Berbagai Makanan dan Minuman Penambah Stamina Alami yang Mudah Didapatkan


Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman penambah stamina alami untuk mendapatkan energi tambahan secara instan. Jenis minuman dan makanan penambah stamina tersebut meliputi teh hijau, yogurt, pisang, telur, hingga sayuran berdaun hijau.

0,0
05 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu minuman penambah stamina adalah jus buah bitJus buah bit dianggap dapat meningkatkan stamina saat berolahraga
Produk makanan dan minuman penambah stamina instan bisa Anda temukan di mana-mana. Namun, tidak jarang produk-produk tersebut memiliki kadar gula tinggi, bahkan mengandung tambahan pengawet dan bahan kimia berbahaya.Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba minuman dan makanan penambah stamina alami dengan bahan-bahan yang tentunya lebih menyehatkan.

Minuman penambah stamina alami

Berikut adalah beberapa minuman penambah stamina alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

1. Air putih

Air putih adalah minuman tanpa kalori yang merupakan bagian penting dalam menjaga stamina, kesegaran, dan kesehatan tubuh.Akan tetapi, jika Anda berolahraga lebih dari satu jam dengan latihan cukup berat seca rutin, Anda mungkin membutuhkan tambahan kalori (karbohidrat) untuk mendorong kinerja tubuh supaya lebih optimal.

2. Kopi

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat membantu mengurangi rasa lesu dan kelelahan. Senyawa ini dapat merangsang dan memberikan energi pada otak sehingga membuatnya lebih waspada dan aktif.

3. Sari kunyit

Minuman penambah tenaga berikutnya adalah kunyit. Kandungan senyawa kurkumin yang dimiliki kunyit dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.Kunyit memiliki sifat antiradang yang membantu pemulihan energi dan meningkatkan stamina, ketahanan tubuh, serta mendorong perbaikan otot. Anda juga dapat menggunakan kunyit sebagai bumbu untuk makanan penambah stamina.

4. Jus buah bit

Jus buah bit juga digolongkan sebagai minuman penambah stamina yang telah terbukti secara ilmiah.Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Exeter, peserta penelitian yang mengonsumsi mampu berolahraga hingga 16 persen lebih banyak dari yang lain, serta dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

5. Yogurt

Yogurt adalah minuman penambah stamina yang mengandung probiotik, yakni senyawa yang sangat baik untuk daya tahan dan kesehatan tubuh.Kandungan vitamin B yang dimiliki yogurt juga dapat meningkatkan fungsi mitokondria untuk melepaskan energi agar Anda tetap aktif.Anda dapat mencampur topping yogurt dengan makanan penambah tenaga, seperti pisang atau oatmeal, untuk mendapatkan tambahan energi ekstra.

6. Teh hijau

Kandungan polifenol pada teh hijau mampu melawan stres dan kelelahan sehingga dapat dianggap sebagai salah satu minuman penambah stamina.Dilansir dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Physiology Society, mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh sampai dengan 24 persen selama latihan.

Makanan penambah stamina

Ikan salmon
Ikan berlemak seperti salmon dianggap dapat meningkatkan stamina 
Selain lewat minuman penambah stamina, asupan makanan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan  stamina Anda.

1. Pisang

Pisang adalah buah penambah stamina yang kaya akan magnesium. Mineral ini dianggap penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan merupakan sumber energi praktis yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda saat berolahraga.

2. Telur

Telur adalah makanan penambah tenaga yang kaya protein. Makanan ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda saat berolahraga dan membantu memulihkan otot-otot Anda setelah berolahraga.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dianggap sebagai makanan yang dapat memberikan energi secara instan sehingga bisa dianggap sebagai makanan penambah stamina.Kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki kacang-kacangan dapat bekerja sebagai suplemen ergogenik, yakni senyawa-senyawa yang dapat meningkatkan performa atletik Anda.

4. Beras merah

Karbohidrat pada beras merah dapat menjadi sumber energi utama supaya Anda bisa tetap aktif sepanjang hari.Kandungan pati yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi pada beras merah juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, memberi energikan pada tubuh, dan membantu menjaga tingkat stamina.

5. Ubi Jalar

Selain sebagai sumber karbohidrat, kandungan mangan pada ubi jalar dapat membantu proses metabolisme nutrisi-nutrisi penting di dalam tubuh sehingga dapat melepaskan energi terus-menerus.

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, terutama kale dan bayam, merupakan sumber zat besi dan vitamin C yang digolongkan sebagai makanan penambah stamina. Berbagai sayuran ini bermanfaat dalam membantu meningkatkan energi dan mencegah kelelahan.

7. Ikan berlemak

Ikan berlemak, misalnya salmon, dapat mencegah kelelahan kronis dan menjaga kekuatan imun tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B12 pada jenis ikan ini juga dapat membantu metabolisme energi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan stamina.

8. Daging ayam

Daging ayam termasuk makanan penambah stamina yang kaya protein. Olahannya berupa sari pati ayam bahkan secara ilmiah terbukti membantu meningkatkan kesehatan, metabolisme, kinerja olahraga, serta mengatasi kelelahan.Itulah sejumlah makanan dan minuman penambah stamina yang bisa Anda konsumsi. Konsumsi asupan tersebut dinilai lebih efektif jika Anda mengiringinya dengan pola hidup sehat, seperti olahraga dan meditasi.Anda juga perlu menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol, untuk membantu menjaga kinerja dan ketahanan tubuh Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
minuman proteinmakanan sehat
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/best-foods-to-increase-your-stamina/
Diakses 23 Agustus 2021
RDX Sports. http://blogs.rdxsports.com/homemade-drinks-boost-stamina/
Diakses 23 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/how-to-increase-stamina
Diakses 23 Agustus 2021
Endurelite. https://endurelite.com/blogs/free-nutrition-supplement-and-training-articles-for-runners-and-cyclists/sports-drinks-for-endurance-athletes-the-good-the-bad-the-ugly
Diakses 23 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait