Berbagai Cara Menghilangkan Stres karena Masalah Keluarga


Stres akibat masalah keluarga? Jangan putus asa, ada banyak cara menghilangkan stres karena masalah keluarga yang bisa dicoba, seperti menjaga komunikasi hingga makan bersama.

(0)
31 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat banyak cara menghilangkan stres karena masalah keluarga, salah satunya berolahraga.Yoga adalah salah satu cara menghilangkan stres karena masalah keluarga!
Berbagai masalah dalam rumah tangga, seperti bertengkar dengan pasangan atau anak-anak yang tidak mau mematuhi peraturan, dapat mengundang rasa stres di rumah. Untuk mengatasi beragam masalah ini, ada banyak cara menghilangkan stres karena masalah keluarga yang bisa Anda lakukan di rumah.

Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga

Mulai dari menjaga komunikasi, bermeditasi, hingga makan malam bersama di satu meja, berikut adalah berbagai cara menghilangkan stres karena masalah keluarga.

1. Berbagi tugas dengan pasangan

Jangan salah, pekerjaan rumah yang dianggap sepele, seperti menyuci baju, mengepel lantai, hingga membuang sampah, dapat menyebabkan konflik besar dengan pasangan. Hal ini dapat terjadi jika Anda bersikap ‘lepas tangan’ dan tidak mau membantu pasangan dalam melakukan pekerjaan rumah.Untuk mengatasinya, cobalah berbagi tugas dengan pasangan Anda. Dengan begitu, pekerjaan rumah akan terasa lebih ringan sehingga stres bisa dicegah. Selain itu, anak-anak akan bisa mencontoh kerja sama Anda dan pasangan.

2. Makan malam bersama di satu meja

Saat malam hari tiba, setiap anggota keluarga cenderung memiliki kesibukannya masing-masing. Hindari kebiasaan ini dan mulailah membiasakan keluarga Anda untuk makan malam bersama di satu meja.Menurut sebuah riset dari Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, orang dewasa yang sering makan malam bersama keluarga dapat terhindar dari stres dan kesehatan tubuhnya terjaga.

3. Berolahraga bersama keluarga

Stres karena masalah keluarga dapat diatasi dengan rutin berolahraga
Untuk menghindari stres, rajinlah berolahraga.
Luangkan waktu untuk berolahraga bersama pasangan dan anak-anak Anda. Selain dapat menyehatkan tubuh, berolahraga juga bisa meredakan stres di dalam rumah tangga.Berolahraga dapat menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol di dalam tubuh dan meningkatkan kualitas tidur sehingga stres bisa dicegah.

4. Bernyanyi bersama

Ajaklah pasangan dan keluarga liburan ke luar kota. Di sela-sela perjalanan Anda, cobalah bernyanyi bersama di dalam mobil atau ajah karaoke bersama. Bernyanyi dipercaya dapat menurunkan kadar hormon stres, meningkatkan hormon kebahagiaan (endorfin), dan meredakan perasaan cemas.

5. Mengakrabkan diri dengan anak-anak

Jangan terlalu sibuk dengan urusan masing-masing saat berada di rumah. Cobalah untuk mengakrabkan diri Anda dengan anak-anak.Hubungan yang erat antara orangtua dengan anak terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan risiko kecemasan dan depresi pada anak.

6. Bermain dengan hewan peliharaan

Jika Anda dan keluarga memiliki hewan peliharaan, cobalah untuk meluangkan waktu bersamanya. Sebuah studi membuktikan, bermain dengan hewan peliharaan kesayangan dapat membantu tubuh melepas oksitosin, yakni senyawa kimia pada otak yang meningkatkan suasana hati positif.

7. Jaga kedekatan dengan pasangan

Berpelukan, mencium, dan melakukan hubungan intim dengan pasangan secara rutin berperan penting dalam menjaga keromantisan pada rumah tangga.Sebuah riset sudah membuktikan kalau kontak fisik yang intim dengan pasangan dapat meredakan stres. Berbagai kontak fisik intim ini dapat membantu tubuh melepas oksitosin dan menurunkan hormon stres.

8. Menjaga komunikasi dengan anak dan pasangan

Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga yang perlu Anda lakukan adalah menjaga komunikasi dengan anak dan pasangan.Di saat pasangan atau anak-anak gelagatnya berbeda dan tidak sebagaimana biasanya, janganlah menghindar. Cobalah untuk menunjukkan rasa peduli terhadap mereka. Ajaklah mereka berbincang dan bantulah mereka dalam menyelesaikan masalahnya.

9. Yoga bersama keluarga

Yoga dapat mengurangi stres karena masalah keluarga
Ajaklah pasangan dan anak-anak untuk melakukan yoga!
Ada banyak aktivitas fisik yang dapat dilakukan bersama keluarga, salah satunya yoga. Selain bisa mempererat hubungan antara Anda, pasangan, dan anak-anak; yoga ternyata juga bisa meredakan stres.Beberapa studi telah membuktikan bahwa yoga memiliki efektivitas yang sama dengan obat antidepresan dalam mengatasi stres.

10. Bersenda gurau dengan pasangan dan anak

Bersenda gurau dengan pasangan dan anak dapat mengundang gelak tawa. Tahukah Anda kalau tertawa dinilai ampuh sebagai obat alami stres?Tertawa dapat meredakan respons stres di dalam tubuh dan mengendurkan otot-otot yang tegang. Untuk manfaat jangka panjangnya, tertawa juga bisa meningkatkan sistem imun dan suasana hati.

Catatan dari SehatQ

Itulah tadi berbagai cara menghilangkan stres karena keluarga yang bisa Anda coba bersama pasangan dan anak-anak di rumah. Ingatlah, jangan pernah mengabaikan perasaan stres yang terjadi di rumah karena bisa menyebabkan masalah yang lebih besar.Jika Anda ingin berbicara dengan ahlinya, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan mentalmasalah kejiwaanstresparenting stress
Healthline. https://www.healthline.com/health/stress-and-family#calmness
Diakses pada 16 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety#1.-Exercise
Diakses pada 16 Desember 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/peaceful-parenting/201808/6-research-based-ways-systematically-reduce-family-stress
Diakses pada 16 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait