selain itu, jangan konsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang berlebihan. Sebab bagaimanapun juga, kandungan kalori pada kelapa cukup tinggi, sehingga daat meningkatkan kadar lemak dan berat badan.

Penggunaan minyak kelapa juga tidak dianjurkan untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Pada kelompok individu ini, konsumsi lemak jenuh tidak disarankan melebihi 6% dari total kalori harian.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/282857.php
Diakses pada 15 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-uses
Diakses pada 15 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/coconut-oil-and-health#2
Diakses pada 15 November 2019

Harvard School of Public Health. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/coconut-oil/
Diakses pada 15 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed