Berbagai Arti dari Sering Mimpi Mantan Menurut Para Ahli

Sering mimpi mantan bisa menjadi pertanda dari banyak hal.
Sering mimpi mantan mengganggu tidur Anda? Datang saja ke psikolog!

Sering mimpi mantan terkadang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak? Di saat Anda sedang berusaha keras melupakannya, tapi sang mantan terus datang ke dalam mimpi setiap malam. Apakah ada arti dari sering mimpi mantan?

Jangan khawatir, apapun yang muncul di dalam mimpi Anda, bisa “mengundang” elemen masa lalu untuk menampakkan dirinya lagi di dalam mimpi, termasuk mantan. Agar Anda tidak lagi penasaran, kenalilah arti dari sering mimpi mantan ini.

Sering mimpi mantan, apa artinya?

Sering mimpi mantan memiliki arti tersendiri bagi seorang ahli dan pakar mimpi. Ternyata, sering mimpi mantan adalah hal yang sangat umum.

Namun, mimpi tentang mantan tidak melulu mengartikan bahwa Anda merindukannya. Ada banyak arti lain dari sering mimpi mantan, yang dipercayai para ahli. Apa saja?

1. Cinta pertama

Tidur
Sering mimpi mantan

Apakah mantan terakhir Anda adalah cinta pertama? Jika iya, hal ini bisa menjelaskan mengapa Anda sering mimpi mantan. Sebab, menurut seorang analis mimpi, seseorang akan lebih cenderung bermimpi tentang cinta pertamanya. Mereka akan terus muncul di dalam mimpi, untuk membawa apa yang mereka representasikan; cinta pertama.

2. Masih menyimpan amarah

Jika sering mimpi mantan, dan hubungan dengannya berakhir tidak baik, bisa jadi Anda masih menyimpan amarah. Masih menurut seorang analis mimpi, sering memimpikan mantan yang bersikap buruk pada Anda, bisa mengartikan rasa amarah yang tersimpan dalam hati.

Tapi, jika Anda malah bersikap romantis di dalam mimpi dengan mantan yang satu ini, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda telah merelakannya dengan sungguh-sungguh.

3. Sedang berusaha melupakannya

Sering mimpi mantan bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang berusaha keras untuk melupakannya. Terlebih lagi jika Anda bertengkar keras dengan mantan, di dalam mimpi. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang berusaha keras untuk move on dan tidak mau “terikat” oleh masa lalu yang mungkin kelam.

4. Berusaha kembali menjalani hidup seperti biasa

Pernahkah Anda memimpikan mantan, dan meminta untuk kembali bersamanya? Jika dalam mimpi itu sang mantan menolak, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang berusaha keras untuk move on dan kembali ke realita.

Nyatanya, ditolak sang mantan dalam mimpi bisa menjadi pertanda bahwa sebenarnya, Anda sedang berbicara dengan diri Anda sendiri. Seakan-akan, diri Anda “menjelma” jadi sang mantan di dalam mimpi, dan “menampar” diri Anda untuk terbangun serta kembali menjalani hidup dengan semangat.

5. Berusaha untuk mengobati rasa trauma

Tidur
Sering mimpi mantan

Jika bermimpi diperlakukan buruk oleh mantan, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang berusaha untuk mengobati rasa trauma dari hubungan cinta yang telah lalu.

Sebab, seseorang yang baru saja terlepas dari hubungan yang toxic, biasanya akan trauma dan takut untuk memulai kembali.

6. Ingin “memetik” hikmah dari hubungan di masa lalu

Jika bermimpi bahwa mantan sedang dalam bahaya dan Anda berusaha untuk menyelamatkannya, ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang ingin mengambil hikmah dari setiap kejadian di masa lalu.

Misalnya, dari hubungan di masa lalu, Anda berusaha untuk menjadi kuat dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi, untuk hubungan mendatang.

7. Sudah berhasil move on

Jika sering mimpi mantan, dan melihatnya dengan pacar barunya, hal ini bisa mengartikan bahwa Anda telah benar-benar merelakannya. Menurut seorang psikolog, jangan malah sedih ketika mendapatkan mimpi seperti ini. Berbahagialah karena Anda sudah berhasil melepaskan masa lalu untuk menyambut masa depan.

Catatan dari SehatQ:

Itulah tadi beberapa arti dari sering mimpi mantan menurut analis mimpi dan psikolog. Jika Anda sering mimpi mantan dan tak tahu apa artinya, beberapa poin di atas bisa menjadi penjelasan.

Namun, jika sering mimpi mantan malah mengganggu kesehatan mental dan jam tidur Anda, jangan ragu datang ke psikolog untuk mencurahkan isi hati dan meminta solusi.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/fulfillment-any-age/201507/why-we-think-about-our-exes-and-why-its-not-bad-thing
Diakses pada 3 Mei 2020

Well and Good. https://www.wellandgood.com/good-advice/why-do-i-keep-dreaming-about-my-ex/
Diakses pada 3 Mei 2020

The Cut. https://www.thecut.com/article/dreaming-about-an-ex-an-expert-explores-10-reasons-why.html
Diakses pada 3 Mei 2020

Artikel Terkait