Mengintip Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan yang Beragam

Anda bisa merasakan manfaat bunga rosella, dengan mengonsumsinya dalam bentuk teh.
Salah satu manfaat bunga rosella adalah mengontrol kadar lemak dalam darah.

Tidak hanya enak dipandang, bunga rosella rupanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat bunga rosella, sangat beragam, mulai dari membantu menurunkan darah tinggi serta kolesterol, hingga baik untuk penderita diabetes.

Tentu, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsinya begitu saja. Biasanya, bunga ini dinikmati dalam bentuk teh rosella, setelah sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu.

Mengenal manfaat bunga rosella

Berikut ini, manfaat bunga rosella untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan.

  1. Kaya akan antioksidan

    Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menangkal berbagai dampak berbahaya yang bisa muncul akibat radikal bebas. Sebab, radikal bebas bisa merusak sel-sel di tubuh kita.
    Mengonsumsi teh rosella, dianggap dapat menjadi salah satu usaha untuk mengurangi dampak radikal bebas di tubuh, dan melindungi tubuh dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi.
    Namun perlu diingat, mengonsumsi teh rosella tidak semata-mata akan membuat Anda bebas dari penyakit. Ini hanyalah salah satu usaha kecil, jika dibandingkan dengan menjalani pola hidup yang sehat.
  2. Membantu menurunkan tekanan darah

    Mengonsumsi teh rosella, dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kesimpulan ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan pada 390 orang penderita hipertensi. Hasilnya, penderita hipertensi yang mengonsumsi teh rosella setiap hari mampu menurunkan tekanan darah sistolik rata-rata 7,5 mmHg dan tekanan darah diastolik rata-rata 3,53 mmHg.
    Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Sebab, jumlah sampel dari satu penelitian belum cukup untuk menyimpulkan khasiat bunga rosella secara keseluruhan.
  3. Baik untuk kesehatan hati

    Studi yang mempelajari mengenai manfaat bunga rosella dan kesehatan hati, sudah pernah dilakukan, baik pada hewan uji maupun pada manusia. Tanaman ini, dinilai dapat membantu hati kita bekerja dengan lebih optimal.
    Namun, penelitian tersebut dilakukan dengan pemberian ekstrak bunga rosella dan bukan teh rosella. Sehingga, kadarnya jauh lebih tinggi.
  4. Mengontrol kadar gula dalam darah

    Mengonsumsi teh rosella, dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol kadar gula dalam darahnya. Manfaat ini diketahui dari penelitian yang dilakukan pada hewan uji yang disuntikkan ekstrak bunga rosella.
    Hasilnya, metode tersebut dapat menurunkan kadar gula darah pada hewan uji sebanyak 12%. Tentu saja, hasil penelitian dari hewan uji belum bisa benar-benar mewakili manfaat klinis pada manusia. Sehingga, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.
  5. Menurunkan kadar lemak dalam darah

    Mengonsumsi teh rosella juga dianggap dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam darah. Jika berlebihan, konsumsi teh rosella bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.
    Bunga rosella juga disebut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Namun, beberapa penelitian yang sudah berlangsung, belum menemukan mufakat akan manfaat bunga rosella yang satu ini.
  6. Baik untuk Anda yang sedang diet

    Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat bunga rosella yang satu ini. Namun, dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, ekstrak bunga rosella dapat membantu menurunkan berat badan, lemak di tubuh, mendukung indeks massa tubuh, serta rasio pinggang ke pinggul yang ideal.
  7. Berguna untuk melawan bakteri yang masuk ke tubuh

    Penelitian mengenai hal ini belum pernah dilakukan secara langsung di hewan uji maupun manusia. Uji coba yang ada, hanya dilakukan di laboratorium menggunakan bakteri tertentu. Hasilnya, bunga rosella positif dapat melawan bakteri jenis tertentu.
  8. Dipercaya berpotensi untuk mencegah kanker

    Bunga rosella mengandung polifenol. Polifenol sudah terbukti sebagai komponen yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Meski begitu, mengonsumsi bunga rosella tidak semata-mata bisa mencegah kanker. Dibutuhkan kadar polifenol tertentu agar komponen ini dapat bekerja dengan baik.

Risiko mengonsumsi bunga rosella berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi rosella disebut berpotensi meningkatkan risiko terjadinya kerusakan hati. Selain itu, bagi Anda yang juga sedang rutin mengonsumsi obat, berkonsultasilah pada dokter sebelum meminum teh rosella.

Sebab, kandungan yang ada di dalam tanaman ini dianggap dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat hidroklorotiazid dan asetaminofen. Interaksi obat yang terjadi, bisa melemahkan efek obat di tubuh dan memperlambat penyembuhan.

Ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi teh rosella.

Meski manfaat bunga rosella cukup menggiurkan, jangan sampai Anda terlena dan mengonsumsinya secara berlebihan jika tidak ingin terkena risikonya. Waspadai juga risiko alergi yang mungkin muncul, meski rosella merupakan bahan alami.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hibiscus-tea-benefits
Diakses pada 14 November 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-hibiscus-tea-89620
Diakses pada 14 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318120.php
Diakses pada 14 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed