Berbagai Manfaat Fitur Parental Control dan Rekomendasi Aplikasinya

(0)
01 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Parental control dapat mencegah anak menjadi korban kejahatan onlineParental control bermanfaat untuk menghindarkan anak dari konten-konten di internet yang tidak sesuai usianya
Mengingatkan dan mengajarkan anak untuk berselancar di internet dengan aman merupakan hal penting. Oleh karena itu, orangtua perlu mengontrol dan mencegah anak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya. Salah satu upaya orangtua mengontrol penggunaan gadget anak dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur parental control.

Pengertian parental control

Pengertian parental control adalah perangkat lunak (software) atau peralatan yang memungkinkan orangtua untuk mengontrol dan mengatur penggunaan internet bagi anak-anak.Saat ini, banyak anak-anak yang sudah terbiasa mengakses internet, bahkan sejak usia dini. Yang dikhawatirkan adalah banyak sekali konten atau informasi di internet yang tidak sesuai untuk dikonsumsi anak-anak. Belum lagi, adanya kejahatan online yang menyasar anak di bawah umur sehingga orangtua harus membatasi anak bermain gadget. Salah satunya lewat parental control.Metode dianggap sebagai salah satu cara terbaik dan paling efektif dalam membantu mencegah anak-anak mengakses konten online yang tidak sesuai dengan usianya.

Manfaat parental control

Parental control bertujuan untuk membatasi akses anak-anak dari konten online yang tidak sesuai dengan usianya dan mencegah mereka menjadi pelaku atau korban kejahatan online.Dengan aplikasi parental control, anak-anak hanya dapat mengakses fitur dan informasi online yang telah mendapatkan persetujuan atau tidak dibatasi oleh orangtua.Fitur parental control memungkinkan orangtua untuk:
  • Mengatur batas waktu penggunaan gawai (gadget)
  • Membatasi akses website
  • Memblokir aplikasi dengan menggunakan parental lock
  • Membatasi dengan siapa anak dapat mengobrol secara online
  • Menyembunyikan dan menyaring website yang mengandung kata-kata kotor
  • Mengetahui aktivitas online anak, seperti website yang dikunjungi anak dan aktivitasnya di media sosial
  • Sebagian aplikasi bahkan memungkinkan untuk melacak keberadaan anak.
Manfaat parental control yang paling utama adalah memberikan ketenangan pikiran bagi orangtua saat membiarkan anak mengakses internet. Anak-anak akan dapat berselancar dengan aman di internet dan terhindar dari berbagai konten yang berbahaya.Selain itu, berikut adalah sejumlah manfaat lain dari parental control.
  • Membantu memantau penggunaan perangkat anak
  • Memungkinkan Anda mengelola apa yang anak-anak dapat temukan di mesin pencari
  • Dapat memblokir akses terhadap fitur tertentu pada game
  • Memungkinkan untuk melacak lokasi anak
  • Membantu membentuk kebiasaan berselancar dengan aman di dunia maya
  • Dapat mengatur pembatasan screen time bagi anak
  • Dapat membantu mencadangkan data yang mungkin sewaktu-waktu anak perlukan untuk kebutuhan belajarnya.

Rekomendasi aplikasi parental control untuk smartphone

Ada beberapa aplikasi parental control android terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mendukung peran orangtua dalam mengontrol penggunaan gadget anak usia dini.

1. Qustodio

Qustodio adalah salah satu aplikasi parental control di android yang memiliki fitur lengkap. Selain di ponsel, Qustodio juga dapat digunakan pada komputer, laptop, atau tablet. Aplikasi parental control ini juga dilengkapi dengan fitur pelacak pada wilayah terbatas sehingga Anda dapat mengetahui lokasi anak berada.Ada banyak aplikasi yang dapat diatur dan dibatasi dengan menggunakan Qustodio. Anda juga dapat membatasi waktu penggunaan ponsel atau game yang dapat anak mainkan. Qustodio juga memungkinkan Anda memeriksa dan menyaring berbagai panggilan dan pesan yang masuk pada ponsel anak.

2. Norton Family

Perusahaan keamanan online terkemuka, Norton, juga memiliki aplikasi parental control di android. Aplikasi yang bernama Norton Family Online dapat digunakan untuk mengawasi dan membatasi aktivitas online anak, salah satunya dengan fitur blokir akses website yang tidak sesuai. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini tidak membatasi jumlah perangkat yang digunakan.Aplkasi parental control ini juga dapat digunakan untuk mengatur screen time dan melacak riwayat atau jejak online anak, seperti melacak website apa saja yang telah dikunjunginya. Apabila terdapat hal yang mencurigakan, misalnya upaya untuk mengakses situs porno, aplikasi Norton Family Online akan mengirimkan pemberitahuan pada perangkat yang orangtua gunakan.

3. Kaspersky Safe Kid

Sama halnya dengan Qustodio, Kaspersky Safe Kid juga dapat digunakan pada komputer atau tablet. Dibandingkan aplikasi parental control terbaik lainnya, Kaspersky Safe Kid memiliki harga yang paling murah dengan kualitas yang bersaing.Kaspersky Safe Kid juga dilengkapi dengan fitur melacak lokasi ponsel anak dan memungkinkan Anda untuk mengetahui riwayat pencarian di YouTube serta membaca pesan yang ada di ponsel anak.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips parentingtips mendidik anak
Parent Info. https://parentinfo.org/article/what-are-parental-controls-and-how-can-they-help-children-stay-safe-online
Diakses 17 April 2021
Whit by School. https://www.whitbyschool.org/passionforlearning/do-parental-controls-undermine-trust-kill-creativity-and-stifle-curiosity
Diakses 17 April 2021
Norton. https://us.norton.com/internetsecurity-kids-safety-top-reasons-to-use-parental-controls.html
Diakses 17 April 2021
Toms Guide. https://www.tomsguide.com/us/best-parental-control-apps,review-2258.html
Diakses 17 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait