logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan dan Kandungan Gizi Lengkapnya

open-summary

Manfaat kurma sukari untuk kesehatan salah satunya adalah mencegah peradangan dan menjaga kesehatan kulit. Ini karena kurma sukari mengandung tinggi serat, karbohidrat, hingga mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.


close-summary

3.71

(7)

22 Apr 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat kurma sukari untuk kesehatan sangat beragam

Manfaat kurma sukari ada beragam, salah satunya melancarkan pencernaan

Table of Content

  • Kandungan gizi kurma sukari
  • Manfaat kurma sukari untuk kesehatan tubuh
  • Cara menyimpan kurma sukari
  • Catatan dari SehatQ

Sama seperti varian kurma lainnya, kurma sukari juga menyehatkan untuk tubuh. Manfaat kurma sukari untuk kesehatan antara lain adalah mencegah peradangan, melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, hingga sebagai sumber energi alami.

Advertisement

Kurma sukari adalah salah satu jenis kurma premium yang banyak dibudidayakan di area Irak dan Arab Saudi. Nama kurma sukari sendiri berasal dari bahasa Arab “sukkur” yang berarti gula.

Kurma ini berwarna lebih kuning dibanding dengan varian lainnya dan memiliki rasa yang lebih manis. Hal ini membuat sukari menjadi jenis yang banyak dicari.

Baca Juga

  • Alergi Daging Sapi atau Daging Merah Lainnya Dapat Terjadi pada Siapa Saja
  • 16 Makanan yang Mengandung Kalsium: Ternyata Tak Hanya Susu
  • Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Kandungan gizi kurma sukari

Manfaat kurma sukari mayoritas berasal dari kandungan nutrisinya yang bisa dibilang cukup lengkap. Penelitian membuktikan, buah ini terutama kaya akan kandungan mineral, dengan kandungan karbohidrat serta seratnya yang juga bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, kurma sukari juga hanya sedikit mengandung lemak dan kolesterol. Berikut ini daftar nutrisi sehat yang terkandung dalam kurma sukari:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Natrium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Tembaga

Baca Juga: Penasaran Berapa Kalori Dalam Satu Buah Kurma? Ini Jawabannya

Manfaat kurma sukari untuk kesehatan tubuh

Apa manfaat kurma sukari yang baik untuk kesehatan? Berikut ini ragam khasiat kurma sukari untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan:

Kurma sukkari mengandung banyak mineral dan nutrisi menyehatkan untuk tubuh
Kurma sukkari mengandung nutrisi yang lengkap

1. Kaya akan antioksidan

Mayoritas jenis kurma termasuk kurma sukari merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Dengan adanya antioksidan, maka kemampuan tubuh untuk melawan paparan radikal bebas berlebih, menjadi lebih baik.

Jika tubuh tidak terlindungi dari paparan radikal bebas berlebih, maka akan terjadi suatu kondisi kerusakan sel yang disebut sebagai stres oksidatif.

Stres oksidatif inilah yang kemudian bisa memicu berbagai gangguan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung dan kanker.

2. Dapat membantu mencegah peradangan

Khasiat kurma sukari lainnya adalah sifat antiperadangan atau anti-inflamasi yang dimilikinya. Sebab, komponen yang terkandung di dalam buah ini bisa menghambat produksi hormon penyebab peradangan seperti prostaglandin dan tromboksan.

Saat produksi kedua hormon ini dibatasi, maka mekanisme inflamasi yang terjadi di tubuh, juga akan terhambat.

3. Baik untuk pencernaan

Kurma sukari baik untuk pencernaan karena kandungan serat yang dimilikinya. Kurma sukari tergolong sebagai makanan pencahar alami (laxative food) yang bisa mengatasi sembelit, susah buang air besar, dan menyehatkan sistem pencernaan secara keseluruhan. Saat mengonsumsi serat, maka pencernaan akan semakin lancar dan gangguan seperti diare serta konstipasi bisa dicegah.

Kurma sukkari bisa menjadi sumber energi yang baik
Manfaat kurma sukkari sebagai sumber energi

4. Sebagai sumber energi

Manfaat kurma sukari salah satunya adalah dapat mengembalikan energi setelah beraktivitas. Kurma sukari bermanfaat sebagai sumber energi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Selain itu, kurma ini juga mengandung gula dan protein yang juga dapat diolah menjadi energi sehingga kurma ini juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa

5. Menyehatkan untuk ibu hamil

Kandungan mineral yang paling tinggi pada varian kurma ini adalah kalium alias potassium. Pada ibu hamil, kebutuhan kalium penting untuk dipenuhi, karena mineral inilah yang akan membantu menyeimbangkan kadar cairan di tubuh.

Saat hamil, volume darah di tubuh meningkat hingga 50%. Oleh karena itu, Anda memerlukan lebih banyak elektrolit (termasuk di dalamnya kalium) agar keseimbangan cairan di tubuh tetap terjaga.

Saat cairan tidak seimbang, maka kondisi seperti kram kaki saat hamil bisa terjadi. Selain untuk menjaga keseimbangan cairan, kalium juga baik untuk menjaga kesehatan saraf dan otot.

6. Menjaga kesehatan sel di tubuh

Daging kurma sukari mengandung lebih banyak mineral dibandingkan buah lain seperti pisang, delima, mangga, dan kiwi. Tingginya mineral ini, terutama kalsium dan fosfor, sangat penting untuk menjaga metabolisme sel agar berlangsung lancar.

7. Berpotensi mencegah infeksi bakteri

Ekstrak dari daging kurma sukari mengandung komponen yang dinilai bisa memberikan buah ini sifat antibakteri. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk dapat memastikannya.

8. Mengatasi anemia

Kurma sukari mengandung zat besi yang dikenal baik untuk mengatasi anemia. Selain mengatasi anemia, kandungan zat besi di dalamnya bisa menjaga aliran darah tetap lancar. Dengan khasiatnya mencegah anemia, maka tubuh akan terhindar dari risiko komplikasi serius, seperti masalah pada jantung, paru-paru, hingga hipertensi.

9. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Salah satu cara mengatasi dehidrasi adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium. Potasium yang terkandung dalam kurma sukari juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sehingga, saat merasa haus, selain minum air putih Anda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi air untuk mencegah dehidrasi.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kurma sukari mengandung tinggi asam lemak, vitamin, dan phytonutrient yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati. Kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan membuatnya tampak lebih cerah dan lembab.

11. Baik untuk menurunkan berat badan

Meski memiliki rasa yang manis, mengonsumsi kurma tetap bagus untuk diet harian atau diet saat puasa selama tidak dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, kandungan glukosa dan serat di dalamnya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga menjaga asupan makanan harian. Ahli merekomendasikan untuk makan 4-6 buah kurma saja setiap hari untuk membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan penyerapan usus.

12. Menjaga kesehatan mulut

Kurma mengandung fluoride atau florida yang bagus untuk menjaga kesehatan mulut. Kandungan tersebut bisa menjaga enamel gigi tetap sehat, sehingga membantu mencegah kerusakan gigi. Kurma sukari juga kaya serat yang bisa merangsang produksi air liur, sehingga dapat mempertahankan kandungan mineral dalam mulut untuk mencegah kerusakan gigi.

Cara menyimpan kurma sukari

Kurma sukari adalah salah satu jenis kurma basah yang daya simpannya jauh lebih singkat dalam suhu ruangan dibandingkan kurma kering. Kurma basah sukari memiliki masa penyimpanan maksimal satu minggu di dalam kulkas.

Cara menyimpan kurma sukari yang benar adalah:

  • Simpan dengan wadah tertutup. Anda bisa menggunakan wadah plastik kedap udara atau kotak plastik
  • Simpan kurma di dalam kulkas. Kurma basah lebih baik disimpan dalam kulkas atau freezer karena tidak begitu awet dalam suhu ruangan
  • Pastikan masa kadaluarsa pada kemasan. Kurma yang sudah kadaluarsa tidak menimbulkan bau yang menyengat. Namun, pada kurma akan ada kutu, sehingga perlu memerhatikannya dengan baik.

Dengan mengetahui cara menyimpan kurma yang benar, Anda bisa menyimpan kurma dengan lebih sehat.

Baca juga: Ingin Buka Puasa dengan Kurma? Kenali Macam-Macam Kurma yang Beredar di Pasaran

Catatan dari SehatQ

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak menjadikan kurma sukari sebagai pengobatan utama dari penyakit yang dialami. Tetaplah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menambahkan kurma sebagai terapi pendamping.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat kurma sukari maupun buah-buahan lain yang baik bagi kesehatan, Anda juga bisa bertanya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehatherbalbuah dan sayurankurma

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved