logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Masalah Tidur

Berbagai Efek Begadang Bagi Wajah, Termasuk Muncul Kerutan hingga Mata Panda

open-summary

Bahaya begadang ternyata tidak hanya memberi efek pada kesehatan tubuh Anda. Sebab, ada sejumlah efek begadang bagi wajah yang sebaiknya perlu diwaspadai. Efek kurang tidur bagi wajah adalah muncul lingkaran hitam di bawah mata, wajah tampak kusam dan lebih tua, hingga timbul jerawat.


close-summary

6 Apr 2021

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Lingkaran hitam di bawah mata adalah salah satu efek begadang bagi wajah

Salah satu efek begadang bagi wajah adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata

Table of Content

  • Efek begadang bagi wajah yang perlu diwaspadai
  • Cara mengatasi berbagai efek kurang tidur pada wajah

Bahaya begadang dan kurang tidur ternyata tidak hanya memberi efek pada kesehatan tubuh Anda. Lebih dari itu, ada sejumlah efek begadang bagi wajah yang sebaiknya perlu diwaspadai.

Advertisement

Kebiasaan begadang mengakibatkan tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan regenerasi sel, termasuk sel kulit wajah.

Hal ini menyebabkan efek begadang bagi wajah yang buruk, seperti kerusakan sel kulit wajah akibat terpaan sinar matahari atau noda di wajah yang tidak bisa diperbaiki.

Selain itu, efek kurang tidur pada wajah lainnya adalah terganggunya tingkat pH kulit. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya kelembapan dan kilau alami kulit wajah Anda.

Efek begadang bagi wajah yang perlu diwaspadai

National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur yang baik untuk orang dewasa setidaknya 7-9 jam tiap malam. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukannya.

Padahal, manfaat tidur yang cukup termasuk sebagai salah satu langkah perawatan kulit wajah yang tak kalah penting.

Akan terasa percuma bila Anda sudah melakukan rutinitas perawatan wajah tiap malam, seperti penggunaan krim malam atau pelembap, tetapi Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Royal Society Open Science, akibat kurang tidur bagi wajah bisa membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik, kurang sehat, dan tampak mengantuk.

Parahnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan orang lain kurang tertarik untuk berinteraksi. Nah, berikut adalah berbagai efek begadang bagi wajah selengkapnya.

1. Muncul lingkaran hitam di sekitar mata

Umumnya menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda disebabkan oleh faktor usia, stres, hingga genetika.

Meski demikian, munculnya lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda juga sering kali dikaitkan dengan kurang tidur dan kelelahan.

efek begadang bagi wajah adalah munculnya mata panda
Lingkaran hitam di bawah mata bisa diatasi dengan kantung teh

Jika Anda sering begadang, kulit akan kehilangan elastisitas dan kekenyalannya, termasuk area kulit bawah mata. Alhasil, muncul mata panda sebagai akibat kurang tidur bagi wajah.

Selain itu, area mata Anda mungkin terlihat seperti membengkak saat kurang tidur. Melansir dari Mayo Clinic, hal ini bisa terjadi akibat adanya retensi cairan pada jaringan lunak di sekitar mata.

Meski begitu, konsumsi makanan asin atau mengandung garam sebelum tidur juga bisa menjadi penyebab kemunculannya.

2. Wajah tampak lebih tua

Jika Anda memiliki kebiasaan kurang tidur tiap malam hari, akan membuat tampilan wajah Anda tampak lebih tua dari usia sesungguhnya.

Pada saat tidur, tubuh akan memproduksi kolagen. Manfaat kolagen dapat mencegah tubuh dari tanda-tanda penuaan dini dengan cara menjaga kulit tetap kenyal dan kencang sekaligus menghalangi pembentukan kerutan pada wajah.

Efek begadang bagi wajah bisa membuat wajah tua
Sering begadang menyebabkan kulit wajah tampak kendur

Apabila waktu tidur Anda terganggu, tubuh tidak dapat membentuk kolagen dalam jumlah yang cukup. Ini artinya, kulit bisa kendur dan muncul lebih banyak kerutan sebagai efek begadang bagi wajah.

Saat Anda tidur, kulit juga akan memperbaiki fungsinya. Bila kurang tidur, kulit tidak dapat memperbaiki fungsi kulit sehingga tidak dapat menyimpan jumlah air yang cukup. Kehilangan kadar air yang banyak bisa membuat fungsi lapisan kulit melemah.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Clinical and Experimental Dermatology, perempuan yang tidur cukup mengalami pemulihan fungsi lapisan kulit 30% lebih tinggi daripada orang yang kurang tidur.

3. Timbul jerawat di wajah

Efek begadang bagi wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Bagi Anda yang sudah mengalami jerawat sebelumnya, kurang tidur bisa memperparah masalah kulit membandel satu ini.

Begitu pula apabila Anda merasa kelelahan akibat kurang tidur karena begadang. Studi yang dimuat dalam jurnal Acta Dermato Venereologica menyebutkan, kelelahan akibat begadang sering kali dikaitkan dengan kemunculan jerawat.

Efek begadang bagi wajah adalah timbulnya jerawat
Terlalu sering begadang menyebabkan timbulnya jerawat

Tak hanya itu, stres yang melanda sebagai akibat kurang tidur dapat mengakibatkan jumlah hormon kortisol meningkat dalam tubuh.

Jumlah hormon kortisol yang terlalu tinggi menyebabkan tubuh rentan terhadap peradangan dan tidak dapat melawan sistem kekebalan tubuh.

Jika sudah demikian, risiko Anda mengalami kondisi medis tertentu dan masalah pada kulit, seperti jerawat pada wajah akan semakin besar.

4. Wajah tampak kusam

Akibat begadang bagi wajah berikutnya adalah membuat wajah tampak kusam. Hal ini mungkin bisa terjadi akibat tubuh yang tidak dapat beristirahat dengan optimal sehingga proses regenerasi sel-sel kulit mati tidak dapat berjalan optimal.

Itu artinya, sel-sel kulit mati yang dan rusak akibat paparan sinar matahari atau kotoran akan menumpuk dan membuat wajah Anda tampak tidak cerah atau warna kulit tidak merata hingga munculnya garis-garis halus di wajah.

Kondisi ini bahkan bisa diperparah dengan kurangnya hidrasi dan kelembapan sehingga kulit wajah akan rentan mengalami masalah.

BACA JUGA: Cara agar Bisa Kuat Begadang Semalaman

Akibat kurang tidur bagi wajah bisa berbeda-beda pada setiap orang. Semakin tua usia seseorang, maka dampak begadang pada wajah akan semakin terlihat jelas keesokan harinya.

Tidak hanya itu, semakin tua usia Anda, maka berbagai akibat begadang bagi wajah menjadi semakin sulit dan lama untuk diatasi.

Cara mengatasi berbagai efek kurang tidur pada wajah

Ada kalanya Anda terpaksa begadang karena berbagai urusan penting. Saat Anda harus begadang, berikut adalah beberapa cara mengatasi efek kurang tidur pada wajah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisirnya.

  • Minum air yang banyak. Cara ini dapat membantu menghidrasi kulit wajah setelah begadang semalaman sehingga wajah Anda bisa terlihat lebih segar.
  • Dinginkan 2 buah sendok pada freezer Anda dapat menempatkan kedua sendok pada mata di pagi hari untuk mengatasi mata sembap, kantong mata, atau lingkaran hitam pada mata.
  • Lakukan perawatan kulit dengan baik dan benar. Kebiasaan ini dapat membantu kulit wajah untuk regenerasi dan memperbaiki dirinya.
  • Perbaiki pola tidur Anda. Usahakan untuk tidur yang cukup setiap harinya untuk memperbaiki dan mencegah efek tidur larut malam bagi wajah yang berkepanjangan.

Anda mungkin dapat menggunakan beberapa jenis produk kosmetik untuk menyamarkan efek kurang tidur pada wajah. Misalnya, menggunakan concealer untuk memudarkan mata panda

Akan tetapi, metode tersebut hanya bersifat sementara dan tidak menyelesaikan sumber masalah jika kebiasaan tidur Anda tidak diubah.

Oleh karena itu, sebaiknya segera perbaiki pola tidur Anda supaya efek begadang bagi wajah tidak berkepanjangan.

Baca Juga

  • 14 Cara Agar Ngantuk dan Cepat Tidur untuk Penderita Insomnia
  • Benarkah Lampu Biru Kamar Buat Tidur Lebih Berkualitas?
  • Memahami Ritme Sirkadian untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Jika Anda sudah terbiasa begadang, perlahan-lahan coba tambahkan waktu tidur hingga mencapai 7-9 jam per harinya.

Dengan memperbaiki waktu tidur setiap harinya, maka dalam waktu 2-3 minggu Anda dapat melihat perbaikan kondisi pada wajah Anda.

Tidur yang cukup adalah perkara yang sangat penting. Selain mencegah efek kurang tidur pada wajah, istirahat yang cukup juga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Jika masih punya pertanyaan lain seputar dampak begadang bagi wajah, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

waktu tidurkurang tidurgangguan tidurmasalah tidur

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved