Berbagai Cara Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan dengan Mudah


Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai metode, yaitu mengakses aplikasi Mobile JKN, menghubungi Call Center 24 jam di nomor 150040, SMS gateway, layanan PANDAWA, hingga mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

0,0
01 Sep 2021|Nenti Resna
Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai metodeLupa nomor BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajar
Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan sebenarnya mudah dilakukan. Nomor BPJS Kesehatan umumnya dibutuhkan untuk prosedur terkait BPJS Kesehatan, misalnya saat hendak membayar iuran, memeriksa status kepesertaan, atau saat berobat.Jika Anda terlanjur lupa nomor BPJS Kesehatan dan tidak menyimpan kartu atau catatan sebagai cadangannya, Anda bisa cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK melalui beberapa metode sesuai dengan keinginan.

Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan

Berikut adalah beberapa cara mengetahui nomor BPJS kesehatan secara mudah baik online maupun offline.

1. Melalui aplikasi Mobile JKN

Saat ini, hampir semua kebutuhan terkait kepesertaan BPJS Kesehatan dapat diakses secara online melalui aplikasi Mobile JKN. Pada aplikasi, Anda juga dapat mengakses informasi mengenai peserta, termasuk cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai cara cek nomor BPJS kesehatan dengan KTP.
  • Download aplikasi Mobile JKN di Play Store
  • Login dengan menggunakan NIK dan password
  • Masukkan kode verifikasi dan klik login.
Setelah login, ada tiga cara mengetahui nomor BPJS kesehatan lewat aplikasi Mobile JKN, yaitu dengan klik bagian PROFIL yang terletak di pojok kanan bawah, klik pilihan PESERTA, atau pilihan UBAH DATA PESERTA.Masing-masing bagian ini menyantumkan data pribadi Anda sebagai peserta, termasuk nomor BPJS Kesehatan yang sedang Anda cari.

2. Menghubungi Care Center 24 Jam

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK juga dapat dilakukan dengan menghubungi Care Center 24 jam di nomor 1500400. Anda akan terhubung dengan salah satu staf customer service BPJS Kesehatan.Anda bisa menyampaikan keinginan Anda untuk cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK. Staf customer service akan menanyakan beberapa hal untuk verifikasi dan validasi, termasuk NIK KTP Anda.

3. SMS Gateway BPJS

Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK berikutnya dapat dilakukan dengan fasilitas SMS Gateway yang disediakan resmi oleh pihak BPJS Kesehatan.SMS Gateway adalah layanan informasi yang disampaikan melalui pesan singkat pada ponsel Anda. Layanan ini dapat diakses melalui dengan mengirimkan SMS ke nomor 087775500400.Kirim pesan SMS dengan format berikut untuk mengakses informasi mengenai data pribadi peserta: NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN, lalu kirimkan ke 087775500400.Jika Anda bingung dengan format penulisan pesan pada layanan SMS Gateaway, maka cukup kirim pesan dengan tulisan HELP dan kirimkan ke nomor 087775500400.

4. Menghubungi media sosial BPJS Kesehatan

Saat ini, media sosial menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan menghubungi berbagai akun media sosial milik BPJS Kesehatan berikut ini:Anda dapat menghubungi salah satu media sosial milik BPJS Kesehatan di atas untuk mendapatkan bantuan cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.Untuk verifikasi dan validasi, admin media sosial BPJS Kesehatan akan meminta Anda mengisi data-data berikut: nomor NIK, nama lengkap, tanggal lahir, serta keterangan bahwa Anda lupa nomor BPJS, lalu kirimkan melalui pesan langsung (DM) kepada admin media sosial BPJS Kesehatan.

5. Layanan PANDAWA

PANDAWA adalah layanan terbaru dari BPJS Kesehatan yang memungkinkan Anda mengurus administrasi melalui layanan WhatsApp. Anda juga dapat memanfaatkan layanan ini sebagai cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan KTP.Pertama-tama, Anda harus mendapatkan nomor layanan PANDAWA sesuai kantor cabang kota atau kabupaten tempat tinggal Anda.Untuk mengetahui nomor PANDAWA sesuai kantor cabang Kota/Kabupaten, Anda dapat mengakses WhatsApp CHIKA (bot BPJS KEsehatan) di nomor: 08118750400.Setelah mendapatkan nomor PANDAWA kantor cabang setempat, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp PANDAWA untuk mendapatkan nomor BPJS Kesehatan Anda.Selain itu, masih banyak manfaat layanan PANDAWA dari BPJS Kesehatan. Layanan ini dapat membantu Anda mengurus masalah administrasi tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan setempat.

6. Memeriksa resi pembayaran iuran

Cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan dengan mudah secara offline, yaitu dengan mengecek resi pembayaran iuran BPJS Kesehatan bulan sebelumnya.Resi tersebut menyantumkan nomor BPJS Kesehatan. Demikian juga jika bulan sebelumnya Anda membayar secara online, coba cek riwayat transaksi pembayaran Anda.

7. Mengunjungi kantor BPJS Kesehatan

Jika semua opsi di atas tidak membuahkan hasil, sebaiknya Anda mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Sebaiknya ketahui jam operasional kantor BPJS Kesehatan setempat agar kedatangan Anda tidak sia-sia.Itulah beberapa cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan. Sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara menghubungi BPJS Kesehatan karena tidak jarang layanan customer service mungkin tidak bisa diakses sementara pada jam-jam tertentu atau saat sedang dalam maintenance sebagai upaya peningkatan layanan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
bpjs kesehatanpeserta bpjs
Twitter BPJS Kesehatan RI. https://twitter.com/BPJSKesehatanRI
Diakses 18 Agustus 2021
Twitter BPJS Kesehatan RI. https://twitter.com/BPJSKesehatanRI/status/1318722620901126144
Diakses 18 Agustus 2021
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2015/363/SMS-Gateway-BPJS-Kesehatan
Diakses 18 Agustus 2021
Facebook BPJS Kesehatan Ri. https://web.facebook.com/BPJSKesehatanRI/
Diakses 18 Agustus 2021
Instagram BPJS Kesehatan RI. https://www.instagram.com/bpjskesehatan_ri/
Diakses 18 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait