Berbagai Cara Menghilangkan Koreng di Kepala yang Bisa Dicoba

(0)
06 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan koreng di kepala dilakukan berdasarkan penyebabnyaKoreng di kepala diobati berdasarkan penyebabnya
Koreng merupakan kondisi kulit berwarna kehitaman, terlihat kering, keras, dan mengelupas yang bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk di kepala. Kondisi ini merupakan salah satu bagian dalam proses penyembuhan gangguan kulit. Seiring membaiknya kondisi kulit, koreng biasanya mengelupas dan hilang sendiri. Untuk mempercepat penyembuhan, ada pula sejumlah cara menghilangkan koreng di kepala.

Cara menghilangkan koreng di kepala berdasarkan penyebabnya

Cara menghilangkan koreng di kepala dilakukan berdasarkan penyebabnya. Sebagian jenis koreng bisa berlangsung lama dan tak kunjung sembuh. Dengan memberikan perawatan yang sesuai, sebagian besar koreng dapat disembuhkan.Berikut adalah sejumlah penyebab koreng di kepala yang umumnya terjadi dan cara menghilangkannya.

1. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit kepala kering, bersisik, kemerahan, dan sangat gatal. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah kulit seperti koreng.Cara menghilangkan koreng di kepala karena dermatitis seboroik dapat dilakukan dengan menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat, selenium sulfida, pyrithione zinc, dan tar.

2. Psoriasis

Psoriasis adalah gangguan kulit kepala yang disebabkan oleh sistem imun tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit tampak menebal dan kemerahan dengan lapisan bersisik yang meradang.Cara menghilangkan koreng di kepala yang disebabkan psoriasis dapat ditangani dengan sampo mengandung asam salisilat, kortikosteroid, dan tar.

3. Lichen planopilaris

Lichen planopilaris adalah peradangan di sekitar folikel yang dapat menyebabkan jaringan parut dan kebotakan. Koreng yang disebabkan oleh kondisi ini dapat ditangani dengan pemberian krim topikal kortikosteroid.

4. Kurap (tinea capitis)

Kurap merupakan infeksi jamur berbentuk melingkar dengan bagian tengah datar dan tepian menonjol. Kondisi ini bisa terjadi di kepala dan menimbulkan koreng.Cara menghilangkan koreng di kulit kepala yang disebabkan kurap dapat dilakukan dengan sampo selenium sulfida dan obat antijamur oral yang diresepkan dokter.

5. Kutu rambut

Menggaruk bekas gigitan kutu rambut dapat menyebabkan koreng. Cara menghilangkan koreng di kepala akan sangat sulit jika kutu tidak dibasmi dengan tuntas.Untuk membasmi kutu di kepala secara menyeluruh, Anda bisa membeli obat kutu rambut yang dijual bebas di apotek. Pastikan ikuti dosis dan cara penggunaan dengan benar.

6. Herpes zoster

Lepuhan akibat infeksi virus herpes zoster atau cacar api juga bisa muncul di kepala dan menyebabkan koreng. Herpes zoster dapat ditangani dengan obat-obatan antivirus.

7. Folikulitis eosinofilik

Folukulitis eosinofilik adalah kondisi serius yang menyerang pengidap HIV tingkat lanjut. Gejalanya berupa lesi gatal berisi nanah pada kulit dan kulit kepala.Untuk mengatasi peradangan kulit kepala karena kondisi ini, ada beberapa jenis sampo, losion, dan obat oral yang bisa diresepkan oleh dokter.Koreng juga bisa muncul karena jerawat di kulit kepala, radang folikel rambut, alergi, melanoma, dan beragam masalah lainnya. Untuk mengetahui penyebab pasti dari koreng, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit.

Cara menghilangkan koreng di kepala secara alami

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk obat koreng di kepala
Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai obat koreng di kepala
Selain dengan obat-obatan kimia, berikut ini cara menghilangkan koreng di kepala secara alami yang dapat Anda coba di rumah.

1. Kompres hangat

Gatal akibat koreng bisa terasa tak tertahankan, tapi menggaruk koreng bisa membuat kondisinya semakin parah. Kompres hangat dapat meredakan gatal, melembutkan, dan membuat koreng cepat lepas.Cara menghilangkan koreng di kepala ini bisa dilakukan dengan membalutkan handuk hangat pada rambut dan kepala Anda selama 10-15 menit. Setelahnya, Anda bisa mengelupas koreng secara lembut dari kulit kepala.

2. Gel lidah buaya

Penelitian menunjukkan bahwa gel lidah buaya berkhasiat untuk meredakan penyebab koreng, seperti dermatitis seboroik, eksim, dan psoriasis. Gel ini juga dapat meredakan sakit dan gatal serta mencegah infeksi.Campurkan gel lidah buaya dengan minyak kapsul vitamin E. Oleskan campuran tersebut pada koreng. Biarkan selama satu jam sebelum dibilas dengan sampo. Lakukan cara menghilangkan koreng di kepala ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

3. Sari lemon

Antijamur pada perasan lemon dapat membantu mengobati sejumlah penyebab koreng, seperti dermatitis seboroik dan kurap. Untuk mengurangi sifat lemon yang keras, Anda dapat mencampurnya dengan minyak zaitun yang lebih lembut.Campurkan ½ sendok teh perasan lemon dengan 1 sdm minyak zaitun hangat. Pijat campuran tersebut pada kulit kepala, khususnya bagian yang koreng. Biarkan meresap selama setengah jam, lalu bilas dengan sampo. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali seminggu.

4. Cuka apel

Cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit kepala, memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur, serta membantu mengurangi kekeringan dan gatal di kulit kepala. Cuka apel juga efektif mengatasi ketombe dan masalah rambut lainnya.Cara menghilangkan koreng di kepala menggunakan bahan ini dapat dilakukan dengan mencampur 2 sdm cuka apel dengan 1 gelas air hangat. Tuangkan campuran tersebut ke kulit kepala sambil dipijat selama beberapa menit, lalu bilas rambut hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali seminggu.

Kunjungi dokter jika hal ini terjadi

Segera periksakan diri Anda ke dokter jika beberapa hal ini terjadi:
  • Terdapat nanah berwarna putih, kuning, atau hijau sebagai tanda infeksi.
  • Tidak ada perubahan berarti setelah menggunakan cara menghilangkan koreng di kepala secara alami atau menggunakan obat-obatan yang dijual bebas
  • Koreng berkali-kali kambuh di tempat yang sama
  • Rambut rontok atau kebotakan
  • Pengobatan yang Anda lakukan secara mandiri menyebabkan gejala semakin berat.
Dengan berkonsultasi pada dokter, Anda bisa mengetahui jenis gangguan kulit kepala secara pasti. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan menyarankan perawatan yang diperlukan sesuai dengan penyebab koreng.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar cara menghilangkan koreng di kepala, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
psoriasisdermatitis seboroikkurap
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-treat-scabs-on-your-scalp/
Diakses 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/scalp-scabs
Diakses 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait