Berbagai Fungsi Air dalam Tubuh yang Sangat Penting

(0)
05 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu fungsi air dalam tubuh adalah menjaga kesehatan pencernaanAir memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita
Fungsi air dalam tubuh sangatlah vital untuk menjaga kondisi berbagai organ dan jaringan tubuh. Jika Anda kekurangan asupan air, tubuh akan terkena dehidrasi yang dapat mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan berbahaya.Komposisi tubuh manusia didominasi oleh cairan. Pada tubuh bayi yang baru lahir, 80 persen dari berat badannya didominasi oleh cairan. Sedangkan, pada orang dewasa, cairan tubuh tetap memiliki porsi mayoritas, tepatnya sekitar 60 persen dari berat badan.

Fungsi air dalam tubuh

Konsumsi air yang cukup dibutuhkan supaya tubuh dapat berfungsi secara oprtimal. Air putih atau berbagai jenis cairan yang Anda konsumsi, pertama-tama akan diserap oleh usus. Air ini lantas diedarkan ke seluruh tubuh dalam berbagai bentuk cairan tubuh, seperti darah, lendir, ludah, atau lainnya.Air akan digunakan oleh berbagai sel, jaringan, dan organ supaya tubuh dapat berfungsi dengan semestinya dan mampu bertahan hidup. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai fungsi air dalam tubuh:
  • Mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel di dalam tubuh.
  • Membantu melarutkan mineral dan nutrisi agar dapat diakses, diolah, dan dipergunakan oleh tubuh.
  • Membuang bahan-bahan limbah tubuh melalui urine sehingga membantu mengurangi beban ginjal dan hati.
  • Menjaga suhu tubuh tetap optimal. Saat suhu mengalami kenaikan, sirkulasi darah ke kulit akan meningkat. Pembuangan panas dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan keringat sehingga suhu tubuh tetap stabil.
  • Melumasi sendi-sendi tubuh sehingga tidak terasa nyeri.
  • Melembapkan jaringan tubuh, termasuk pada bagian mata, hidung, dan mulut. Kelembapan mencegah terjadinya iritasi dan menjaga kebersihan jaringan dari infeksi penyebab penyakit.
  • Melindungi berbagai organ dan jaringan tubuh.
  • Membantu meningkatkan performa fisik karena air dapat memengaruhi kekuatan, tenaga, dan ketahanan tubuh.
  • Menjaga kesehatan pencernaan dengan membantu mencerna makanan lebih baik dan mencegah sembelit.
  • Menjaga fokus, konsentrasi, dan kemampuan kognitif berfungsi dengan optimal.
  • Membantu produksi kolagen dan melembapkan kulit sehingga menjadikan kulit lebih sehat.

Bahaya dehidrasi pada tubuh Anda

Melakukan berbagai aktivitas sepanjang waktu dapat menyebabkan cairan tubuh berkurang setiap harinya melalui:
  • Pernapasan
  • Keringat
  • Urine
  • Buang air besar.
Untuk menjaga fungsi air dalam tubuh tidak terganggu, Anda harus minum sepanjang hari untuk mengganti cairan yang hilang. Tubuh yang kekurangan air karena kurangnya asupan cairan atau gangguan kesehatan dapat mengalami dehidrasi. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang membahayakan jiwa.Kekurangan air atau dehidrasi dapat membuat organ-organ tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik. Jika kondisi ini terus berlanjut, kegagalan fungsi organ tubuh bisa terjadi dan menyebabkan komplikasi, seperti syok, pembengkakan otak, gagal ginjal, hingga kejang.Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya akan membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mencegah dehidrasi. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, kebutuhan cairan tubuh berbeda berdasarkan jenis kelamin dan usia. Wanita dewasa disarankan untuk minum sekitar 2,7 liter cairan setiap harinya, sementara pria dewasa 3,7 liter cairan. Selain itu, sebaiknya 20 persen cairan yang dikonsumsi bersumber dari makanan, seperti sayur-mayur dan buah-buahan.Jika Anda memiliki gangguan kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai banyaknya kebutuhan air harian yang harus Anda penuhi. Pasalnya, beberapa gangguan kesehatan berpotensi membuat Anda membutuhkan lebih banyak minum. Namun, ada pula sejumlah jenis gangguan kesehatan seperti gagal ginjal yang mungkin malah membuat Anda harus membatasi asupan air minum.Jika Anda punya pertanyaan seputar dehidrasi, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
air putihdehidrasi
Mayo Clinic. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/water-essential-to-your-body
Diakses 18 Februari 2021
Otsuka Laboratory Japan. https://www.otsuka.co.jp/en/nutraceutical/about/rehydration/water/body-fluid/
Diakses 18 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/why-is-water-important#antiaging
Diakses 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait