Manfaat kapur sirih yang dikenal banyak orang adalah untuk kesehatan gigi dan rambut
Kapur sirih sering digunakan orang tua di Indonesia untuk menjaga kesehatan mulut

Apakah Anda pernah mendengar istilah ‘nyirih’? Nyirih alias mengunyah daun berisi kapur sirih sering dilakukan oleh para orang tua, katanya sih agar mereka mendapat manfaat kapur sirih berupa gigi yang sehat dan kuat, sekalipun usia sudah tidak muda lagi. Benarkah demikian?

Kapur sirih, atau dalam dunia industri dikenal sebagai kalsium hidroksida, adalah bubuk putih yang tidak berbau dan mudah larut di dalam air. Di luar dunia medis, kapur sirih banyak digunakan untuk bahan tambahan dalam produksi kertas, pengolahan limbah, hingga jasa konstruksi.

Apakah ada manfaat kapur sirih untuk kesehatan?

Kapur sirih sudah sejak lama digunakan dalam dunia kesehatan gigi karena kalsium hidroksida memang terkenal mengandung alkalin tinggi (pH 11-12,5). Kadar alkalin bisa didapat dengan mencampur serbuk kapur sirih dengan air sampai bentuknya menjadi seperti pasta gigi, sehingga dapat digunakan sebagai lapisan semen yang keras, namun ringan.

Meski demikian, Anda tidak perlu menunggu hingga sakit gigi untuk merasakan manfaat kapur sirih tersebut di dokter gigi. Secara umum, berikut manfaat kapur sirih yang sayang jika Anda lewatkan.

  • Membunuh kuman pada mulut

Dilihat dari segi medis, nyirih ternyata memang memiliki manfaat. Studi mengungkap bahwa kapur sirih memang bersifat antimikrobial yang dapat menghancurkan bakteri penyebab kerusakan membran serta DNA gigi.

Kapur sirih juga sering digunakan sebagai pengisi saluran akar untuk membunuh bakteri yang masih bersarang di sana setelah gigi Anda dirawat oleh dokter gigi. Kandungan ion hidroksil pada kapur sirih juga dapat memperbaiki formasi akar yang keras sehingga sangat membantu dokter gigi dalam mengobati gigi Anda.

  • Meluruskan rambut

Karena kandungan alkalin yang tinggi, kapur sirih juga banyak digunakan dalam sampo atau krim rambut sebagai hair relaxer. Produk ini adalah krim atau sampo yang dirancang untuk meluruskan rambut keriting tanpa mengakibatkan kerusakan pada kulit kepala Anda.

Manfaat kapur sirih yang satu ini didapat karena sifat kalsium hidroksida memang dapat memecah ikatan sidulfide sehingga rambut keriting akan mudah diluruskan. Ikatan inilah sidulfide ini adalah ikatan yang menyatukan asam amino bernama cysteines (kandungan pada rambut yang membuatnya keriting secara alami).

Apakah kapur sirih juga aman dikonsumsi?

Perdebatan mengenai aman atau tidaknya kapur sirih dikonsumsi oleh manusia sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengonfirmasi bahwa kapur sirih aman digunakan sebagai bahan tambahan pangan (sebagai penstabil, pengatur keasaman, antikempal, dan pengemulsi), asal digunakan tidak berlebihan.

Manfaat kapur sirih dalam industri pembuatan makanan tertentu memang cukup banyak. Beberapa jenis makanan yang sering diolah menggunakan tambahan kapur sirih, antara lain:

  • Kerupuk dan rempeyek, untuk meningkatkan kerenyahan.
  • Acar, agar bahan acar tidak mudah lembek dan digunakan dengan cara merendam bahan acar ke dalam air yang telah diberi kapur sirih selama 10-24 jam.
  • Produk jagung, seperti tepung dan keripik jagung, dengan cara merendam pipilan jagung pada air yang telah diberi kapur sirih agar jagung dapat diolah dengan lebih mudah.
  • Gula, lewat proses yang dinamakan karbonatasi, yakni menghilangkan kotoran pada gula sekaligus meningkatkan stabilitasnya.
  • Jus buah untuk meningkatkan nilai tambahnya.

Untuk mendapatkan manfaat kapur sirih di atas, pastikan kalsium hidroksida yang Anda gunakan sudah berstatus food grade atau aman untuk makanan.

Jangan gunakan kapur sirih secara berlebihan karena dikhawatirkan memicu terjadinya botulisme. Sebagai langkah preventif, selalu cuci bersih bahan makanan yang telah direndam air kapur sirih sampai bersih.

Healthline. https://www.healthline.com/health/calcium-hydroxide
Diakses pada 2 Desember 2019

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/chemistry/calcium-hydroxide
Diakses pada 2 Desember 2019

Scie Pub. http://pubs.sciepub.com/ijdsr/2/6B/1/index.html
Diakses pada 2 Desember 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/181921-calcium-hydroxide-uses/
Diakses pada 2 Desember 2019

BPOM. http://standarpangan.pom.go.id/help-center/bantuan/frequently-asked-questions/bahan-tambahan-pangan/apakah-aman-menggunakan-kapur-sirih-caco3-atau-kalsium-karbonat-dalam-jumlah-banyak-untuk-pembuatan-kerupuk-atau-rempeyek
Diakses pada 2 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed