Macam-Macam Alat Ukur Tinggi Badan yang Tepat dan Akurat

(0)
10 Sep 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pita ukur adalah salah satu alat ukur tinggi badan manual.Ada berbagai alat ukur tinggi badan yang bisa Anda coba.
Mengetahui tinggi badan cukup penting bukan hanya untuk penampilan, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda tidak harus datang ke fasilitas kesehatan untuk mengukurnya, asalkan memiliki alat ukur tinggi badan di rumah dan memahami cara menggunakannya.Banyak aspek yang memengaruhi tinggi badan, salah satu yang paling utama adalah faktor genetik alias keturunan. Tinggi badan merupakan elemen penting untuk kesehatan, termasuk dalam perhitungan indeks massa tubuh yang kemudian dapat mendiagnosis risiko penyakit tertentu.Tinggi badan juga dapat mendeteksi status nutrisi, potensi kelainan bentuk tulang belakang, displasia rangka, hingga estimasi pengeroposan tulang pada lansia. Semua hal ini dapat diketahui dengan pengukuran menggunakan alat ukur tinggi badan dan cara ukur yang tepat.

Macam-macam alat ukur tinggi badan yang ada di pasaran

Stadiometer adalah salah satu alat ukur tinggi badan.
Ketika Anda mengukur tinggi badan di pusat kesehatan, petugas medis akan melakukannya dengan menggunakan alat bernama stadiometer.Stadiometer adalah semacam penggaris panjang yang menempel di dinding serta memiliki pembatas yang akan ditempelkan di puncak kepala Anda.Pembatas inilah yang akan dicocokkan dengan penggaris pada dinding tersebut, sehingga petugas medis dapat membaca tinggi badan Anda dengan akurat. Penggunaan stadiometer adalah metode yang cepat dan tepat dalam mengukur tinggi badan.Meskipun demikian, jika enggan untuk selalu datang ke Puskesmas, klinik, atau rumah sakit hanya untuk mengetahui tinggi badan, Anda dapat menggunakan alat ukur tinggi badan yang terdapat di pasaran, seperti berikut ini.

1. Pita ukur

Alat ukur tinggi badan ini adalah benda klasik yang sudah digunakan untuk mengetahui tinggi badan secara turun-temurun. Hanya saja, penggunaannya bisa sedikit rumit, apalagi bila tidak ada yang membantu Anda untuk melakukannya.Pertama-tama, Anda harus berdiri tegak menghadap tembok tanpa alas kaki maupun penutup kepala. Di atas kepala, gunakan benda datar (misalnya buku) untuk menandai batas puncak kepala dengan mencoretnya memakai pensil di tembok.Ukur tinggi coretan tersebut dari lantai menggunakan pita ukur. Itulah tinggi badan Anda.

2. Penggaris panjang

Jika pita ukur atau stadiometer tidak tersedia, Anda dapat menggunakan penggaris panjang yang ditempelkan ke dinding. Penggunaannya mirip dengan pita ukur. Anda mungkin memerlukan bantuan orang lain untuk melihat hasil ukur tinggi badan agar akurat.

3. Stiker dinding

Alat ukur tinggi badan ini hadir dengan bentuk yang unik (misalnya jerapah atau tanaman rambat) dan warna yang menarik sehingga cocok digunakan untuk mengukur tinggi badan anak-anak.Untuk menenempelkan stiker ini, Anda biasanya juga membutuhkan bantuan pita ukur demi memastikan posisi tempelan sudah sesuai dengan tinggi yang seharusnya.

4. Alat ukur tinggi badan otomatis

Prinsip kerja alat ukur tinggi badan otomatis mirip dengan timbangan badan digital. Anda tinggal berdiri di alat yang dimaksud, kemudian memposisikan tongkat pengukur hingga bagian puncaknya berada di atas kepala. Lalu, monitor akan memperlihatkan tinggi badan.Beberapa alat ukur tinggi badan otomatis juga bisa berfungsi sebagai timbangan badan sekaligus, sehingga Anda bisa langsung mengetahui indeks massa tubuh. Sementara itu, alat lainnya juga bisa terhubung dengan printer untuk mencetak hasil pengukuran tinggi dan berat badan tersebut.

5. Aplikasi telepon pintar

Di era serba digital sekarang ini, alat ukur tinggi badan juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Anda bisa mengunduhnya di apps store secara gratis, kemudian menggunakannya sesuai petunjuk pemakaian.Aplikasi ini biasanya menggabungkan teknologi augmented reality dengan perhitungan trigonometri. Hasil pengukuran ini mungkin sedikit berbeda dibanding pengukuran manual dengan alat fisik, karena berbagai faktor.

Cara mengukur tinggi badan yang benar

Lepaskan sepatu sebelum mengukur tinggi badan.
Apapun alat ukur tinggi badan yang Anda gunakan, lakukan cara ukur secara tepat, untuk meminimalisir kesalahan dalam membaca hasil. Berikut ini tips yang dapat Anda jalankan untuk mendapatkan hasil ukur tinggi badan yang akurat.
  • Lepaskan alas kaki dan penutup kepala.
  • Pastikan tumit, bokong, dan pundak menempel pada dinding (bila menggunakan alat ukur tinggi badan manual), atau telapak kaki menyentuh bagian dasar alat ukur otomatis.
  • Pandangan harus lurus ke depan.
Untuk mendapatkan hasil yang akurat, lakukan pemeriksaan setidaknya 2-3 kali. Jika hasilnya sedikit berbeda, ambil rata-rata tinggi badan untuk menentukan nilai akhir.Kesalahan pengukuran bisa terjadi ketika posisi tubuh terhadap alat ukur tinggi badan tidak tepat, atau Anda bergerak ketika diukur.Sementara itu, kesalahan pembacaan hasil tinggi badan juga bisa terjadi jika derajat pandangan Anda berbeda atau pengukuran dilakukan di tempat dengan pencahayaan yang kurang.
tinggi bayitinggi rata-rata priatinggi badan
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551524/
Diakses pada 26 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-measure-height
Diakses pada 26 Agustus 2020
IEEE Xplore. https://ieeexplore.ieee.org/document/7098582
Diakses pada 26 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-measure-height
Diakses pada 26 Agustus 2020
Medscape. https://www.medscape.com/answers/920446-169667/how-is-height-assessed-during-the-physical-exam-for-growth-failure
Diakses pada 26 Agustus 2020
Unicef. https://www.unicef.org/innovation/heightlength-measurement-device
Diakses pada 26 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait