Bahan Alami Ini Dianggap Ampuh Sebagai Obat Mata Minus Tradisional, Benarkah?

Obat mata minus tradisional seperti wortel, sebenarnya sebatas menyehatkan mata.
Wortel merupakan salah satu bahan alami yang dianggap sebagai obat mata minus tradisional.

Ada begitu banyak cara untuk menjauhkan mata dari kondisi mata minus. Salah satunya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang menyehatkan. Bahan-bahan natural tersebut dianggap efektif sebagai obat mata minus tradisional. Namun, jangan sampai Anda menelan mentah-mentah informasi tersebut.

Bahan-bahan alami yang dimaksud tadi, memang tidak serta-merta menyembuhkan mata minus. Namun, mengonsumsinya tetap bisa menyehatkan mata Anda. Ingin mencobanya?

Bukan obat mata minus tradisional, ini bahan alami untuk kesehatan mata

Bahan-bahan alami ini cukup mudah Anda peroleh untuk meningkatkan kesehatan mata. Ada buah bit, susu murni, kurma muda, bayam, sayur kale dan wortel, yang bisa jadi pilihan. Simak masing-masing manfaatnya berikut ini untuk kesehatan mata.

1. Buah bit

Tanaman umbi berwarna ungu kemerahan ini mengandung begitu banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti antioksidan lutein, fitonutrien, folat, kalium, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, fosfor, triptofan, coumarin dan betasianin.

Antioksidan lutein dalam buah bit berfungsi melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker, stroke, jantung dan diabetes. Selain itu, lutein juga berfungsi menjaga kesehatan mata dari katarak dan degenerasi makula. Degenerasi makula adalah kerusakan pada bagian tengah retina yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Mengonsumsi buah bit secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan Anda. Selain menjaga kesehatan mata, buah bit juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah anemia, mengatasi hipertensi, mengeluarkan racun dari ginjal dan hati, hingga meningkatkan stamina.

2. Kurma muda

Kurma muda ternyata bisa menyehatkan mata.

Kandungan karotenoid dalam kurma muda berfungsi menjaga kualitas penglihatan dan mencegah risiko gangguan kesehatan mata seperti degenerasi macula, yaitu gangguan penglihatan yang biasa terjadi pada lansia.

Kurma muda juga memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan flavonoid dan fenolik kurma muda berfungsi mencegah risiko terjadinya kanker, stroke, jantung dan diabetes.

Senyawa antiradang dalam kurma muda juga berfungsi mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan dan mengatasi penyakit Alzheimer.

3. Susu murni

Susu murni yang belum diolah melalui proses pasteurisasi memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Sejumlah penelitian menyebutkan, kandungan nutrisi susu murni bahkan lebih tinggi ketimbang susu olahan.

Karena kandungannya ini, susu murni berkhasiat untuk mencegah risiko penyakit kanker, stroke dan jantung, menjaga kesehatan tulang, otak dan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata.

Salah satu obat mata minus tradisional ini mengandung begitu banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata seperti omega3, vitamin A, antioksidan lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah berbagai gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Kale

Sayur kale atau Brassica oleracea juga merupakan salah satu bahan alami untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin di dalamnya berfungsi mencegah gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Bayam

Seperti sayur kale, bayam juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi mencegah gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, antioksidan dalam bayam juga berfungsi mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko penyakit stroke dan penyakit jantung.

6. Wortel

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk menyehatkan mata yaitu wortel. Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam wortel mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A memiliki komponen protein rhodopsin yang membantu retina menyerap cahaya lebih baik.

Selain mengonsumsi asupan tersebut, lakukan ini demi penglihatan yang sehat

Saat terasa lelah, mata harus diistirahatkan.

Selain dengan mengonsumsi berbagai asupan sehat tersebut, Anda bisa meningkatkan kualitas penglihatan dengan mencegah risiko gangguan kesehatan mata. Bagaimana caranya?

  • Tidak membaca, menulis, dan melihat dalam jarak pandang yang sangat dekat.
  • Sering beraktivitas di luar ruangan.
  • Mengistirahatkan mata jika terasa lelah.
  • Hindari membaca dan menulis di tempat gelap atau kurang cahaya.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan gangguan berupa mata minus?

Mata minus bisa terjadi karena faktor genetik.

Anda memang bisa menggunakan bahan-bahan alami tersebut untuk perawatan pendamping bagi mata minus. Namun, mengetahui penyebab kondisi tersebut tentu akan lebih baik sebagai langkah antisipasi.

Sejumlah penelitian menyebutkan, mata minus disebabkan antara lain oleh faktor genetik, lingkungan dan kebiasaan.

Individu yang terlahir dari orangtua dengan gangguan penglihatan seperti mata minus, berisiko besar memiliki kondisi serupa. Selain itu, mata minus juga dapat terjadi akibat kebiasaan membaca di ruangan dengan pencahayaan kurang, melihat layar gadget ataupun buku dalam jarak dekat, hingga kebiasaan jarang beraktivitas di luar ruangan.

Waspadailah gejala berupa sering sakit kepala atau pusing, hingga mata cepat lelah dan tegang. Sebab, kondisi-kondisi tersebut bisa menandakan adanya gangguan kesehatan rabun jauh atau mata minus.

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates
Diakses pada 2 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/eye-health/best-foods-for-eyes#kale
Diakses pada 2 Maret 2020

Live Science.
https://www.livescience.com/1021-scientists-eye-benefits-spinach.html
Diakses pada 2 Maret 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/321226
Diakses pada 2 Maret 2020

NDTV.
https://www.ndtv.com/health/beetroot-and-spinach-healthy-eyes-preventing-macular-degeneration-health-benefits-and-nutrition-fact-1936859
Diakses pada 2 Maret 2020

NHS.
https://www.nhs.uk/conditions/short-sightedness/causes/
Diakses pada 2 Maret 2020

Organic Facts.
https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/organic-milk.html
Diakses pada 2 Maret 2020

Artikel Terkait