Berbagai Manfaat Daun Murbei, Salah Satunya Baik untuk Diabetes

Ada banyak manfaat daun murbei untuk kesehatan tubuh
Manfaat daun murbei yang paling terkenal adalah sebagai penurun gula darah

Dari pohon murbei, biasanya hanya bagian buahnya yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Namun, daunnya pun ternyata bisa dikonsumsi, dan umumnya diolah menjadi teh. Teh ini cukup banyak dicari orang. Sebab, manfaat daun murbei untuk kesehatan ternyata cukup beragam.

Salah satu manfaat daun murbei yang paling tersohor adalah membantu penderita diabetes mengontrol kondisinya. Hal ini membuat cukup banyak orang menjadikan daun murbei sebagai salah satu bahan herbal untuk menyehatkan tubuh.

Lebih lengkap, ini manfaat daun murbei

Manfaat buah murbei untuk turunkan kadar gula darah
Daun murbei dipercaya dapat turunkan kolesterol

Tidak hanya untuk mengontrol gula darah, daun murbei juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol hingga meredakan peradangan di tubuh. Lebih lengkap, berikut ini manfaat daun murbei yang bisa Anda dapatkan.

1. Menurunkan kadar gula darah

Daun murbei mengandung beberapa komponen yang dapat membantu mengontrol diabetes. Komponen-komponen tersebut, akan membantu mencegah penyerapan karbohidrat berlebih di saluran cerna, sehingga kadar gula darah bisa terjaga di kadar normal.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun murbei yang satu ini didapatkan dari ekstraknya. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi ekstrak daun murbei tiga kali sehari sebelum makan, terbukti dapat menurunkan kolesterol total, kadar trigliserida, serta kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Meski begitu, penelitian ini hanya dilakukan dalam skala yang kecil. Sehingga, masih dibutuhkan penelitian pendukung yang dilakukan dalam skala yang lebih besar untuk benar-benar memastikan bahwa penurunan kolesterol yang terjadi memang konsisten.

3. Mengurangi peradangan

Daun murberi juga memiliki sifat antiradang, sehingga bisa mengurangi risiko tubuh mengalami berbagai penyakit kronis. Teh daun murbei juga disebut berpotensi mengurangi nyeri yang ditimbulkan akibat peradangan di tubuh.

4. Menjaga kesehatan rongga mulut

Sebuah penelitian dilakukan dengan menambahkan ekstrak daun murbei ke dalam permen karet. Hasilnya, permen karet tersebut terbukti efektif mengurangi jumlah bakteri S. mutans di rongga mulut. Bakteri tersebut adalah penyebab utama gigi berlubang.

Manfaat daun murbei salah satunya untuk jaga kesehatan hati
Ekstrak daun murbei bisa jaga kesehatan hati

5. Baik untuk kesehatan hati

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji dan di laboratorium, ekstrak daun murbei terbukti dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Selain itu, bahan ini juga mampu mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi di hati.

6. Membantu penurunan berat badan

Kemampuan daun murbei untuk menurunkan berat badan terbukti pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji. Penelitan tersebut menyebutkan bahwa daun murbei bisa meningkatkan kadar pembakaran lemak di tubuh.

7. Mencegah perubahan warna kulit

Ekstrak daun mulberi juga dipercaya dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap pada area tertentu, sehingga menyebabkan kulit menjadi belang.

Meski manfaat daun murbei di atas terlihat menggiurkan, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab, bahan alami pun tetap berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh, seperti alergi.

Sebaiknya, jangan jadikan konsumsi daun murbei sebagai pengobatan utama. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai gangguan kesehatan yang Anda alami. Gunakanlah daun murbei sebagai minuman herbal pendamping, setelah dokter memberikan lampu hijau bahwa kandungan yang ada di dalamnya tidak akan berinteraksi dengan obat-obatan lain.

Perhatikan risiko konsumsi daun murbei

Pada beberapa orang, daun murbei bisa menyebabkan diare
Daun murbei bisa menyebabkan diare pada beberapa orang

Secara umum, konsumsi daun murbei memang aman. Meski begitu, daun ini bisa memicu terjadinya efek samping bagi beberapa orang, seperti:

Selain itu, para pengidap diabetes juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Sebab, daun ini bisa memengaruhi kadar gula darah di tubuh.

Karena belum banyak penelitian yang dilakukan dalam skala besar untuk membuktikan manfaat daun murbei, kelompok individu yang rentan terhadap penyakit seperti anak-anak dan ibu hamil, sebaiknya tidak mengonsumsinya.

Catatan dari SehatQ

Manfaat daun murbei memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Secara tradisional, tanaman ini sudah cukup sering dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti diabetes dan kolesterol tinggi. Hal ini membuat banyak peneliti ingin memastikannya secara ilmiah.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara lengkap meneliti manfaat daun murbei untuk kesehatan manusia. Penelitian yang ada umumnya dilakukan, masih menggunakan hewan uji atau dengan tes di laboratorium.
Sehingga, saat Anda ingin mencoba mengonsumsinya, sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari risiko serta efek samping yang mengganggu kesehatan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mulberry-leaf
Diakses pada 4 Februari 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-white-mulberry-88659
Diakses pada 4 Februari 2020

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/mulberries.html
Diakses pada 4 Februari 2020

Artikel Terkait