Berbagai Manfaat Kentang untuk Bayi, Sudahkah Si Kecil Mencobanya?


Manfaat kentang untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) sangatlah beragam. Selain bernutrisi tinggi, kentang dipercaya dapat menyehatkan pencernaan, mencegah infeksi, hingga memelihara kulit bayi.

(0)
23 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kentang untuk bayi sangatlah beragam, salah satunya menjaga kesehatan kulit.Manfaat kentang untuk bayi sangatlah beragam dan tidak boleh diremehkan.
Ada banyak sekali manfaat kentang untuk bayi yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Makanan pendamping ASI (MPASI) yang bernutrisi tinggi ini dipercaya dapat menyehatkan pencernaan, mencegah infeksi, hingga memelihara kulit bayi. Sudahkah Si Kecil mencobanya?

7 manfaat kentang untuk bayi

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ia sudah siap melahap berbagai macam MPASI seperti kentang. Anda bisa menghaluskan kentang menjadi puree supaya lebih mudah dimakan oleh Si Kecil. Berikut adalah sejumlah manfaat kentang untuk bayi.

1. Bernutrisi tinggi

Manfaat kentang untuk bayi tak lepas dari kandungan nutrisi kentang yang beragam
Manfaat kentang untuk bayi tak lepas dari kandungan nutrisinya
Kentang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi. Di dalam 173 gram kentang, terdapat kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 161
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 4,3 gram
  • Karbohidrat: 36,6 gram
  • Serat: 3,8 gram
  • Vitamin C: 28 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Vitamin B6: 27 persen dari AKG harian
  • Kalium: 26 persen dari AKG harian
  • Mangan: 19 persen dari AKG harian
  • Magnesium: 12 persen dari AKG harian
  • Fosfor: 12 persen dari AKG harian
  • Niacin: 12 persen dari AKG harian
  • Folat: 12 persen dari AKG harian.
Perlu Anda ingat, berbagai kandungan nutrisi kentang bisa berubah sesuai dengan cara memasaknya. Misalnya, kalori dan lemak kentang bisa bertambah jika Anda menggorengnya dengan minyak.

2. Mengandung antioksidan

Kentang mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, hingga asam fenolat. Ketiganya dapat melawan radikal bebas sehingga berbagai penyakit dapat dicegah.Sebuah tes tabung membuktikan, berbagai antioksidan yang dikandung kentang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Kentang mengandung pati tahan cerna (resistant starch). Ketika senyawa ini sampai di usus besar, mereka akan dimakan oleh bakteri baik dan berubah menjadi asam lemak rantai pendek yang bermanfaat bagi kesehatan.Berbagai penelitian telah membuktikan, asam lemak rantai pendek dapat mencegah peradangan di usus besar dan meningkatkan sistem pertahanan usus besar sehingga bisa terhindar dari kanker.

4. Kaya akan mikronutrien

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mikronutrien (vitamin dan mineral) sangat penting untuk mencegah penyakit hingga pertumbuhan tubuh.Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi mikronutrien dan harus mendapatkannya dari konsumsi makanan sehat. Kentang mengandung banyak mikronutrien, seperti magnesium, kalium, natrium, vitamin C, hingga vitamin B6. Semuanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bayi.

5. Baik untuk kulit bayi

Manfaat kentang untuk bayi bisa menjaga kesehatan kulit
Manfaat kentang untuk bayi dipercaya bisa menyehatkan kulitnya
Ternyata, kentang juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kulit bayi, seperti vitamin C dan berbagai enzim. Jadi tidak heran kalau kentang dinilai ampuh menjaga dan menutrisi kulit bayi.

6. Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc yang dikandung kentang dapat membantu tubuh bayi membentuk dan menjaga kekuatan tulangnya. Selain itu, zat besi dan zinc juga berperan penting dalam produksi dan proses pematangan kolagen.

7. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kentang untuk bayi selanjutnya datang dari kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6-nya. Berbagai nutrisi ini dapat menjaga kesehatan jantung Si Kecil.

Peringatan sebelum memberikan kentang pada bayi

Meskipun ada banyak manfaat kentang untuk bayi, Ayah dan Ibu tidak boleh asal-asal dalam memberikannya. Perhatikan beberapa peringatan berikut sebelum memberikan kentang untuk bayi.
  • Bersihkan dan kupas kentang

Kentang tumbuh di bawah tanah, itulah mengapa orangtua disarankan untuk membersihkan dan mengupas kulit kentang sebelum memberikannya pada bayi. Hal ini dilakukan guna menghilangkan debu dan pestisida yang mungkin menempel di kulit kentang.
  • Jangan memberikan porsi yang berlebihan

Rasa kentang memang disukai oleh bayi. Namun, bukan berarti ibu boleh memberikannya secara berlebihan pada Si Kecil. Mulailah dengan beberapa potong kentang yang sudah dihaluskan.
  • Perhatikan cara memasaknya

Merebus kentang dipercaya dapat menghilangkan berbagai kandungan nutrisinya. Maka dari itu, Ayah dan Ibu lebih disarankan untuk mengukusnya.
  • Reaksi alergi

Walaupun jarang terjadi, alergi kentang dapat terjadi. Reaksi alergi yang bisa muncul setelah menyentuh atau mengonsumsi kentang, yakni ruam kulit, batuk, muntah dan diare.Jika berbagai gejala di atas muncul, segera hentikan pemberikan kentang pada bayi dan segera bawa Si Kecil ke dokter.

Catatan dari SehatQ

Bagi Ayah dan Ibu yang ingin mengetahui MPASI sehat lainnya, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuimakanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/potatoes-for-babies-age-benefits-recipes_00647146/
Diakses pada 9 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 9 Desember 2020
CDC. https://www.cdc.gov/nutrition/micronutrient-malnutrition/micronutrients/index.html
Diakses pada 9 Desember 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/potatoes-for-baby-health-benefits-and-quick-recipes/
Diakses pada 9 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280579#10_possible_health_benefits
Diakses pada 9 Desember 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait