Berbagai Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat yang Membandel

(0)
17 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi jerawatMengoleskan lidah buaya murni pada wajah bisa membantu mengatasi jerawat
Munculnya jerawat menjadi musuh bagi banyak orang karena bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Berbagai perawatan pun kerap dilakukan demi menghilangkannya, tak terkecuali dengan lidah buaya.Penggunaan lidah buaya untuk jerawat memang telah populer sejak dulu. Lidah buaya dipercaya dapat mencegah dan mengobati jerawat secara efektif karena sifat antibakteri yang dimilikinya. Tak hanya itu, bahan alami ini juga bertindak sebagai anti-inflamasi yang bisa membantu menenangkan kulit.

Menggunakan lidah buaya untuk jerawat

Sebagian orang menggunakan gel lidah buaya secara topikal untuk mengatasi jerawat. Bahkan jika digunakan bersama dengan obat jerawat alami lainnya, bahan alami ini dapat memberi hasil yang menjanjikan. Ketika Anda memiliki permasalah jerawat yang ringan hingga sedang, tak ada salahnya mencoba pengobatan rumahan ini. Adapun cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat, yaitu:

1. Mengoleskan lidah buaya murni

Gel lidah buaya berguna untuk mengatasi jerawat
Mengoleskan gel lidah buaya murni pada wajah akan membantu atasi jerawat
Menurut sebuah tinjauan dalam Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung hormon auksin dan giberelin yang membantu menyembuhkan luka dan bertindak sebagai anti-inflamasi. Bahan alami ini juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, membersihkan kulit, dan menunda penuaan.Anda hanya perlu mengoleskan lidah buaya murni pada wajah dan membiarkannya semalaman. Lalu, bersihkan pada pagi hari dengan air bersih. Hal tersebut bisa mengurangi iritasi dan kemerahan jerawat.

2. Menggunakan masker lidah buaya, madu, dan kayu manis

Sama dengan lidah buaya, madu dan kayu manis juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mengendalikan dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Dengan menggabungkan ketiganya menjadi masker wajah, maka Anda lebih mungkin memiliki kulit halus yang bebas jerawat. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm madu murni, 1 sdm lidah buaya murni, dan ¼ sdm kayu manis. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Selanjutnya, bilaslah dengan bersih setelah diaplikasikan.

3. Menggunakan masker lidah buaya dan perasan lemon

Masker wajah lidah buaya dan perasan lemon akan membuat wajah terlihat lebih segar, membersihkan pori-pori, dan membunuh beberapa bakteri yang menyebabkan jerawat. Beberapa bukti klinis menunjukkan bahwa asam buah, seperti yang terkandung dalam perasan lemon merupakan agen pembersih yang efektif untuk mengobati jerawat. Anda hanya perlu menambahkan ¼ sdt perasan lemon ke dalam 2 sdm lidah buaya. Jika memerlukan lebih banyak untuk diaplikasikan pada kulit, buatlah campuran dengan perbandingan 8:1 agar keasaman lemon tak menyebabkan iritasi. Kemudian, oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas.

4. Menggosokkan scrub lidah buaya, gula, dan minyak kelapa

Anda juga dapat menggabungkan lidah buaya, gula, dan minyak kelapa sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan merangsang pertumbuhan kulit yang sehat. Sementara, sifat antibakteri dan asam utama dalam minyak kelapa telah ditemukan sebagai pengobatan jerawat yang menjanjikan.Anda perlu mencampurkan ½ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir gula, kemudian aduk hingga merata. Lalu, tambahkan ¼ cangkir gel lidah buaya. Gosoklah secara perlahan pada wajah dan hindari area mata. Jika sudah selesai, bilas seluruh wajah dengan air bersih.

5. Mengoleskan lidah buaya dan tea tree oil

Minyak pohon teh telah terbukti sebagai bahan alami yang bersifat anti-jerawat dan antibakteri. Mencampurkannya dengan lidah buaya berpotensi memberi hasil yang terlihat. Akan tetapi, karena tea tree oil sangat kuat dan asam, maka Anda tak boleh mendiamkan campuran tersebut pada wajah untuk waktu yang lama. Setelah mengoleskannya pada wajah, biarkan kurang lebih satu menit. Lalu, bilas dan tepuk-tepuk wajah sampai kering.

6. Menggunakan krim yang mengandung lidah buaya

Banyak krim jerawat yang menjadikan lidah buaya sebagai salah satu bahannya. Krim tersebut dapat membantu memerangi jerawat karena sifat anti-inflamasinya. Anda dapat mengetahui produk mana yang mengandung lidah buaya dengan melihat bahan aktif yang tercantum pada label kemasan.

Risiko menggunakan lidah buaya untuk jerawat

Sebelum menggunakan lidah buaya untuk jerawat Anda, lakukan tes tempel pada pergelangan tangan guna menguji kulit terhadap alergi. Reaksi alergi terhadap penggunaan lidah buaya secara topikal memang jarang terjadi. Meski begitu, beberapa orang dapat mengembangkan reaksi alergi tersebut. Tanda-tanda alergi yang mungkin ditunjukkan setelah menggunakan lidah buaya, yaitu kemerahan, ruam, dan pembengkakan. Selain itu, menggabungkan lidah buaya dengan bahan lainnya juga bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit sebagian orang. Jangan mengoleskan pada luka terbuka karena berisiko infeksi. Apabila hal tersebut terjadi, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasilah pada dokter. Dokter akan merekomendasikan obat jerawat yang tepat untuk Anda.
jerawatpengobatan jerawatlidah buaya
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2763764/
Diakses pada 04 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne#risks-and-complications
Diakses pada 04 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273#risks
Diakses pada 04 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait