Berbagai Efek Begadang bagi Wajah, Mulai dari Kerutan hingga Kantong Mata

(0)
19 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lingkaran hitam di bawah mata adalah salah satu efek begadang bagi wajahSalah satu efek begadang bagi wajah adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata
Kebiasaan begadang dan kurang tidur tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja. Ada juga sejumlah efek begadang bagi wajah yang sebaiknya tidak dianggap enteng. Jika cukup tidur dapat membuat wajah tampak segar dan berseri, kurang tidur membawa dampak yang sebaliknya.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek kurang tidur pada wajah bisa membuat seseorang terlihat kurang menarik, kurang sehat, dan tampak mengantuk. Kondisi ini menyebabkan orang lain kurang tertarik untuk berinteraksi dengan orang yang kurang tidur.

Efek begadang bagi wajah yang merusak penampilan

Kebiasaan begadang mengakibatkan tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan regenerasi sel, termasuk sel kulit wajah. Hal ini menyebabkan efek begadang bagi wajah yang buruk, seperti kerusakan sel kulit wajah akibat terpaan sinar matahari atau noda tidak bisa diperbaiki.Selain itu, efek kurang tidur pada wajah lainnya adalah terganggunya tingkat pH kulit. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya kelembapan dan kilau alami kulit wajah Anda.Secara umum, berikut adalah sejumlah efek begadang bagi wajah Anda yang mungkin terjadi.Efek begadang bagi wajah bisa berbeda bagi setiap orang. Semakin tua usia seseorang, maka dampak begadang pada wajah akan semakin terlihat jelas keesokan harinya.Tidak hanya itu, semakin tua usia Anda, maka berbagai akibat begadang bagi wajah menjadi semakin sulit dan lama untuk diatasi.

Cara mengatasi berbagai efek kurang tidur pada wajah

Ada kalanya Anda terpaksa begadang karena berbagai urusan penting. Saat Anda harus begadang, berikut adalah beberapa cara mengatasi efek kurang tidur pada wajah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisirnya.
  • Minum air yang banyak. Cara ini dapat membantu menghidrasi kulit wajah setelah begadang semalaman sehingga wajah Anda bisa terlihat lebih segar.
  • Dinginkan dua buah sendok pada freezer kulkas. Anda dapat menempatkan kedua sendok pada mata di pagi hari untuk mengatasi mata sembap, kantong mata, atau lingkaran hitam pada mata.
  • Lakukan perawatan kulit dengan baik dan benar. Kebiasaan ini dapat membantu kulit wajah untuk regenerasi dan memperbaiki dirinya.
  • Perbaiki pola tidur Anda. Usahakan untuk tidur yang cukup setiap harinya untuk memperbaiki dan mencegah efek tidur larut malam bagi wajah yang berkepanjangan.
Anda mungkin dapat menggunakan beberapa jenis produk kosmetik untuk menyamarkan efek kurang tidur pada wajah. Misalnya, menggunakan concealer untuk menutupi lingkar mata atau noda.Akan tetapi, metode ini hanya bersifat sementara dan tidak menyelesaikan sumber masalah jika kebiasaan tidur Anda tidak diubah.Oleh karena itu, sebaiknya segera perbaiki pola tidur Anda supaya efek begadang bagi wajah tidak berkepanjangan. Jika Anda sudah terbiasa begadang, perlahan-lahan coba tambahkan waktu tidur hingga mencapai 7-9 jam per harinya.Dengan memperbaiki waktu tidur setiap harinya, maka dalam waktu 2-3 minggu Anda dapat melihat perbaikan kondisi pada wajah Anda.

Cara mencegah efek begadang pada wajah

Konsumsi kopi
Kurangi konsumsi kopi di malam hari supaya Anda bisa tidur nyenyak
Untuk mencegah efek kurang tidur pada wajah terjadi lagi, berikut hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan.
  • Pertahankan pola tidur yang baik, yakni tidur yang cukup sekitar 7-9 jam setiap malamnya.
  • Kurangi konsumsi kafein, soda, dan alkohol di malam hari karena dapat mengganggu proses tidur dan mencegah tidur nyenyak.
  • Hindari merokok karena kandungan nikotinnya bersifat sebagai stimulan. Seseorang yang merokok akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tertidur dan lebih sering terbangun.
  • Selalu cukupi kebutuhan cairan untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Pilih makanan rendah sodium. Makanan tinggi garam, khususnya jika dikonsumsi malam hari saat begadang, dapat menyebabkan wajah tampak membengkak keesokan harinya.
  • Penuhi kebutuhan protein setiap harinya.
  • Gunakan krim malam yang melembapkan wajah secara teratur sebelum tidur.
  • Untuk wanita, jangan lupa membersihkan make-up secara menyeluruh sebelum tidur.
Kurangnya waktu tidur juga bisa disebabkan gangguan tidur, seperti sleep apnea atau insomnia. Jika ini masalah yang Anda alami, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengatasinya.Cukup tidur adalah perkara yang sangat penting. Selain mencegah efek kurang tidur pada wajah, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar masalah tidur, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
waktu tidurkurang tidur
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-sleep#1
Diakses 6 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5451790/
Diakses 6 April 2021
Real Simple. https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/sleep-skin-health
Diakses 6 April 2021
American Academy of Sleep Medicine. https://aasm.org/study-reveals-the-face-of-sleep-deprivation/
Diakses 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait