Berbagai Kegiatan Sebelum Tidur untuk Anak yang Perlu Ditanamkan Orangtua


Kegiatan sebelum tidur untuk anak dapat berpengaruh pada kenyamanan dan kualitas tidur mereka. Contoh kegiatan anak sebelum tidur adalah mengonsumsi makanan sehat, membersihkan diri dan buang air kecil, hingga melakukan kegiatan yang menyenangkan sebagai transisi.

0,0
09 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu kegiatan sebelum tidur untuk anak yang perlu diajarkan adalah menyikat gigiMenyikat gigi merupakan salah satu kegiatan sebelum tidur untuk yang perlu diajarkan
Kegiatan sebelum tidur untuk anak dapat berpengaruh pada kenyamanan dan kualitas tidur mereka. Dilansir dari Sleep Foundation, anak-anak yang menjalani rutinitas sebelum tidur cenderung tidur lebih awal, membutuhkan lebih sedikit waktu untuk pulas, durasi tidurnya lebih lama, dan lebih jarang terbangun di malam hari.Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, mari kita kenali lebih jauh berbagai kebiasaan baik sebelum tidur untuk anak yang bisa ditanamkan sejak dini.

Berbagai kegiatan sebelum tidur untuk anak dan manfaatnya

Selain meningkatkan kualitas tidur, sejumlah kegiatan anak sebelum tidur yang positif dapat mengajarkan cara merawat diri dengan baik dan menjadi dasar untuk meningkatkan ingatan, perhatian, serta keterampilan kognitif lainnya.Menanamkan berbagai kebiasaan baik sebelum tidur juga dapat menciptakan ikatan antara orangtua dan anak sekaligus membantu meningkatkan suasana hati anak.Dalam jangka panjang, kebiasaan anak sebelum tidur yang positif mampu mendorong kesiapan sekolah anak, serta mendukung kinerja akademis dan keterampilan sosial yang lebih baik.Berikut adalah beberapa contoh kegiatan sebelum tidur untuk anak yang bisa Anda terapkan.

1. Mengisi perut

Anda bisa memberikan anak makanan ringan yang mengandung protein dan karbohidrat sebelum tidur, misalnya roti lapis dan sepotong kecil keju, sebagai salah satu kebiasaan baik sebelum tidur. Karbohidrat dapat mengundang kantuk dan protein membantu menjaga kadar gula darah sampai waktu sarapan.Selain itu, Anda sebaiknya jangan memberikan makanan dengan kadar gula tinggi atau mengandung kafein sebelum anak tidur. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi anak setelah makan.

2. Membersihkan diri sebelum tidur

Membersihkan berbagai bagian tubuh, seperti muka, tangan, kaki, dan gigi, merupakan kegiatan anak sebelum tidur yang penting dilakukan. Rutinitas ini dapat menjadi kebiasaan baik bagi anak yang bisa dibawa sampai dewasa sehingga dapat membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan.Buang air kecil juga sangat penting bagi anak-anak, khususnya yang masih mengompol. Kegiatan ini dapat mencegah anak terbangun tengah malam karena ingin pipis atau terganggu tidurnya karena mengompol.

3. Menggunakan barang kesayangannya

Anak-anak yang masih kecil umumnya mudah diperkenalkan pada benda kesayangan yang dapat menemaninya tidur. Benda-benda kesayangan ini bisa berupa boneka, selimut, guling, dan lain-lan yang bisa menjadi bagian penting dari kegiatan sebelum tidur untuk anak.Benda kesayangan tersebut dapat memberikan rasa tenang saat anak ditinggal sendirian sehingga ia dapat tidur dengan baik. Akan tetapi, sebaiknya benda-benda tersebut hanya diperkenalkan pada anak-anak yang telah berusia di atas satu tahun.

4. Melakukan kegiatan transisi yang menenangkan

Pilihlah sejumlah kegiatan sebagai transisi yang dapat membuat anak lebih tenang menjelang tidur. Setiap anak dapat menyukai kegiatan yang berbeda sehingga Anda harus mencoba beberapa kegiatan sebelum menemukan favoritnya.Beberapa contoh kegiatan anak sebelum tidur yang dapat dijadikan transisi, di antaranya:
  • Pijatan lembut pada tangan dan kaki

Pijatan dapat membuai anak sehingga membuatnya lebih cepat tertidur. Losion dengan aromaterapi juga dapat memberikan dampak yang baik bagi suasana hati anak dan menenangkan pikirannya.
  • Dongeng sebelum tidur

Mendongeng atau membacakan buku cerita dapat membantu proses transisi anak dari bergerak aktif menuju tidur. Sebaiknya Anda jangan melakukan kegiatan yang dapat menstimulasi anak untuk terlalu aktif bergerak dan berpikir menjelang tidur.
  • Mencurahkan hati

Bagi anak yang lebih besar, semua stres yang ia rasakan pada hari ini atau kekhawatiran tentang esok hari dapat muncul di benak mereka menjelang waktu tidur.Mendengarkan anak curhat dapat menjadi kebiasaan sebelum tidur yang baik untuk mengurangi stres yang bisa membuatnya kesulitan tidur.Anda juga dapat mengajaknya berdoa bersama, menyanyikan lagu pengantar tidur seperti “nina bobo”, menimangnya, menghitung domba, atau melakukan kegiatan sebelum tidur untuk anak lainnya yang menenangkan.

5. Membangun suasana kamar tidur yang baik

Kegiatan sebelum tidur untuk anak lainnya yang perlu ditanamkan adalah membangun suasana tidur yang baik. Jagalah kondisi kamar supaya mendukung anak untuk segera tidur dan menjaga kualitas tidurnya.Mempersiapkan suasana kamar dapat menjadi kebiasaan anak sebelum tidur yang baik, termasuk:
  • Menjaga kamar tidur tetap gelap, sejuk, dan tenang untuk meningkatkan kualitas tidur.
  • Matikan dan jauhkan barang-barang yang dapat mengganggu ketenangan tidur anak, seperti TV, ponsel, serta lampu di kamar.
  • Gunakan lampu malam yang redup jika anak takut gelap.
Itulah beberapa kegiatan anak sebelum tidur yang dapat Anda lakukan supaya ia mendapatkan kualitas tidur lebih baik.Tinggalkan kamar saat anak sudah sangat mengantuk tetapi belum tertidur. Hal ini dapat membantu anak belajar tidur sendiri dan ia tidak akan panik jika terbangun sendirian tengah malam.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
masalah tidur anaktips parentingtips mendidik anak
Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/children-and-sleep/bedtime-routine
Diakses 27 Juli 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/kids-and-bedtime-routines-2634260
Diakses 27 Juli 2021
Parents. https://www.parents.com/baby/sleep/schedule/how-to-develop-bedtime-routines/
Diakses 27 Juli 2021
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/sleep/Pages/healthy-sleep-habits-how-many-hours-does-your-child-need.aspx
Diakses 27 Juli 2021
Harmony Learning. https://harmonylearning.com.au/17-calming-activities-before-bedtime/
Diakses 27 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait