Berbagai Cara Bikin Lesung Pipi yang Aman untuk Dicoba


Banyak orang yang menganggap lesung pipi membuat senyum seseorang lebih manis. Adakah cara bikin lesung pipi yang aman bagi mereka yang tidak memilikinya? Simak jawabannya di artikel ini.

(0)
13 Dec 2020|Azelia Trifiana
Cara bikin lesung pipi yang amanMenekan pipi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat lesung pipi
Banyak orang yang menganggap lesung pipi membuat senyum seseorang lebih manis. Bahkan di beberapa budaya, tanda di pipi ini merupakan tanda keberuntungan yang membawa rezeki.Tak heran hal tersebut membuat banyak orang yang ingin memilikinya. Tapi, adakah cara bikin lesung pipi bagi mereka yang tidak memilikinya? Atau pemanis senyum ini adalah bawaan lahir? Simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana terbentuknya lesung pipi?

Lesung pipi terbentuk karena ada pergeseran otot wajah yaitu musculus zygomaticus major. Ketika tersenyum, ini adalah otot yang bekerja mengangkat bagian ujung mulut. Pada mereka yang memilikinya, otot zygomaticus terpisah menjadi 2 bagian, di mulut dan di bawahnya.Percabangan otot ini membuat muncul cekungan di kulit ketika seseorang tersenyum. Tak hanya di pipi, lesung atau dimples juga bisa muncul di dagu. Ada pula orang yang hanya memiliki lesung di satu bagian pipi, bukan keduanya.

Cara bikin lesung pipi

Jika Anda termasuk orang yang ingin memiliki lesung pipi, ada beberapa pilihan yang bisa dicoba:

1. Dimpleplasty

Ini adalah operasi untuk membuat lesung pipi di wajah seseorang. Dimpleplasty juga dikenal dengan nama sulam lesung pipi. Saat prosedur ini dilakukan, kulit akan diolesi anestesi oles seperti lidocaine. Kemudian, dokter akan menggunakan alat biopsi berukuran kecil untuk membuat lesung pipi secara manual.Cara melakukannya adalah dengan mengangkat sedikit otot dan lemak di area pipi. Setelah ada ruang, maka dokter akan menempatkan benang bedah di kedua sisi otot. Kemudian, benang ini akan diikat dan menjadi lesung pipi permanen.Dimpleplasty jarang menyebabkan komplikasi. Namun tetap ada risiko yang mungkin muncul seperti perdarahan di area kulit, kerusakan saraf wajah, kemerahan, pembengkakan, infeksi, hingga timbulnya luka.Karena prosedurnya terbilang cukup sederhana, Anda bisa langsung pulang ke rumah setelah operasi,Sebelum melakukan operasi pastikan Anda sudah tahu betul reputasi dokter spesialis bedah kosmetik yang melakukannya. Diskusikan pula manfaat dan risiko yang mungkin muncul sebelum prosedur dilakukan.

2. Menekan pipi

Cara lain bikin lesung pipi yang tak melibatkan operasi adalah dengan menekan pipi. Pertama-tama, pilih titik yang diinginkan sembari tersenyum. Setelah itu, tekan bagian ini terus menerus selama 30 menit. Menekan bisa menggunakan jari, pulpen, atau brush makeup. Namun perlu diingat bahwa cara ini tidak terbukti secara ilmiah benar-benar efektif.

3. Tindik

Memasang tindik atau piercing di pipi juga dianggap dapat membuat lesung pipi. Setelah 2-3 bulan memasang tindik dan dilepas, pipi akan tampak lebih cekung seperti halnya dimples.Meski demikian, cara ini tidak disarankan karena berisiko merusak saraf. Ketika melakukan tindik di pipi, otot bisa ikut terpotong. Ini berbeda dengan tindik di telinga atau cuping hidung yang hanya memotong area kulit saja.Sebelum menentukan cara untuk membuat lesung pipi, pikirkan matang-matang apa saja risikonya. Jangan sampai keinginan memiliki dimples justru berakibat buruk atau cacat permanen pada wajah Anda.

Catatan dari SehatQ

Setiap perubahan permanen sekecil apapun pada tubuh harus diperhitungkan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang risiko melakukan prosedur seperti dimpleplasty, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/cheek-dimples
Diakses pada 27 November 2020
PLOS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0049791
Diakses pada 27 November 2020
Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4477458/
Diakses pada 27 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait