Berbagai Makanan untuk Penderita Batu Empedu yang Direkomendasikan


Sejumlah makanan untuk batu empedu dapat membantu meredakan gejala-gejalal yang muncul. Beberapa makanan yang dimaksud, di antaranya buah dan sayur segar, olahan susu rendah lemak, ikan, daging tanpa lemak, hingga kacang-kacangan.

0,0
01 Sep 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu makanan untuk penderita batu empedu adalah buah dan sayurBuah dan sayur merupakan makanan untuk penderita batu empedu
Batu empedu merupakan benda kecil seperti batu yang tumbuh di dalam empedu atau di salurannya. Kondisi ini dapat menimbulkan sejumlah masalah bagi sebagian penderitanya, seperti sakit perut, kembung, mual, hingga muntah. Untuk membantu meredakan masalah ini, Anda bisa mengonsumsi makanan untuk penderita batu empedu.Meski tidak ada makanan 'penghancur' batu empedu, menjalani pola makanan sehat dan menjaga berat badan dalam angka yang ideal, dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu dan meredakan gejala-gejala yang menimbulkan ketidaknyamanan jika Anda telah divonis memiliki batu empedu. Mari kenali lebih lanjut seputar jenis makanan untuk batu empedu yang bisa dikonsumsi.

Makanan untuk penderita batu empedu

Pola makan yang baik untuk penderita batu empedu meliputi buah dan sayur segar, daging tanpa lemak, olahan susu yang rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh (termasuk olahannya). Berikut adalah masing-masing penjelasan seputar makanan untuk penderita batu empedu ini

1. Buah dan sayur segar

Buah dan sayur segar
Buah dan sayur segar dianggap baik untuk empedu
Pola makan seimbang yang melibatkan banyak buah dan sayur segar dianggap sebagai cara terbaik untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan empedu.Buah dan sayur umumnya kaya akan serat, yakni salah satu nutrisi yang paling penting bagi kesehatan empedu. Buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, vitamin B, atau kalsium, juga direkomendasikan karena berbagai nutrisi ini dinilai baik untuk empedu.Buah untuk batu empedu yang bisa Anda konsumsi, di antaranya buah-buahan sitrus (jeruk dan teman-temannya), apel, pir, stroberi, kiwi, hingga pepaya. Khusus untuk yang terakhir, manfaat pepaya untuk batu empedu juga patut dipertimbangkan karena telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan kembung, yang notabene merupakan salah satu gejala batu empedu.Sementara itu, sayur untuk batu empedu yang direkomendasikan, antara lain brokoli, sayuran berdaun hijau, tomat, hingga paprika. Pastikan Anda mengonsumsi sayur dan buah untuk batu empedu ini setidaknya lima porsi dalam sehari.

2. Daging tanpa lemak

Makanan untuk penderita batu empedu lainnya adalah daging tanpa lemak. Anda bisa mengonsumsi daging ayam atau kalkun tanpa kulit hingga daging merah yang lemaknya sedikit.Alasan mengapa Anda harus mengonsumsi makanan untuk batu empedu ini adalah daging merah biasa mengandung lebih banyak kolesterol dan lemak ketimbang daging tanpa lemak.Konsumsi makanan ini secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas, yang notabene merupakan salah satu faktor risiko dari batu empedu.Orang-orang yang obesitas dinilai memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan batu empedu. Kadar kolesterol berlebih dalam tubuh Anda juga dapat mengeras menjadi kristal, yang nantinya berubah menjadi batu empedu.

3. Olahan susu rendah lemak

Keju rendah lemak
Keju rendah lemak juga disarankan untuk penderita batu empedu
Berbagai olahan susu rendah lemak juga termasuk dalam makanan untuk penderita batu empedu. Ada berbagai pilihan produk olahan susu rendah lemak yang bisa Anda konsumsi, mulai dari keju, yogurt, hingga susu itu sendiri. Cobalah untuk mengonsumsi makanan untuk batu empedu ini sekitar 2-3 porsi setiap harinya.Pola makan yang rendah lemak, termasuk berbagai olahan susu ini, dianggap dapat membantu meredakan gejala batu empedu yang Anda alami karena kantong empedu tidak akan dirangsang untuk melepaskan cairan empedu ke dalam usus kecil.

4. Ikan

Sama seperti daging tanpa lemak, ikan dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein bagi penderita batu empedu. Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna, atau trout yang kaya akan asam lemak omega-3.Jika Anda mengalami gejala-gejala batu empedu setelah mengonsumsi ikan berlemak ini, sebaiknya Anda hindari atau mengurangi porsinya. Namun, jika tidak timbul gejala, Anda seharusnya bisa mengonsumsi jenis ikan apa pun.Varian ikan lainnya yang rendah lemak juga bisa Anda konsumsi, seperti ikan kod, pollock, dan flounder (sejenis ikan sebelah).Anda juga dapat menikmati makanan laut lainnya, seperti udang, lobster, hingga kepiting biru. Makanan laut jenis kerang-kerangan ini juga termasuk makanan tinggi protein dan rendah lemak jenuh, yang tentunya baik bagi kesehatan empedu Anda. 

5. Kacang-kacangan

Kacang almond
Kacang almond kaya akan serat yang baik untuk empedu
Dilansir dari Harvard Health, mengonsumsi kacang-kacangan dapat mencegah Anda dari berbagai masalah kantong empedu, termasuk batu empedu.Sebab, lemak yang terkandung dalam makanan ini umumnya adalah lemak tak jenuh yang baik dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh Anda.Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein dan serat yang baik sehingga dapat digolongkan sebagai makanan untuk penderita batu empedu.Beberapa jenis kacang-kacangan yang cocok dijadikan camilan untuk batu empedu, di antaranya almond, kenari, pistachio, pecan, mete, hingga kacang Brasil.Meski cocok dijadikan camilan untuk penderita batu empedu, Anda sebaiknya jangan mengonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan karena kandungan kalorinya yang tinggi. Konsumsi makanan untuk penderita batu empedu ini sewajarnya saja untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

6. Biji-bijian utuh

Beberapa jenis biji-bijian utuh, seperti oat, beras merah, quinoa, barley, hingga biji chia, dapat dikonsumsi penderita batu empedu karena kandungan seratnya yang tinggi.Pola makan yang tinggi serat dianggap dapat membantu mencegah lebih banyak batu empedu terbentuk. Anda juga bisa mengonsumsi berbagai produk olahan biji-bijian utuh tersebut, misalnya dalam bentuk roti, sereal, hingga pasta.Di samping beberapa jenis makanan untuk penderita batu empedu di atas, Anda juga bisa mengonsumsi kacang kedelai dan berbagai olahannya, misalnya tahu dan tempe.Dilansir dari Livestrong, kacang kedelai dianjurkan untuk dikonsumsi penderita batu empedu karena makanan ini merupakan alternatif sumber protein yang lebih baik ketimbang sumber-sumber protein lainnya yang tinggi lemak.Di sisi lain, ada pula jenis makanan pantangan batu empedu yang perlu dihindari, seperti makanan tinggi lemak, minyak sayur, hingga makanan olahan. Konsumsi makanan ini dianggap bisa memparah batu empedu yang Anda alami.Itulah beberapa jenis makanan untuk batu empedu. Meski tidak ada makanan penghancur batu empedu, berbagai makanan di atas setidaknya dapat membantu meredakan gejala batu empedu yang mengganggu dan mencegah pembentukan batu empedu lainnya.Jika konsumsi jenis-jenis makanan ini tidak membantu, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbatu empedu
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/7313-gallstones
Diakses pada 25 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits
Diakses pada 25 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/gallbladder-diet
Diakses pada 25 Agustus 2021
Healthlink British Columbia. https://www.healthlinkbc.ca/healthy-eating/gallbladder-disease
Diakses pada 25 Agustus 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/343518-whey-soy-protein-effects-on-the-gallbladder/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/550947-is-seafood-okay-to-eat-with-gallstones/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/140506-foods-you-can-eat-with-gallstones/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Patient.Info. https://patient.info/news-and-features/gallstones-diet-sheet
Diakses pada 25 Agustus 2021
The Conversation. https://theconversation.com/got-gallstones-heres-what-to-eat-and-avoid-53229
Diakses pada 25 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/gallbladder-diet-foods-for-gallbadder-problems
Diakses pada 25 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait