7 Cara Cepat Hamil agar Pasutri Segera Mendapat Momongan


Merencanakan cara cepat hamil harus dipersiapkan dengan matang agar kehamilan berjalan aman bagi ibu dan calon buah hati. Pertama-tama, periksakan diri Anda dulu ke dokter kandungan.

(0)
03 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mengetahui masa subur adalah salah satu cara cepat hamil yang perlu Anda lakukanMemahami masa ovulasi merupakan salah satu cara agar cepat hamil
Memiliki momongan adalah impian bagi nyaris seluruh pasangan menikah. Beberapa pasangan mungkin ingin lebih cepat hamil supaya bisa segera menggendong buah hati yang menggemaskan. Memang, ada banya cara cepat hamil yang dapat dicoba oleh Anda dan pasangan.Meski begitu, merencanakan kehamilan tentu harus dilakukan dengan matang agar program kehamilan berjalan dengan aman bagi ibu maupun calon buah hati.  

Cara cepat hamil untuk pasangan

Agar cepat hamil, kedua pasangan haruslah bekerja sama menerapkan berbagai cara yang dianjurkan, misalnya dengan:
  • Mengetahui masa subur wanita.
  • Rutin berhubungan seks di waktu yang tepat.
  • Minum suplemen asam folat.
  • Berhenti merokok dan hindari minuman beralkohol.
Berikut adalah beberapa cara supaya cepat hamil yang bisa dicoba pasangan:

1. Konsultasi dengan dokter kandungan 

Persiapan agar cepat hamil yang paling pertama harus dilakukan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan terdekat.Konsultasi bertujuan untuk mengamati kondisi fisik Anda dan pasangan secara menyeluruh, yang meliputi pemeriksaan siklus haid hingga kualitas sel telur dan sperma.Pemeriksaan dokter juga dapat mendeteksi masalah kesehatan apa yang mungkin Anda miliki tapi tidak sadari dan bisa memengaruhi kesuburan. Termasuk risiko penyakit genetik yang mungkin diturunkan ke bayi.Selain itu, konsultasi bersama dokter kandungan bisa membantu Anda dan pasangan merencanakan langkah-langkah yang lebih detil untuk menjalan kehamilan yang sehat.Semakin cepat risiko masalah kesehatan Anda dan pasangan terdeteksi, semakin mudah juga untuk Anda berdua mempersiapkan kehamilan.[[artikel-terkait]]

2. Pahami siklus haid Anda

Mengetahui siklus haid penting sebagai cara cepat hamil bila ingin segera mendapatkan keturunan.Dengan menghitung siklus haid, Anda dapat mengetahui dengan lebih pasti kapan tepatnya masa subur Anda. Mengetahui masa subur wanita penting untuk meningkatkan peluang hamil.Rentang normal siklus menstruasi wanita adalah 28 hari sekali, meski ada juga yang 21-35 hari sekali.Proses ovulasi dimulai sekitar 14 hari sebelum hari pertama haid Anda. Jika siklus menstruasi Anda adalah 28 hari, Anda akan berovulasi sekitar hari ke-14, dan hari-hari paling subur Anda adalah hari ke-12, 13, dan 14. Hitungan ini akan berbeda bila masa haid lebih pendek atau lebih lama dari normal (5 hari).Dengan mengetahui kapan masa paling subur Anda, Anda dan pasangan dapat menjadwalkan waktu berhubungan seks yang tepat. Cara supaya cepat hamil adalah berhubungan saat ovulasi terjadi.Idealnya segeralah berhubungan intim pada hari ovulasi, atau dua hari sebelumnya. Hal ini dapat kemungkinan hamil sekitar 30 persen.Di samping kaitannya dengan peluang hamil, memahami siklus menstruasi juga membuat Anda lebih peka terhadap gangguan reproduksi yang mungkin terjadi. Bila siklus menstruasi Anda tidak lancar, maka besar pula kemungkinan Anda tidak subur karena tidak adanya sel-sel telur yang diproduksi.

3. Lebih sering berhubungan intim

Berhubungan intim saat ovulasi adalah waktu yang paling ideal untuk meningkatkan peluang hamil. Namun, tidak ada salahnya juga untuk semakin memperbesar kemungkinan tersebut dengan lebih sering bercinta, bukan?Lantas, kapan dan seberapa sering sebaiknya melakukan hubungan seks bersama pasangan?Dikutip dari Mayo Clinic, peluang kehamilan paling tinggi terjadi pada pasangan yang berhubungan seks setiap hari atau dua hari sekali.Pastikan Anda berhubungan seks menjelang masa ovulasi yang bisa dilakukan dua hingga tiga hari per minggu. Ini dapat membantu memastikan bahwa Anda dan pasangan berhubungan seks pada saat paling subur.Walau begitu, hitungan ini tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan karena terkadang tubuh mengalami kondisi tertentu yang mengganggu keseimbangan hormon-hormon di dalamnya. Maka, jangan terlalu pusing untuk menjadwalkan hubungan seks meski hitungan tersebut dapat menjadi acuan tertentu. Di sisi lain, penting juga untuk setop menggunakan alat kontrasepsi jika Anda berencana untuk lebih sering berhubungan intim. Hentikan penggunaan alat KB seperti pil KB, kondom, atau suntik KB beberapa bulan sebelumnya agar cepat hamil.

4. Menjaga pola hidup sehat

Cara cepat hamil yang satu ini terkesan cukup klise dan terlalu sering dibahas. Walau begitu, menjaga pola hidup sehat memang terbukti dapat memengaruhi banyak hal terkait kesehatan baik fisik maupun mental, termasuk kehamilan.Sebisa mungkin biasakan rutin berolahraga untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini bukan semata untuk menjaga penampilan di depan pasangan. Badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus akan memengaruhi kadar hormon seksual dalam tubuh. Bila kadarnya tidak seimbang, produksi sel telur dan sperma juga dapat terganggu.Jangan lupa juga selalu mengonsumsi makanan peningkat kesuburan baik untuk pria maupun wanita. Perbanyaklah makanan yang mengandung asam folat serta zat besi dan yang rendah lemak agar kesuburan terjaga.Selain itu, meminimalkan risiko stres juga perlu dilakukan. Stres berat yang berlarut-larut juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon-hormon yang berperan penting untuk reproduksi.

5. Tingkatkan kesuburan wanita

Kesuburan wanita dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk stres akibat pekerjaan, kelelahan hingga faktor berat badan.Apabila Anda berencana untuk cepat hamil, pastikan Anda menerapkan hal ini untuk meningkatkan kesuburan rahim:
  • Jauhi stres dengan menenangkan diri dan selalu berpikir positif
  • Atur berat badan agar tidak terlalu kurus maupun terlalu gemuk. Pastikan Anda memiliki lemak tubuh lebih dari 10-15% dari berat badan normal
  • Rutin memeriksakan diri ke dokter untuk melihat apakah ada gangguan kesehatan yang mempengaruhi kesuburan dan harus segera diatasi
  • Rutin berolahraga dan tetap aktif
  • Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol
  • Konsumsi makanan tinggi antioksidan dan serat serta hindari lemak trans

6. Tingkatkan kesuburan pria

Melakukan berbagai cara cepat hamil tentu bukan hanya tanggung jawab seorang wanita. Tingkat kesuburan pria juga memiliki pengaruh besar untuk keberhasilan proses pembuahan. Sperma yang sehat dan kuat akan membuat kemungkinan pembuahan menjadi lebih besar.Untuk meningkatkan tingkat kesuburan pria, beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan:
  • Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol
  • Jika mengalami kelebihan berat badan, turunkanlah hingga mencapai berat badan ideal
  • Mengonsumsi nutrisi seperti zink, asam folat, dan vitamin C dalam jumlah yang cukup
  • Hindari berendam dengan air panas atau pergi ke sauna karena suhu tinggi dapat membunuh sperma.
  • Jalani tes analisis sperma untuk mengetahui kualitas bentuk, pergerakan, serta jumlah sperma yang sehat.

7. Minum vitamin prenatal

Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, dokter akan menyarankan Anda untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat setidaknya 400 microgram setiap hari. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi risiko bayi cacat lahir.Mulailah mengonsumsi suplemen asam folat setidaknya 1 bulan sebelum Anda mulai mencoba hamil. Beberapa minggu pertama kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan janin.Sejatinya, kehadiran Buah Hati merupakan rezeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Meski begitu, selagi ada kesempatan jangan ragu untuk berusaha semaksimal mungkin menerapkan cara cepat hamil agar cepat menggendong momongan.Anda juga bisa bertanya pada dokter langsung terkait cara agar cepat hamil lewat chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
hamilkehamilanmeningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilankeluarga berencana
WebMD. https://www.webmd.com/baby/guide/getting-started-on-getting-pregnant#1
Diakses pada 28 November 2018
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/getting-pregnant-easy-ways-to-encourage-fertility#1
Diakses pada 28 November 2018
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-to-increase-chances-of-getting-pregnant#overall-health
Diakses pada 28 November 2018
Baby Centre. https://www.babycenter.com/0_how-to-get-pregnant-fast_10337115.bc
Diakses pada 28 November 2018
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/how-to-get-pregnant/art-20047611 Diakses pada 6 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait