Berbagai Cara Meluruskan Kaki O yang Bisa Dilakukan

0,0
08 Jun 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara meluruskan kaki O dapat dilakukan dengan menggunakan penyangga kakiKaki berbentuk O dapat terjadi akibat rakitis
Penyakit kaki O (kaki melengkung atau bow legs) dapat menyebabkan sejumlah masalah pada bayi dan anak-anak. Meski tidak berbahaya, banyak orangtua yang mencari cara meluruskan kaki O supaya bentuk kaki anaknya bisa kembali normal.
Genu varum atau kaki berbentuk O adalah kondisi di mana tulang kaki dan lutut melengkung keluar, sedangkan pergelangan kaki bersentuhan sehingga menyerupai huruf O. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Kaki O bisa mengganggu cara berjalan dan membuat anak kurang percaya diri ketika beranjak dewasa. Walaupun begitu, bentuk kaki O jarang menjadi masalah serius dan biasanya pulih dengan sendirinya.

Cara meluruskan kaki O

Sebenarnya kaki berbentuk O tidak terasa menyakitkan. Namun, anak yang memiliki kondisi ini cenderung berjalan dengan jari-jemari kaki yang mengarah ke dalam atau mungkin sering tersandung. Jika kondisi ini berlangsung hingga usia remaja, sejumlah ketidaknyamanan pada kaki, lutut, atau pinggul bisa dialami anak. Oleh karena itu, cara meluruskan kaki O sebaiknya dilakukan sebelum anak beranjak dewasa.
anak belajar berjalan
Anak yang memiliki bentuk kaki O kemungkinan sering tersandung
Untuk meluruskan kaki O, diperlukan pemeriksaan ke dokter ortopedi supaya mendapatkan penanganan dan arahan yang tepat. Berikut adalah sejumlah terapi kaki O yang biasanya disarankan dokter.
  • Menggunakan sepatu yang dirancang khusus sampai ke lutut. Terapi kaki O ini dapat membantu mengoreksi bentuk kaki.
  • Menggunakan penyangga kaki (braces/casts). Walaupun mungkin sedikit terasa tidak nyaman, alat ini tidak menyakitkan untuk dipakai.
  • Berdiri dengan posisi yang benar.
  • Melakukan terapi fisik secara teratur untuk memperbaiki postur tubuh.
  • Melakukan operasi osteotomi untuk memperbaiki kelainan kaki O.
Perawatan khusus biasanya tidak disarankan untuk bayi dan balita, kecuali kondisi yang mendasarinya telah ditemukan. Namun, perawatan mungkin disarankan jika kaki bentuk O cenderung ekstrem atau semakin parah. Konsultasikan pada dokter mengenai terapi kaki O yang sebaiknya dilakukan.

Apakah kaki O bisa diobati?

Kaki berbentuk O umumnya bisa sembuh dengan sendirinya saat anak berusia 2 tahun. Namun, jika tidak kunjung pulih, sebaiknya Anda memeriksakan si kecil ke dokter. Dokter akan memberi tahu Anda seberapa parah kondisi tersebut atau apakah ada penyebab yang mendasarinya. Kondisi kaki dan cara berjalan anak pun akan diamati.Tes X-ray atau tes pencitraan lainnya disarankan untuk memastikan besarnya sudut kelengkungan. Selain itu, tes darah mungkin diperlukan untuk menentukan apakah bentuk kaki O terjadi akibat kondisi lain, seperti rakitis atau penyakit Paget.Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, dokter akan menentukan cara meluruskan kaki O yang dimiliki penderita. Baik dengan pilihan terapi kaki O ataupun tindakan operasi.

Penyebab bentuk kaki O

Selain mengetahui cara meluruskan kaki O, Anda juga perlu memahami penyebab kondisi ini. Sebagian besar penyebab kaki O adalah kondisi bawaan lahir, di mana tulang kaki berputar sedikit saat janin berada di dalam rahim karena posisinya yang sempit. 
kaki bentuk o akibat bawaan lahir
Kaki bentuk O umumnya adalah kondisi bawaan lahir
Kondisi ini dianggap normal dan bisa pulih sendiri seiring pertumbuhan si kecil. Selain bawaan lahir, berikut adalah kondisi medis lebih serius yang bisa jadi penyebab bentuk kaki O.
  • Rakitis

Rakitis adalah masalah pertumbuhan akibat kekurangan vitamin D yang berkepanjangan. Kondisi ini bisa dipicu akibat jarang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau kelainan genetik yang memengaruhi cara tubuh menggunakan vitamin D.
  • Penyakit Blount

Penyakit Blount adalah gangguan pertumbuhan yang memengaruhi bagi lempeng tulang kering atas. Akibatnya, anak tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Seiring waktu, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan masalah sendi di lutut. Mengajari anak berjalan terlalu dini (11-14 bulan) dapat menjadi faktor risiko penyakit ini
  • Penyakit Paget

Penyakit Paget merupakan gangguan pada proses regenerasi tulang. Kondisi ini menyebab tulang tidak dapat terbangun kembali dengan kuat seperti seharusnya. Penyakit ini bisa menyebabkan tulang menjadi bengkok dan menyebabkan kaki berbentuk O
  • Dwarfisme

Dwarfisme yang paling umum dikenal dengan achondroplasia. Ini adalah gangguan pertumbuhan tulang yang ditandai dengan tubuh kerdil dan tidak proporsional. Seiring waktu, kondisi ini bisa menyebabkan kaki berbentuk O.
  • Masalah lain pada tulang

Masalah lain yang memengaruhi pertumbuhan tulang di sekitar lutut, seperti cedera, infeksi, atau tumor, juga dapat menyebabkan bentuk kaki O.Meski bisa sembuh sendiri, sebaiknya Anda segera tangani kondisi ini sebelum menimbulkan ketidaknyamanan pada anak. Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar cara meluruskan kaki O, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
rakitiskakipenyakit kakipenyakit pagetkelainan kongenital
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/bow-legs.html
Diakses pada 25 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/bowlegs#treatment
Diakses pada 25 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait