Salah satu tanda kanker endometrium adalah haid yang tidak teratur
Menstruasi yang tidak teratur, bisa menandakan adanya kanker rahim.

Sebagian besar kasus kanker rahim terjadi pada lapisan dinding rahim yang dinamakan endometrium. Sehingga, kanker rahim juga sering disebut sebagai kanker endometrium.

Pada beberapa kasus, gejala kanker rahim tidak dirasakan penderitanya sebelum kanker menyebar ke organ lain. Namun, jenis kanker ini umumnya akan didiagnosis berdasarkan gejala-gejala yang muncul.

Karena itu, penting untuk mengetahui gejala kanker rahim yang mungkin timbul, agar dapat segera memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter. Berikut ini kondisi-kondisi yang perlu Anda waspadai sebagai gejala kanker rahim.

Gejala Kanker Rahim yang Perlu Anda Kenali

Gejala kanker rahim dapat serupa dengan gejala penyakit lainnya. Berikut ini kondisi yang perlu Anda waspadai sebagai gejala kanker rahim.

1. Perdarahan Tidak Teratur pada Vagina

Berdasarkan data yang disampaikan oleh American Cancer Society, sekitar 90 persen wanita dengan kanker endometrium, mengalami perdarahan tidak teratur pada vagina. Kondisi ini dapat ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur, dan perdarahan setelah menopause.

Perdarahan tidak teratur juga dapat disebabkan oleh kondisi selain kanker. Karena itu, segeralah periksakan kondisi ini ke dokter, untuk mengetahui penyebab pasti dari perdarahan yang terjadi, terutama apabila telah memasuki masa menopause.

Tidak hanya perdarahan, cairan lain yang keluar dari vagina serta keputihan, juga dapat menjadi gejala kanker rahim. Apabila Anda mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter, untuk memastikan penyebab dari kondisi tersebut.

2. Nyeri Panggul, Tumor, dan Penurunan Berat Badan

Kondisi seperti nyeri panggul, tumor (munculnya benjolan), dan turunnya berat badan secara tiba-tiba, juga dapat muncul sebagai gejala kanker rahim yang perlu Anda waspadai. Kondisi-kondisi tersebut lebih sering muncul pada kanker yang sudah memasuki stadium akhir.

Meski begitu, Anda tetap harus secepatnya memeriksakan diri ke dokter, apabila mengalami kondisi di atas. Sebab, penundaan perawatan berisiko membuat penyakit berkembang menjadi lebih parah, sehingga dapat menurunkan tingkat keberhasilan perawatan.

Gejala di atas juga dapat menandakan penyakit lain. Sehingga, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Selain itu, gejala kanker rahim lain yang dapat muncul di antaranya:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Terasa nyeri saat buang air kecil
  • Pembesaran rahim, yang dapat terdeteksi saat pemeriksaan panggul
  • Rasa sakit saat melakukan hubungan seksual
  • Rasa nyeri dan lemah di kaki, punggung, dan perut bagian bawah. Hal ini menandakan kanker telah menyebar ke organ lain di tubuh.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Merasakan Gejala Kanker Rahim?

Segera hubungi dokter, apabila Anda merasakan gejala yang serupa seperti kondisi-kondisi di atas. Dokter akan memeriksa kemungkinan adanya kanker rahim, atau kondisi lain dengan gejala yang serupa.

Dokter juga akan memeriksa riwayat kesehatan keluarga dan melakukan pemeriksaan pada area pangkal paha. Pemeriksaan juga akan dilakukan pada leher rahim, rahim, vagina, dan bibir vagina, untuk melihat adanya perubahan bentuk maupun ukuran.

Pemeriksaan lain yang juga akan dilakukan dokter di antaranya:

  • USG transvaginal
  • Pemeriksaan darah
  • Biopsi (pengambilan sampel jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop)
  • Pemindaian menggunakan CT scan atau MRI

Setelah mengenali gejala kanker rahim di atas dan melakukan pemeriksaan untuk memastikannya, Anda dapat melakukan perawatan sesuai dengan arahan dari dokter. Semakin cepat perawatan dimulai, maka akan semakin tinggi juga tingkat keberhasilan perawatannya.

American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/endometrial-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html
Diakses pada 16 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/cancer/understanding-endometrial-cancer-symptoms
Diakses pada 16 April 2019

NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/womb-cancer/
Diakses pada 16 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266126.php
Diakses pada 16 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed