Berbagai Cara Mengolah Buah Bit untuk Menikmati Manfaatnya


Karena buah ini belum familiar di masyarakat, tidak sedikit orang yang bingung mengenai cara mengolah buah bit. Buah ini dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dimakan mentah.

(0)
31 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara mengolah buah bit adalah dibuat menjadi saladBuah bit dapat diolah menjadi salad
Buah bit dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena buah ini belum terlalu familiar di masyarakat, tidak sedikit orang yang bingung mengenai cara mengolah buah bit yang benar. Di samping menjadikannya sebagai jus, ada banyak metode pengolahan lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menikmati manfaat buah bit.

Cara mengolah buah bit dengan benar

Ada beberapa cara mengolah buah bit yang mudah dilakukan, yakni dikonsumsi dijadikan salad, direbus, dikukus, atau dipanggang. Bit juga dapat dimakan langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain dalam masakan. Berikut adalah beberapa cara mengolah buah bit yang direkomendasikan.

1. Direbus

Cara mengolah buah bit yang pertama adalah dengan merebusnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dalam merebus buah ini:
  • Bersihkan buah bit tanpa mengupas kulitnya.
  • Masukkan buah bit ke dalam air mendidih sampai terendam seluruhnya.
  • Masak hingga matang, kurang lebih 30 menit.
Selesai direbus, Anda bisa mengonsumsinya sebagai camilan. Untuk mencegah warna merah pada buah bit luntur secara berlebihan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
  • Pertahankan batang bit setidaknya 5 cm (jangan dipotong).
  • Jangan mengupas kulit buah bit yang akan direbus.
  • Tambahkan sedikit cuka ke dalam rebusan.

2. Dikukus

Cara mengolah buah bit lainnya yang mudah dilakukan adalah mengukusnya. Metode ini dapat mempertahankan pigmen dan nutrisi buah bit dengan lebih baik jika dibandingkan dengan direbus.Bersihkan buah bit terlebih dahulu sebelum dikukus. Kukus buah ini bersama kulitnya kurang lebih 30 menit. Setelah matang, masukkan buah yang sudah dikukus ke dalam air dingin, lalu kupas kulitnya sebelum dikonsumsi.Kukusan buah bit dapat dihancurkan untuk dikonsumsi bersama yogurt. Selain itu, kukusan buah ini juga dapat dihaluskan dan dikocok dengan krim untuk dijadikan topping.

3. Dipanggang

Cara mengolah buah bit selanjutnya adalah dengan dipanggang. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memanggang buah bit, yaitu dipanggang secara utuh atau diris terlebih dahulu.Cara pertama adalah buah bit dipanggang secara utuh. Pertama-tama cuci bersih buah bit terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak zaitun, garam, dan lada pada kulit buah bit. Selanjutnya, bungkus buah bit dengan aluminium foil dan panggang sampai empuk di dalam oven selama 40-60 menit.Cara kedua adalah buah bit diiris-iris terlebih dahulu sebelum dipanggang. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan yang sebelumnya, tapi dengan durasi yang lebih sebentar sekitar 25-30 menit. Metode ini dapat membuat bumbu lebih meresap dan buah bit matang lebih cepat.Buah bit yang sudah dipanggang juga bisa diolah menjadi:
  • Keripik
  • Pelengkap roti
  • Isian pastry
  • Isian pie.

4. Diolah mentah-mentah

Selain dengan dimasak, buah bit mentah juga dapat diolah menjadi sejumlah sajian:
  • Acar
  • Salad
  • Jus.
Salah satu kelebihan mengonsumsi buah bit dengan metode ini adalah kandungan nutrisinya tetap terjaga. Dari semua cara mengolah buah bit, metode merebus paling tidak disarankan karena nutrisi dalam buah bit bisa hilang banyak.

Manfaat buah bit

Berbagai cara mengolah buah bit di atas dapat dilakukan untuk menikmati manfaatnya. Namun, sebenarnya apa manfaat dari buah bit?Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah sejumlah manfaat buah bit yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga tekanan darah

Kandungan nitrat yang tinggi pada buah bit dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Konsumsi buah bit bahkan telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tekanan darah dengan signifikan dalam beberapa jam saja.

2. Meningkatkan performa tubuh

Kandungan nitrat pada buah bit mampu meningkatkan efisiensi mitokondria dalam memproduksi energi.

3. Mengurangi radang

Pigmen betalain yang terkandung buah bit memiliki aktivitas antiradang. Penelitian pada hewan menunjukkan jus buah bit dapat membantu mengurangi peradangan pada ginjal dan osteoartritis.

4. Menyehatkan pencernaan

Buah bit mengandung banyak serat yang baik bagi pencernaan. Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, penyakit radang usus, dan divertikulitis.

5. Menjaga kesehatan otak

Efek pelebaran pembuluh darah dari buah bit dapat memperlancar aliran darah ke otak. Sehingga, buah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

6. Bersifat antikanker

Pigmen betalain yang terkandung dalam ekstrak buah bit dianggap mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan sel kanker payudara. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya bagi manusia.ika Anda memiliki berisiko tinggi mengalami batu ginjal dan tekanan darah rendah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah bit secara rutin.Punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan? Tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-beets
Diakses 18 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324898
Diakses 18 Desember 2020
Hello Fresh Australia. https://blog.hellofresh.com.au/how-to-cook-beetroot/
Diakses 18 Desember 2020
Jessica Gavin. https://www.jessicagavin.com/how-to-cook-beets/
Diakses 18 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait