Berbagai Macam Penyebab Jari Tangan Kesemutan dan Cara Mengatasinya


Beragam faktor dapat menjadi penyebab jari tangan kesemutan. Kondisi ini merupakan gejala penyakit mulai dari diabetes, HIV, hingga rheumatoid arthritis, atau bisa juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat.

(0)
09 Nov 2020|Bayu Galih Permana
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jari tangan kesemutan bisa menjadi tanda kondisi medis tertentu hingga buruknya gaya hidupUntuk mengatasi jari tangan kesemutan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya
Kesemutan merupakan kondisi yang biasanya muncul ketika aliran darah menuju bagian tubuh Anda mengalami masalah. Salah satu bagian tubuh yang kerap mengalami kesemutan adalah jari tangan. Selain adanya masalah pada aliran darah, jari tangan kesemutan juga menjadi gejala sejumlah kondisi medis. Di sisi lain, masalah ini juga bisa muncul sebagai efek dari pengobatan penyakit tertentu.

Apa yang jadi penyebab jari tangan kesemutan?

Ada berbagai macam faktor yang menjadi penyebab jari tangan kesemutan, mulai dari gejala kondisi medis tertentu, gaya hidup tidak sehat, hingga efek samping obat-obatan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jari tangan kesemutan, antara lain:

1. Diabetes

Tingginya kadar gula darah yang dimiliki oleh penderita diabetes dapat memicu kerusakan saraf seiring berjalannya waktu. Kerusakan saraf tersebut kemudian memicu gangguan yang dikenal dengan neuropati perifer.Jari tangan kesemutan adalah salah satu gejala neuropati perifer. Selain jari tangan kesemutan, kondisi ini juga dapat dibarengi dengan gejala-gejala lain seperti:
  • Otot tubuh melemah
  • Keseimbangan tubuh memburuk
  • Kram pada anggota tubuh tertentu
  • Kesemutan atau mati rasa pada kaki
  • Kesemutan atau mati rasa pada lengan
  • Rasa nyeri pada anggota tubuh tertentu

2. Carpal tunnel syndrome

Jari tangan kesemutan bisa disebabkan oleh carpal tunnel syndrome
CTS dapat menyebabkan jari tangan kesemutan
Pergelangan tangan Anda memiliki saluran sempit yang disebut lorong karpal. Dalam lorong karpal, ada banyak saraf yang mengendalikan jari dan tangan Anda. Ketika Anda melakukan aktivitas yang melibatkan pergelangan tangan secara berlebihan, hal tersebut dapat memicu iritasi maupun menyebabkan pembengkakan pada lorong karpal.Dikenal dengan sebutan Carpal tunnel syndrome (CTS), kondisi ini dapat membuat saraf Anda terjepit dan menyebabkan jari tangan kesemutan. Selain itu, Anda mungkin juga akan merasakan gejala lain seperti rasa nyeri pada tangan atau jari, melemahnya genggaman, hingga sering menjatuhkan barang tanpa sebab.

3. Cubital tunnel syndrome

Kondisi ini terjadi saat saraf ulnaris mendapatkan tekanan berlebihan. Cubital tunnel syndrome biasanya akan mengakibatkan kesemutan atau mati rasa pada jari manis dan kelingking tangan Anda.

4. Myofascial pain syndrome (MPS)

Myofascial pain syndrome (MPS) adalah gangguan muskuloskeletal yang dapat menyebabkan nyeri pada beberapa bagian tubuh. American Society for Surgery of the Hand (ASSH) mencatat, kondisi ini juga berpotensi menimbulkan kesemutan pada tangan dan lengan bawah.

5. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kelainan yang dapat menyebabkan rasa nyeri, mati rasa, dan kesemutan pada berbagai bagian tubuh, termasuk jari. Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya. Namun, dokter menyebut bahwa kondisi ini mungkin saja terjadi karena adanya masalah pada cara otak dalam menangani sinyal nyeri.Tak hanya jari tangan kesemutan, fibromyalgia mungkin juga akan dibarengi dengan gejala-gejala lain mulai dari kesulitan untuk fokus, kelelahan, depresi, gangguan tidur, hingga sakit kepala.

6. Raynaud’s disease

Ketika mengalami Raynaud’s disease, arteri kecil pada jari tangan akan mengalami kejang. Selain itu, penyakit ini juga dapat mengakibatkan arteri kecil pada jari tangan membuka dan menutup dengan sangat cepat.Kondisi tersebut kemudian menyebabkan jari tangan kesemutan. Selain kesemutan, Raynaud’s disease juga dapat memicu gangguan pada sirkulasi darah.

7. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan kelainan autoimun yang menimbulkan rasa nyeri, tekanan, dan pembengkakan pada persendian. Selain itu, kondisi ini juga dapat memicu kemunculan gejala-gejala seperti kesemutan, mati rasa, dan rasa terbakar pada tangan, termasuk jari.

8. Tekanan pada saraf

Tekanan pada saraf dapat mengakibatkan jari tangan kesemutan. Kondisi-kondisi yang memicu tekanan pada saraf di antaranya pembengkakan otot, cedera saraf, pembengkakan pembuluh darah, dan kista.Selain kesemutan, kondisi-kondisi tersebut juga dapat menimbulkan rasa nyeri dan membuat jari tangan melemah.

9. Konsumsi alkohol secara berlebihan

Terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan jari tangan kesemutan
Kerusakan saraf akibat berlebihan minum alkohol dapat menyebabkan jari tangan kesemutan
Kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu terjadinya kerusakan saraf yang disebut alcoholic polyneuropathy. Kondisi ini dapat memicu kesemutan pada jari tangan Anda.Selain jari tangan kesemutan, alcoholic polyneuropathy juga berpotensi memunculkan gejala-gejala seperti:
  • Kram
  • Kejang
  • Otot melemah
  • Nyeri pada lengan dan kaki
  • Kesulitan untuk menelan makanan
  • Kesemutan atau mati rasa pada lengan dan kaki

10. Efek pengobatan

Pengobatan kanker seperti kemoterapi berpotensi menimbulkan kerusakan saraf neuropati perifer. Kondisi ini memicu kemunculan sejumlah gejala, salah satunya adalah jari tangan kesemutan. Efek samping yang ditimbulkan dapat bersifat sementara maupun permanen. American Cancer Society menyebut, hingga kini belum ada cara pasti untuk mencegah kerusakan saraf neuropati perifer akibat kemoterapi.

11. HIV

Infeksi yang disebabkan oleh HIV dapat menyebabkan kerusakan parah pada sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, HIV juga memengaruhi sistem saraf dan memicu nyeri, kesemutan, mati rasa rasa pada tangan dan kaki.

12. Paparan racun atau bahan kimia

Ada berbagai macam bahan kimia dan racun yang dianggap sebagai neurotoksin. Berbahaya bagi sistem saraf, paparan neurotoksin dapat memicu kemunculan sejumlah gejala, termasuk jari tangan kesemutanRacun yang berbahaya bagi sistem saraf dapat ditemui dalam bahan-bahan seperti:
  • Logam berat, seperti merkuri, timbal, dan arsen
  • Akrilamida, bahan kimia yang digunakan untuk keperluan industri
  • Ethylene glycol dalam bahan antibeku
  • Hexacarbons dalam pelarut maupun perekat

13. Vaskulitis

Vaskulitis terjadi karena adanya peradangan pada pembuluh darah. Peradangan ini kemudian berpotensi membuat aliran darah ke bagian-bagian tubuh tertentu menjadi terganggu. Ketika aliran darah tidak berjalan dengan lancar, hal tersebut dapat memicu masalah saraf seperti kesemutan dan mati rasa.

14. Guillain-Barre syndrome

Guillain-Barre syndrome adalah kelainan yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf Anda. Kesemutan pada tangan menjadi salah satu gejala awal dari penyakit ini. Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa yang jadi penyebab Guillain-Barre syndrome

15. Kekurangan vitamin

Kekurangan asupan vitamin dari makanan dapat mengakibatkan jari tangan kesemutan. Beberapa vitamin yang penting untuk kesehatan saraf meliputi vitamin B-12, vitamin B-6, vitamin B-1, dan vitamin E.

Cara mengatasi jari tangan kesemutan

Untuk mengatasi jari tangan kesemutan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Maka dari itu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari kesemutan yang Anda alami.Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jari tangan kesemutan, di antaranya:
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri
  • Meminum suplemen jika kesemutan terjadi akibat kekurangan vitamin
  • Operasi bedah untuk memperbaiki posisi saraf dan menghilangkan kista
  • Mengobati kondisi medis yang disebabkan oleh infeksi maupun penyakit tertentu
  • Mengubah gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan membatasi konsumsi alkohol

Catatan dari SehatQ

Berbagai macam faktor bisa menjadi penyebab jari tangan kesemutan, mulai dari kondisi medis hingga buruknya gaya hidup. Cara mengatasi jari tangan kesemutan harus disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebabnya.Saat kesemutan pada jari tangan tak kunjung hilang dan terjadi secara berulang, konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai jari tangan kesemutan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabetespenyakit fibromyalgiamasalah sarafpembuluh darahpenyumbatan pembuluh darahpenyakit tangankesemutan
Healthline. https://www.healthline.com/health/finger-numbness
Diakses pada 26 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/tingling-in-hands-and-feet
Diakses pada 26 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-are-my-fingers-numb
Diakses pada 26 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324456
Diakses pada 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait