Berat Badan Ideal Anak Usia 5-6 Tahun, Orangtua Wajib Tahu

(0)
29 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Berat badan ideal anak usia 5-6 tahun berbeda antara laki-laki dan perempuanTumbuh kembang anak usia 5-6 tahun harus orangtua perhatikan
Di usia 5 tahun, anak-anak umumnya telah masuk taman kanak-kanak (TK). Pertumbuhannya pun semakin pesat dari waktu ke waktu, termasuk tinggi dan berat badannya. Untuk menunjang pertumbuhan Si Kecil, setidaknya Anda perlu tahu berbagai informasi penting, misalnya seputar berat badan ideal anak usia 5-6 tahun.Dengan memahami informasi seperti berat badan ideal anak, Anda dapat mengetahui jika Si Kecil lebih kurus atau lebih gemuk dari anak-anak seusianya. Selain itu, tinggi badan anak usia 5 tahun yang ideal juga sebaiknya Anda ketahui. Semua ini dapat membantu Anda mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Berat badan ideal anak usia 5-6 tahun

Berdasarkan jenis kelaminnya, berat badan ideal anak usia 5-6 tahun berbeda. Pada anak perempuan, berat badan anak 5 tahun yang ideal adalah sekitar 18 kg. Sementara untuk anak laki-laki, berat badan anak usia 5 tahun yang ideal adalah 18,5.Memasuki usia 6 tahun, berat badan yang ideal untuk anak perempuan adalah 20,3 kg. Untuk anak laki-laki, berat badan ideal yang bisa Anda jadikan acuan adalah sekitar 20,8 kg.Akan tetapi, tidak sedikit anak yang memiliki berat badan kurang atau lebih dari angka idealnya sehingga Si Kecil mungkin terlalu kurus atau kelebihan berat badan. Sebetulnya, hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti:

1. Faktor keturunan

ibu dan anak
Faktor keturunan dapat pengaruhi berat badan anak
Gen yang diwariskan oleh orangtua ternyata dapat memengaruhi berat badan anak. Jika salah satu atau kedua orangtua memiliki kelebihan berat badan, anak juga cenderung akan mengalaminya.

2. Makanan yang dikonsumsi

Untuk mencapai berat badan ideal anak usia 5-6 tahun, Si Kecil harus mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang. Namun, jika anak lebih banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat, maka berat badannya mungkin lebih rendah atau jauh lebih tinggi dari angka idealnya.

3. Aktivitas fisik

anak bermain gawai
Bermain gawai bisa membuat anak kurang bergerak
Berat badan anak usia 5 tahun juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang dilakukan anak. Jika anak lebih banyak duduk atau berbaring, kemungkinannya memiliki kelebihan berat badan menjadi lebih besar. Namun, terlalu banyak melakukan aktivitas fisik tanpa asupan yang cukup juga bisa membuat anak menjadi kurus.

4. Gaya hidup keluarga

Kebiasaan makan dan gaya hidup keluarga dapat memengaruhi berat badan anak. Sebagian keluarga mungkin lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi lemak, garam, atau gula tambahan.Selain itu, ada pula keluarga yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, atau bahkan justru lebih banyak berdiam diri menonton televisi atau bermain gawai sehingga anak rentan mengalami kelebihan berat badan.

5. Jam tidur

anak tidur
Anak harus tidur dengan cukup
Tahukah Anda kalau jam tidur bisa berpengaruh terhadap berat badan anak? Kurang tidur dapat memicu Si Kecil makan atau ngemil lebih banyak sehingga menyebabkan berat badannya naik.

6. Kondisi medis dan obat-obatan tertentu

Kondisi medis yang diderita oleh Si Kecil dapat memengaruhi berat badan anak 5 tahun. Penggunaan obat-obatan tertentu juga harus Anda perhatikan karena bisa membuat berat badan anak lebih kurus atau gemuk.Selain mengetahui berat badan ideal anak usia 5-6 tahun, Anda juga perlu memahami tinggi badan anak yang ideal pada usia ini.

Tinggi badan anak usia 5 tahun

Tinggi badan anak usia 5 tahun dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya. Pada anak perempuan, tinggi anak 5 tahun yang ideal adalah sekitar 108. Sementara itu, tinggi badan anak 5 tahun laki-laki idealnya adalah 110 cm.Memasuki usia 6 tahun, tinggi badan anak perempuan idealnya berada di angka 115 cm. Khusus untuk anak laki-laki, tinggi badan ideal yang bisa dijadikan acuan adalah 115,7 cm.
anak stunting
Stunting menjadi masalah yang umum terjadi pada anak Indonesia
Sayangnya, tidak semua anak bisa meraih tinggi badan yang ideal ini. Salah satu masalah pertumbuhan yang sering terjadi di Indonesia adalah stunting (bertubuh pendek). Prevalensi stunting Indonesia bahkan menempati urutan kedua di Asia Tenggara. Masalah pertumbuhan ini sering kali disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang diperoleh oleh Si Kecil.Anda bisa menggunakan meteran untuk mengukur tinggi anak 5 tahun. Sementara, jika Anda ingin memprediksi tinggi badan anak saat dewasa nanti, Anda dapat mengeceknya dengan rumus Tinggi Potensi Genetik (TPG) yang dihitung berdasarkan tinggi badan orangtua.
  • TPG anak laki-laki = ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm
  • TPG anak perempuan = ((TB ayah (cm) - 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm.
Pastikan Anda selalu menunjang tumbuh kembang Si Kecil secara optimal dengan memberinya makanan bernutrisi dan bergizi seimbang, mendorongnya bergerak aktif, dan tidur dengan cukup.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar berat badan ideal anak usia 5-6 tahun, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan anaktumbuh kembang anakperkembangan anak
Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/average-weight-and-growth-chart-for-babies-toddlers-and-beyo_10357633
Diakses pada 14 Maret 2021
NIDDK. https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/adult-overweight-obesity/factors-affecting-weight-health
Diakses pada 14 Maret 2021
Kemenpppa. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2929/pandemi-covid-19-stunting-masih-menjadi-tantangan-besar-bangsa
Diakses pada 14 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait