Berbagai Cara agar Tidak Ngantuk Supaya Anda Tetap Terjaga

(0)
01 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara agar tidak ngantuk adalah istirahat sejenakIstirahat sejenak dapat atasi kantuk yang mengganggu
Akhir-akhir ini merasa mudah ngantuk dan sering menguap saat sedang bekerja? Masalah ini biasanya disebabkan oleh kurang tidur, namun tidak menutup kemungkinan ada masalah-masalah lain yang menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi rasa kantuk yang mengganggu aktivitas di pagi atau siang hari, berikut adalah penjelasan seputar cara agar tidak ngantuk yang bisa Anda lakukan.

Cara agar tidak ngantuk yang bisa dilakukan

Tidak hanya dengan minum kopi, ternyata ada banyak cara lainnya yang juga efektif untuk menghilangkan kantuk, lho.

1. Tidur yang cukup

Ada banyak kemungkinan penyebab ngantuk, tetapi yang paling umum adalah tidak cukup tidur atau kurang tidur. Masalah ini dapat menyebabkan Anda mengantuk di waktu-waktu yang tak seharusnya. Maka dari itu, pertahanan terbaik terhadap rasa kantuk berlebih adalah tidur yang cukup, yakni sekitar 7-9 jam per harinya.

2. Istirahat sejenak

Fokus dan konsentrasi tinggi terhadap pekerjaan atau pelajaran dapat membuat Anda merasa cukup lelah dan mengantuk. Faktanya, kualitas pekerjaan akan menurun dan rentan terhadap kesalahan saat Anda kelelahan.Untuk mengatasi kecenderungan ini, sebaiknya gunakan sedikit waktu Anda untuk istirahat sejenak, misalnya saat jam makan siang. Cara agar tidak ngantuk ini akan mengembalikan fokus Anda.

3. Keluar untuk mendapat cahaya dan udara segar

Kondisi alam terkadang membuat tubuh kita tetap terjaga. Bagi Anda yang memiliki gangguan irama sirkadian, paparan cahaya matahari dan udara segar sangat penting. Jadi, cobalah untuk melangkah keluar supaya mendapatkan udara segar jika Anda merasa mengantuk.

4. Makan camilan

Mengonsumsi camilan dapat membantu Anda terhindar dari kantuk. Camilan yang mengandung gula dan kafein dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan tubuh Anda. Akan tetapi, hindari makan berlebih dan ingatlah akan kalori tambahan malah akan mengakibatkan kenaikan berat badan.

5. Berolahraga dan melakukan aktivitas lain

Dalam banyak kasus, Anda cenderung mengantuk ketika melakukan aktivitas menetap, seperti duduk di suatu ruangan, mengemudi jarak jauh, atau bekerja di bilik kantor.Cobalah untuk berolahraga atau melakukan aktivitas menarik lainnya sebagai cara agar tidak ngantuk. Ketika Anda kembali bertugas, pikiran Anda akan lebih jernih dan segar.

Penyebab mengantuk di pagi atau siang hari

Selain memahami cara agar tidak ngantuk di atas, Anda juga perlu mengenal penyebab-penyebab yang membuat Anda mengantuk di pagi atau siang hari supaya masalah ini bisa segera di atasi.

1. Kebiasaan tidur yang buruk

Penyebab paling umum dari selalu merasa ngantuk di siang hari adalah memiliki kebiasaan tidur yang buruk. Sebagian besar orang dewasa umumnya membutuhkan tidur sekitar 7-9 jam per hari, Jika Anda tidak bisa memenuhinya, rasa kantuk di pagi atau siang hari akan muncul.Kebiasaan tidur yang buruk memiliki konsekuensi serius dan sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, penambahan berat badan, dan demensia

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah suatu kondisi di mana Anda berulang kali mengalami berhenti bernapas saat tidur. Henti napas ini dapat terjadi puluhan kali dalam satu jam atau bahkan ratusan kali saat tidur.Sleep apnea menyebabkan tidur Anda terpecah dan kualitas tidur menjadi buruk, yang mengakibatkan rasa ngantuk berlebih pada siang hari. Orang dengan sleep apnea parah juga berisiko lebih tinggi untuk tertidur saat mengemudi.

3. Narkolepsi

Gangguan tidur ini terjadi ketika ada masalah dengan pengaturan tidur dan bangun. Gejala narkolepsi yang paling khas adalah katapleks, yaitu hilangnya kendali otot secara tiba-tiba. Rasa kantuk yang terkait dengan narkolepsi mungkin memerlukan pengobatan khusus dari dokter

4. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis adalah suatu kondisi yang mungkin membuat Anda merasa lelah, letih, atau mengantuk. Hal ini ditandai dengan kelelahan parah yang terjadi setelah beraktivitas. Ini juga berhubungan dengan masalah kurang tidur.

5. Sindrom kaki gelisah

Gangguan ini menyebabkan gerakan berlebihan saat tidur sehingga membuat Anda merasa mengantuk pada hari berikutnya. Sindrom kaki gelisah ditandai dengan rasa tidak nyaman pada kaki, yang membuatnya ingin terus bergerak.Sindrom ini sering terjadi pada malam hari ketika Anda berbaring untuk beristirahat. Sindrom ini berpotensi mengganggu tidur penderitan sekaligus pasangan tidurnya.

6. Gangguan irama sirkadian

Irama sirkadian adalah suatu bentuk alarm alami tubuh yang membantu mengoordinasikan aktivitas sehari-hari dengan jam tidur. Kondisi ini bisa berupa jet lag. Gangguan irama sirkadian akan membuat Anda mengalami kesulitan tidur dan merasa mengantuk di pagi hari.Itulah cara menghilangkan ngantuk beserta beberapa penyebabnya. Yang paling penting, pastikan diri Anda untuk tidur dengan cukup dan menerapkan pola hidup sehat sehari-hari.
kurang tidurmengantuk
Health.usnews. https://health.usnews.com/wellness/articles/2017-09-18/8-wildly-unconventional-tricks-for-staying-awake-when-sleep-isnt-an-option
Diakses pada 19 Mei 2020
Verywellhealth. https://www.verywellhealth.com/reasons-why-you-feel-sleepy-3014818
Diakses pada 19 Mei 2020
Verywellhealth. https://www.verywellhealth.com/tips-for-staying-awake-3015057
Diakses pada 19 Mei 2020
Webmd. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/sleepy-all-the-time#1
Diakses pada 19 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait