Berbagai Makanan Penyebab Vertigo Kambuh, Sudah Tahu?

(0)
Untuk mencegah vertigo kambuh, penting untuk menghindari makanan penyebab vertigo kambuhVertigo adalah sensasi berputar-putar luar biasa di kepala
Vertigo kambuh memang bisa membuat tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan penderitanya. Bagaimana tidak, vertigo dapat menyebabkan sensasi berputar-putar luar biasa di kepala penderita yang merasakannya. Bahkan, gangguan ini juga dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.Meski vertigo dapat hilang dengan sendirinya, Anda juga perlu menghindari minuman dan makanan penyebab vertigo kambuh agar gejala vertigo tidak terus menyiksa sewaktu-waktu. Apa saja makanan penyebab vertigo kambuh yang harus dihindari?

Apa penyebab vertigo kambuh?

Vertigo adalah sensasi berputar-putar luar biasa di kepala. Hal ini dapat dipengaruhi oleh fungsi vestibular pada telinga bagian dalam, di mana bagian dari telinga inilah yang bertanggung jawab atas keseimbangan yang Anda rasakan dan perasaan posisi Anda di suatu tempat.Gangguan fungsi vestibular pada telinga bagian dalam dapat menyebabkan Anda merasa kehilangan keseimbangan dan mengalami gejala vertigo kambuh. Misalnya, pusing, sakit, kepala, mual, dan muntah. Pada beberapa kasus, vertigo kambuh dapat hilang dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan.Meski tidak ada makanan atau minuman yang menjadi penyebab langsung vertigo, tak ada salahnya Anda menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu agar gejala vertigo tidak terus mengganggu.

Minuman dan makanan penyebab vertigo kambuh yang sebaiknya dihindari

Ada beberapa jenis minuman dan makanan yang dapat membantu menurunkan risiko vertigo kambuh. Lantas, apa saja jenis minuman dan makanan penyebab vertigo kambuh yang sebaiknya dihindari?

1. Makanan yang mengandung banyak garam

Popcorn menjadi makanna penyebab vertigo kambuh
Makanan tinggi garam bisa mengganggu keseimbangan pada telinga bagian dalam
Salah satu makanan penyebab vertigo kambuh adalah makanan yang mengandung banyak garam. Penderita vertigo disarankan untuk hanya mengonsumsi asupan garam 1,000-1,500 miligram per hari.Makan makanan yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan retensi air berlebih sehingga memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan pada tubuh Anda.Selain itu, makanan yang mengandung banyak garam berisiko mengganggu keseimbangan pada telinga bagian dalam sehingga menyebabkan vertigo kambuh.Contoh makanan yang mengandung banyak garam, yaitu keripik kentang, keju, popcorn, makanan kaleng olahan, saus kedelai, acar, dan makanan yang difermentasi lainnya.Sebagai solusinya, ganti menu makanan yang mengandung banyak garam dengan sayur dan buah-buahan segar, daging merah, daging putih, dan ikan.

2. Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula

Vertigo kambuh bisa disebabkan oleh konsumsi minuman soda
Minuman berkarbonasi mengandung tinggi gula
Makanan penyebab vertigo kambuh berikutnya adalah yang mengandung tinggi gula. Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula dapat memengaruhi naik turunnya volume cairan dalam telinga Anda. Akibatnya, peningkatan risiko gejala vertigo kambuh dapat terjadi.Beberapa makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula, termasuk gula pasir, gula merah, madu, sirup maple, minuman soda, jus buah-buahan yang mengandung gula, minuman atau makanan manis, serta makanan atau minuman dengan pemanis tambahan (aspartam).Maka dari itu, penderita vertigo dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula berlebih dan memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks, seperti polong-polongan, biji-bijian utuh, kentang, dan sayuran.

3. Makanan dan minuman yang mengandung tyramine

Makanan dan minuman penyebab vertigo kambuh lainnya adalah yang mengandung tyramine. Tyramine adalah asam amino yang dapat ditemukan dalam makanan dan minuman yang diketahui dapat memicu migrain dan kondisi lainnya, termasuk pusing dan vertigo.
Pisang mengandung tyramine sehingga jadi penyebab vertigo kambuh
Meski menyehatkan, pisang dapat memicu vertigo kambuh pada penderitanya
Beberapa contoh makanan dan minuman yang mengandung tyramine penyebab vertigo kambuh, yaitu:
  • Hati ayam
  • Daging asap
  • Cokelat
  • Pisang
  • Buah-buahan citrus, seperti jeruk, lemon
  • Buah ara
  • Selai kacang
  • Kacang-kacangan
  • Keju (keju feta dan keju parmesan)
  • Red wine

4. Makanan yang mengandung monosodium glutamate (MSG)

Monosodium glutamate (MSG) adalah asam glutamat yang secara alami terdapat dalam tubuh. Namun, MSG juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan camilan sebagai penyedap rasa tambahan.Jika makanan mengandung MSG dikonsumsi oleh penderita vertigo yang berasosiasi dengan migrain, maka dapat merangsang neurotransmitter dan menyebabkan serangan vertigo kambuh.Makanan yang mengandung MSG dapat berasal dari snack ringan, makanan cepat saji khas Cina, hingga saus barbeque dan saus salad yang mudah ditemukan di pasaran.

5. Makanan yang dapat memicu peradangan

Peradangan merupakan suatu respons akibat adanya infeksi. Hal ini pula yang dapat mengganggu fungsi vestibular pada telinga bagian dalam, termasuk vertigo, menjadi lebih parah dalam jangka waktu yang lama.Beberapa jenis makanan yang dapat memicu peradangan sehingga menjadi penyebab vertigo kambuh adalah makanan gorengan, aneka jenis roti dan pastry, daging merah, margarin, serta daging olahan (seperti sosis, nugget, dan daging asap)

6. Minuman yang mengandung kafein

kopi merupakan jenis minuman penyebab vertigo kambuh
Kafein dalam kopi dapat memicu vertigo kambuh
Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, dan minuman berenergi, juga dapat meningkatkan risiko vertigo kambuh.Pasalnya, kafein merupakan salah satu stimulan yang dapat memicu denging di telinga. Selain itu, minuman berkafein juga memiliki sifat diuretik, di mana tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui urine.Padahal, penderita vertigo dianjurkan untuk mencukupi asupan air putih yang cukup dalam tubuh guna mengurangi pusing dan masalah ketidakseimbangan tubuh saat berpindah posisi yang memicu gejala vertigo kambuh.

7. Minuman beralkohol

Vertigo kambuh dapat disebabkan oleh konsumsi wine
Minuman beralkohol dapat mengganggu sistem metabolisme penderita vertigo
Bagi Anda yang rentan mengalami vertigo kambuh, sebaiknya hindari minuman beralkohol. Sebab, minuman beralkohol dapat memperparah gejala vertigo, seperti pusing, kehilangan keseimbangan, hingga munculnya rasa mual.Minuman beralkohol juga berdampak negatif pada sistem metabolisme karena tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui urine. Alhasil, metabolisme pada otak dan telinga bagian dalam Anda juga dapat semakin terganggu.Selain itu, minuman beralkohol dapat memicu vertigo kambuh dengan cara mengubah volume dan komposisi cairan di telinga bagian dalam.

Makanan dan minuman yang tidak dapat memicu vertigo kambuh

Ada beberapa jenis makanan untuk penderita vertigo yang terbukti aman dan menurunkan risiko vertigo kambuh. Apa sajakah itu?

1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah tanaman herbal asal Tiongkok yang telah terbukti dapat membantu mengurangi vertigo kambuh. Tanaman ini diyakini dapat melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga membantu mengurangi keluhan pusing dan gangguan keseimbangan.

2. Jahe

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science mengungkapkan bahwa jahe dapat mengurangi keluhan yang timbul akibat vertigo kambuh.Untuk mendapatkan manfaat satu ini, Anda perlu merendam akar jahe dalam air mendidih selama 5 menit. Tuang ke gelas dan campurkan madu secukupnya. Anda dapat meminumnya dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

3. Kacang almond

Kacang almond banyak mengandung vitamin A, B, dan E. Mengonsumsi segenggam kacang almond setiap hari dapat membantu dalam mengurangi keluhan-keluhan akibat vertigo.Meski belum jelas bagaimana kacang almond bekerja dalam mengurangi gejala tersebut, kandungan vitamin-vitamin tersebut diduga sangat membantu dalam mengurangi gejala vertigo. Oleh sebab itu, kacang almond menjadi salah satu makanan yang tidak dapat memicu vertigo kambuh.

4. Asupan vitamin D

Pusing dan vertigo kambuh juga bisa menjadi gejala kekurangan vitamin D. Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology mengemukakan bahwa partisipan penelitian yang kekurangan vitamin D mengalami risiko vertigo kambuh yang jauh lebih tinggi.Nah, dengan meningkatkan asupan vitamin D dipercaya dapat mencegah kekambuhan vertigo. Maka dari itu, jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin sebaiknya selalu ada sebagai menu makanan untuk penderita vertigo. Misalnya, tuna, salmon, hati sapi, dan kuning telur.Berbagai jenis makanan dan minuman di atas mungkin belum tentu efektif bagi setiap penderita vertigo. Pasalnya, setiap penderita vertigo memiliki gejala vertigo yang berbeda-beda. Maka dari itu, minuman dan makanan penyebab vertigo kambuh tersebut tidak dapat disamaratakan bagi seluruh penderita vertigo.Alangkah baiknya, lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai makanan penyebab vertigo kambuh. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi menu makanan sehari-hari yang dapat menurunkan gejala vertigo Anda agar tidak kambuh melulu.
vertigo
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/445902-foods-avoid-vertigo/
Diakses pada 17 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492#symptoms
Diakses pada 17 Juni 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/hs/migraine/foods-that-trigger-migraine/
Diakses pada 17 Juni 2020
Web Md. https://www.webmd.com/brain/vertigo-symptoms-causes-treatment#1
Diakses pada 17 Juni 2020
Journal of Neurology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23096068/
Diakses pada 17 Juni 2020
Journal of Acupuncture and Tuina Science. https://link.springer.com/article/10.1007/s11726-016-0897-3
Diakses pada 17 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait