Berbagai Manfaat Buah-Buahan bagi Kesehatan dan Jenis Buah yang Direkomendasikan

(0)
20 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah-buahan utamanya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhBuah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Di bidang botani, pengertian buah adalah struktur penghasil biji dari ovarium pada tanaman berbunga. Buah adalah tempat menyimpan cadangan makanan dan tempat biji berdiam. Sedangkan, bagian tanaman lain, seperti daun, akar dan batang, termasuk dalam kategori sayur-mayur.Akan tetapi, ada beberapa jenis buah secara botani yang dimasukkan dalam kategori sayur-mayur dalam bidang kuliner. Beberapa jenis buah dengan kategori tumpang tindih ini meliputi tomat, terong, mentimun, dan paprika.Pengelompokan tersebut sebetulnya hanya berkaitan dengan pemberian label saat pemasaran atau cara buah tersebut dikonsumsi. Hal ini sama sekali tidak menurunkan manfaat buah-buahan tersebut yang tentunya sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat buah-buahan bagi kesehatan

Manfaat makan buah bukan hanya sebatas membuat perut kenyang. Faktanya, ada banyak manfaat buah-buahan bagi kesehatan. Buah segar merupakan sumber vitamin, mineral, serta berbagai nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh.Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, manfaat buah-buahan yang bisa Anda nikmati utamanya adalah menjaga kondisi dan fungsi berbagai organ tubuh sekaligus mencegah penyakit. Fungsi buah lainnya yang juga bermanfaat adalah sumber serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Lebih jauh lagi, buah segar merupakan sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan dalam jangka panjang.Konsumsi buah-buahan segar secara rutin dapat menurunkan berbagai risiko gangguan kesehatan. Mulai dari sakit kepala, peradangan, hingga gangguan kesehatan serius, termasuk penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), kanker, dan diabetes.Buah-buahan segar umumnya juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Buah-buahan segar yang direkomendasikan

Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang dapat Anda pilih. Meski demikian, ada beberapa jenis buah-buahan yang dianggap memiliki manfaat lebih tinggi dibandingkan buah-buah lainnya. Selain karena rendah kalori, buah-buahan berikut juga padat akan nutrisi.

1. Apel

Manfaat makan buah apel sangat baik bagi pencernaan. Apel memiliki kandungan serat tinggi, khususnya jika dikonsumsi dengan kulitnya.Mengonsumsi buah apel secara rutin bahkan telah terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, kanker, dan diabetes, serta bermanfaat untuk kesehatan usus.

2. Buah-buahan beri

Buah-buahan beri umumnya kaya akan serat, flavonoid, air, dan segudang nutrisi lainnya. Salah satu manfaat buah-buahan beri yang cukup vital adalah meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan.Beberapa jenis buah-buahan beri yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin, antara lain stroberi, blackberry, dan blueberry.

3. Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus adalah jenis buah jeruk-jerukan. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C sekaligus berbagai jenis antioksidan lainnya yang sangat baik untuk sistem imun tubuh.Salah satu manfaat buah-buahan sitrus adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi sehingga bisa membantu memulihkan dan menyembuhkan peradangan. Kandungan antioksidan pada buah-buahan sitrus juga bermanfaat dalam menghalau radikal bebas yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.Beberapa jenis buah-buahan sitrus yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin adalah lemon, jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, dan lain-lain.

4. Delima

Selain kaya nutrisi, delima juga diperkaya dengan berbagai senyawa yang menguntungkan kesehatan tubuh Anda. Salah satu manfaat buah delima yang penting bagi tubuh adalah mampu mengatasi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kanker karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

5. Mangga

Selain kaya akan vitamin C, mangga juga mengandung serat larut yang baik bagi kesehatan. Manfaat buah mangga tidak hanya meredakan peradangan, tapi juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, misalnya diabetes.

6. Nanas

Fungsi buah nanas bagi kesehatan sangat banyak. Nanas mengandung senyawa bromelain yang kaya akan manfaat, misalnya meredakan peradangan di hidung dan meringankan sinusitis. Kandungan mangan pada nanas juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan jaringan tubuh Anda.

7. Pisang

Pisang telah dikenal sebagai sumber kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Selain itu, buah ini merupakan sumber energi yang baik dan membuat perut lebih cepat kenyang.Itulah manfaat buah-buahan dan jenis buah-buahan segar yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Apabila Anda tidak memiliki kondisi kesehatan yang membatasi asupan nutrisi tertentu, maka tidak ada batasan untuk mengonsumsi buah. Semakin beragam buah-buahan yang Anda konsumsi, semakin banyak kebutuhan nutrisi yang dapat Anda penuhi.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Live Science. https://www.livescience.com/33991-difference-fruits-vegetables.html
Diakses 5 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324431
Diakses 5 Maret 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3649719/
Diakses 5 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses 5 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait