Sangat Mudah, Ini Berbagai Cara Mengukur Penis dengan Tepat


Menurut penelitian, cara mengukur penis bisa dengan memerhatikan selisih antara telunjuk dan jari manis. Selain itu, mengukur penis saat sedang "layu" juga bisa menjadi cara untuk memperkirakan panjang penis saat ereksi.

(0)
14 Mar 2021|Rhandy Verizarie
cara mengukur penisCara mengukur penis bisa dengan memperhatikan selisih antara telunjuk dan jari manis
Banyak mitos yang beredar seputar ukuran penis pria. Beberapa yang pernah Anda dengar mungkin, hidung yang besar menandakan ukuran penis yang besar pula. Ada pula yang mengatakan panjang penis bisa dilihat dari tinggi badannya. Padahal, cara mengukur penis yang tepat tidaklah sulit. Bahkan, bisa hanya bermodal jari tangan. Simak ulasannya berikut ini.

Cara mengukur penis berdasarkan jari

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan oleh pria guna mengukur panjang penisnya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan panjang jari tangan, tepatnya telunjuk dan jari manis. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asian Journal of Andrology menemukan adanya hubungan antara panjang jari tangan dengan ukuran penis. Lantas, bagaimana cara mengukur penis lewat jari?Ternyata, alih-alih mengukur panjang jari telunjuk dan manis, yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan selisih antara panjang kedua jari tersebut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa semakin besar selisih panjang telunjuk dan jari manis, ukuran penis yang dimiliki pun semakin panjang.Penelitian yang melibatkan 144 pria tersebut menemukan bahwa selisih telunjuk dan jari manis terbukti berpengaruh terhadap panjang penis seseorang.

Hubungan antara ukuran jari dengan panjang penis

Hingga saat ini, para peneliti masih belum dapat memastikan apa hubungan antara jari dan ukuran penis pria. Akan tetapi, hipotesis awal mengarah pada hormon testosteron saat seorang laki-laki masih berada di dalam kandungan.Testosteron adalah hormon yang berperan dalam proses pembentukan organ reproduksi pria, termasuk penis. Faktanya, hormon ini juga ikut andil dalam pembentukan anggota tubuh lainnya, seperti wajah dan tangan.Menurut penelitian dari Journal of Biological Psychology, semakin besar kadar testosteron yang diterima oleh janin selama di dalam kandungan, semakin maskulin bentuk tubuhnya kelak saat sudah dewasa. Hal ini termasuk untuk ukuran jari-jarinya.Kendati demikian, bukti ilmiah yang ada sifatnya masih terbatas. Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengkaji hubungan antara jari dan ukuran penis tersebut.

Cara mengukur panjang penis dengan metode SPL

Selain dengan mengamati selisih panjang telunjuk dan jari manis, cara mengukur penis lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan metode stretched penis length (SPL). Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan angka yang pasti terkait ukuran penis Anda. Mengukur panjang penis yang satu ini dilakukan saat penis sedang “tidur” alih-alih ereksi. Semakin besar nilai SPL Anda, maka semakin panjang pula penis saat ereksi.Berikut langkah-langkah cara mengukur penis yang benar dengan metode SPL:
  • Siapkan penggaris atau tali meteran
  • Regangkan penis yang sedang “layu” sejauh mungkin
  • Ukur penis yang sudah diregangkan tersebut dengan penggaris atau tali meteran, dari pangkal dekat pusar, hingga ujung kepala penis
Menurut sejumlah studi, rata-rata ukuran panjang penis pria saat ditarik mencapai sekitar 13 sentimeter. Akan tetapi, ukuran ini tidak bisa serta-merta dijadikan acuan ukuran penis normal. Pasalnya, panjang penis pria juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya, seperti ras, keturunan (genetik), dan hormon.Selain panjang, Anda juga dapat menghitung diameter penis dengan benang atau meteran. Cara mengukur diameter penis adalah sebagai berikut:
  • Pastikan penis dalam keadaan ereksi
  • Lilitkan tali meteran atau benang pada penis yang ereksi. Carilah area batang penis yang paling tebal
  • Apabila menggunakan benang, lingkarkan benang pada batang penis, kemudian tandai ujung benang tersebut
  • Ukur ujung benang yang sudah ditandai menggunakan penggaris untuk mengetahui ketebalan penis
  • Setelah itu, bagi angka ketebalan penis dengan nilai 3,14. Hasil pembagian tersebut merupakan diameter penis Anda

Kriteria ukuran penis yang normal

Ukuran penis yang tergolong normal harus dilihat dari sejumlah parameter, seperti yang tadi telah disebutkan, yakni ras, keturunan, dan hormon.Penis orang Afrika terkenal memiliki ukuran panjang dan ketebalan yang besar. Namun, tidak demikian dengan penis orang Asia, termasuk Indonesia. Rata-rata ukuran penis orang Indonesia berada di angka 10,5-12,9 sentimeter.Namun, seharusnya Anda tidak perlu khawatir karena ukuran alat vital pria bukanlah faktor penentu ‘keperkasaan’ seperti yang dianggap selama ini. Bahkan, studi yang dirilis oleh Journal of Sexual Medicine tahun 2015 menyebutkan bahwa wanita tidak terlalu mempermasalahkan ukuran penis ketika berbicara tentang seks.Alih-alih mengkhawatirkan ukuran penis, Anda lebih baik melakukan langkah-langkah merawat penis agar organ reproduksi ini tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Bagaimana jika ukuran penis di bawah normal?

Ada kasus ketika ukuran penis di bawah normal. Dalam dunia medis, kondisi ini dinamakan mikropenisSeorang pria dikatakan memiliki mikropenis apabila panjang penisnya saat diregangkan kurang lebih hanya mencapai 9,3 sentimeter, menurut studi tahun 2013 yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Research in Pediatric Endocrinology. Penyebab penis kecil pada kasus mikropenis ini umumnya karena pengaruh hormon saat masih berada di dalam kandungan. Akan tetapi, diperkirakan hanya ada 0,6 persen pria di dunia yang memiliki mikropenis. Jadi, ini adalah kondisi yang jarang terjadi.Apabila Anda memiliki kekhawatiran mengenai ukuran penis setelah mempraktikkan cara mengukur barusan, jangan ragu untuk chat dokter langsung di aplikasi SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
kesehatan organ intimkelamin laki-lakikesehatan priareproduksi pria
Asian Journal of Andrology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21725330/ Diakses pada 2 Maret 2021Journal of Biological Psychology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15620791/#:~:text=Finger%20length%20ratio%20(2D%3A4D)%20is%20a%20sexually%20dimorphic,sensitivity%20to%20androgens%2C%20or%20both. Diakses pada 2 Maret 2021The Journal of Sex Medicine. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jsm.12942 Diakses pada 2 Maret 2021WebMD. https://www.webmd.com/men/features/is-my-penis-too-small#:~:text=Press%20the%20ruler%20tight%20against,tip%20of%20the%20stretched%20penis. Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait