Berbagai Akibat Telat Makan yang Tidak Boleh Anda Remehkan

(0)
09 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu dampak telat makan adalah gangguan pencernaanTelat makan dapat membahayakan tubuh Anda
Pola makan teratur adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, berbagai kondisi dapat membuat kita sering telat makan atau bahkan tidak makan. Jika dibiarkan, ada sejumlah akibat telat makan yang bisa membahayakan tubuh karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan sementara atau jangka panjang.

Akibat telat makan bagi tubuh kita

Selain menyebabkan gangguan kesehatan fisik, kesehatan mental Anda juga bisa terganggu akibat telat makan. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa terjadi jika Anda sering telat makan atau tidak makan.

1. Kelaparan

Kelaparan
Lapar dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi
Lapar merupakan cara alamiah tubuh memberikan sinyal untuk meminta tambahan bahan bakar. Jika sinyal ini diabaikan, tubuh akan terus kelaparan dan mengidam makanan.Kondisi ini dapat membuat Anda kesulitan berkonsentrasi dan beraktivitas karena perut yang lapar dan pikiran mengenai makanan akan terus mengganggu.

2. Pola makan yang tidak sehat

Sering telat makan dapat membentuk pola makan yang tidak sehat. Saat perut sangat kelaparan, Anda dapat mengambil apa saja yang paling mudah dan cepat, khususnya makanan tidak sehat, seperti camilan tinggi gula dan garam atau makanan cepat saji yang tinggi kalori, lemak, dan kolesterol.Akibat telat makan lainnya adalah tubuh dapat menganggap makanan sebagai hal yang langka sehingga saat waktu makan tiba, Anda dapat menyantap makanan secara berlebihan.Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dan makan berlebihan malah akan membuat berat badan Anda mudah naik dan meningkatkan risiko obesitas.

3. Penurunan kadar gula darah

Gula darah turun
Penurunan gulal darah dapat membuat Anda mudah cemas
Telat makan atau tidak makan akan membuat kadar gula darah turun. Tubuh lantas memproduksi kortisol (hormon stres) sebagai usaha membantu mengatur gula darah.Masalahnya, kondisi ini dapat menciptakan respons stres pada tubuh sehingga Anda akan mudah cemas, tertekan, murung, mudah tersinggung, dan letih.

4. Penurunan energi

Salah satu efek tidak makan adalah penurunan energi sehingga tubuh terasa lesu dan lelah. Fungsi otak juga dapat mengalami penurunan karena tidak ada glukosa atau gula darah untuk menjaga fungsinya.Telat makan juga dapat menyebabkan sakit kepala sekaligus tubuh terasa lemah dan goyah. Anda juga bisa pingsan jika melakukan aktivitas yang menguras energi saat tidak makan

5. Kehilangan sinyal lapar dan kenyang alamiah

Perut kenyang
Tubuh dapat sulit merasa kenyang saat sering telat makan
Hormon ghrelin dapat membuat Anda lapar saat tubuh membutuhkan bahan bakar (energi), sedangkan leptin memberikan tanda untuk menurunkan nafsu makan dengan memberikan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang.Namun, jika Anda terbiasa mengabaikannya, tubuh bisa kehilangan sinyal lapar dan kenyang tersebut. Sebagai akibat jarang makan, tubuh dapat kehilangan pemahaman seperti apa rasa lapar dan kenyang sehingga berpotensi menimbulkan konsekuensi negatif bagi kesehatan.

6. Tidak merasakan kenikmatan saat makan

Terbiasa telat makan dan baru melakukannya saat terpaksa, atau di sela-sela aktivitas lain tanpa menyisihkan waktu khusus, dapat membuat Anda kehilangan kenikmatan makan.Padahal, makan dengan kesadaran penuh dapat membantu Anda dalam pengelolaan berat badan yang lebih baik.

7. Meningkatkan risiko kecemasan

Wanita sedang cemas
Telat makan atau tidak makan bisa menyebabkan kecemasan
Tahukah Anda kalau telat makan juga dapat berdampak bagi kesehatan mental? Sebuah studi di tahun 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Enviromental Research and Public Health menunjukkan bahwa remaja yang tidak makan sarapan lebih mudah mengalami stres dan depresi dibandingkan remaja yang rutin sarapan.

8. Kekurangan nutrisi

Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi sebagai akibat dari telat makan. Masalah ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan.Saat kelaparan, tubuh juga cenderung mengidam karbohidrat olahan, seperti kue atau roti. Makanan ini hanya membuat kenyang sejenak, tapi tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi tubuh.Lebih jauh lagi, akibat jarang makan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi dalam jangka panjang. Kondisi ini dapat berpengaruh pada kekuatan fisik, kemampuan berpikir, hingga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

9. Gangguan pencernaan

Pria sedang diare
Gangguan pencernaan seperti diare bisa terjadi jika sering telat makan
Telat makan atau tidak makan juga dapat menyebabkan berbagai gejala gangguan pencernaan, seperti mual, diare, hingga, sembelit.Gangguan pencernaan ini bahkan bisa terjadi lebih parah jika Anda terbiasa telat makan, lalu setelah itu makan secara berlebihan. Sebagai konsekuensinya, pencernaan menjadi semakin tidak teratur bahkan berpotensi mengembangkan penyakit pencernaan.

10. Meningkatkan risiko gangguan makan

Telat makan bisa meningkatkan risiko Anda mengalami gangguan makan. Di samping gangguan makan berlebihan, Anda juga berisiko mengalami anoreksia atau bulimia sebagai akibat jarang makan.Gangguan makan tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik, tapi juga mental Anda. Sehingga, upaya dan waktu yang ekstra dibutuhkan untuk memulihkan kondisi ini.Telat makan atau tidak makan juga bukan cara menurunkan berat badan dengan benar. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran diet yang tepat bagi tubuh Anda.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatpola hidup sehat
University of Louisville Health Sciences Center. https://louisville.edu/medicine/departments/familymedicine/files/L081611.pdf
Diakses 25 Maret 2021
Eating Well. https://www.eatingwell.com/article/7561431/scary-things-that-could-happen-to-your-body-when-you-skip-meals/
Diakses 25 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait