logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

Berapa Lama Sperma Bertahan Hidup di Luar Setelah Ejakulasi?

open-summary

Berapa lama sperma akan bertahan hidup di luar setelah ejakulasi berbeda-beda, tergantung di mana sperma mendarat dan kondisi sekitarnya.


close-summary

31 Agt 2022

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

berapa lama sperma bertahan di luar setelah ejakulasi

Masa hidup sperma di luar setelah ejakulasi berkaitan dengan faktor lingkungan

Table of Content

  • Berapa lama sperma bertahan di luar tubuh?
  • Berapa lama sperma dapat bertahan di dalam rahim?
  • Apakah sperma bisa bertahan di kolam renang?
  • Catatan SehatQ

Ketika merencanakan kehamilan ataupun mencegah kehamilan, Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama sperma akan bertahan hidup di luar tubuh setelah ejakulasi?Ternyata, masa hidup sperma sangat berkaitan dengan faktor lingkungan serta seberapa cepat mereka mengering. Simak lengkapnya dalam artikel ini.

Advertisement

Berapa lama sperma bertahan di luar tubuh?

Saat mengering, sperma tidak dapat bisa bertahan
Saat mengering, sperma tidak dapat bisa bertahan

Mengetahui berapa lama sperma bertahan di luar tubuh akan sangat berguna bagi Anda untuk merencanakan kehamilan. Termasuk jika melakukan ejakulasi di luar vagina.

Ejakulasi di luar vagina jadi salah satu cara untuk melakukan pencegahan kehamilan secara alami. Namun, tahukah Anda bahwa masih ada sedikit kemungkinan hamil sekalipun sperma keluar di luar vagina? 

Sperma dapat bertahan di luar tubuh dan vagina selama berada di dekat vagina dan belum mengering. Anda mungkin pernah mendengar kalau oksigen dapat membunuh sperma.

Faktanya, sperma akan tetap bisa bergerak sampai akhirnya benar-benar kering. 

Pada area luar kulit dekat vagina yang terasa lembap, ada kemungkinan sperma dapat bertahan dalam waktu 15-20 menit. Kemungkinan hamil sebenarnya sangat kecil, tetapi bukan berarti tidak mungkin.

Sperma membutuhkan kelembapan dan kehangatan untuk hidup. Jadi, saat air mani terkena udara lalu mengering, sperma mati dalam beberapa menit.

Begitu juga jika sperma berada di permukaan kering, seperti pakaian atau sprei tempat tidur pun juga akan cepat mati ketika mengering.

Apabila Anda berhubungan seksual dan belum merencanakan kehamilan, sebaiknya tetap menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya sebagai bentuk pencegahan.

Metode menarik penis sebelum ejakulasi tidak 100% efektif sebab dalam cairan pra-ejakulasi tetap terdapat sedikit sperma yang masih bisa serta bertahan hidup di luar tubuh sebelum mengering.

Baca Juga

  • Hamil 21 Minggu: Perkembangan Janin dan Perubahan Bumil
  • Apakah Aman Ibu Hamil Naik Motor? Ini Jawabannya
  • Mengenal Lingkar Lengan Atas (LILA) Normal Ibu Hamil Jika Ingin Punya Momongan

Berapa lama sperma dapat bertahan di dalam rahim?

Bagi yang sedang menjalani program hamil, Anda juga perlu mengetahui berapa lama sperma akan bertahan di dalam rahim setelah ejakulasi.

Setelah ejakulasi, sperma dapat bertahan hidup di dalam tubuh wanita selama sekitar 5 hari. Cairan dalam saluran reproduksi wanita mengandung nutrisi yang dibutuhkan sperma untuk menjaga kelangsungan hidupnya,.

Begitu berada di saluran reproduksi wanita, sel sperma harus berenang melalui leher rahim dan masuk ke dalam rahim untuk mencapai saluran tuba dan sel telur, agar terjadi pembuahan.

Ini tergolong perjalanan yang cukup panjang, sehingga hanya sedikit sperma yang bertahan. Kualitas sperma yang baiklah yang akan mampu bertahan dan mencapai sel telur.

Dalam Mayo Clinic dijelaskan, bahwa berapa lama masa hidup sperma di luar atau dalam tubuh setelah ejakulasi tergantung pada keadaannya.

Meskipun sebelumnya dibahas kalau sperma akan cepat mati dalam beberapa menit karena mengering, sperma juga dapat disimpan selama beberapa dekade saat air mani dibekukan.

Apakah sperma bisa bertahan di kolam renang?

Anda tentu tak asing lagi dengan anggapan yang menyebutkan bahwa pria dan wanita yang berenang dan berada di satu kolam renang dapat menyebabkan kehamilan.

Faktanya, hal ini mungkin saja terjadi jika Anda dan pasangan benar-benar berhubungan seksual di kolam renang. Jadi, ejakulasi terjadi di dalam vagina.

Namun, sperma tidak bisa bertahan jika pria melakukan ejakulasi di luar vagina. Terlebih, air tersebut mengandung kaporit. Dalam Planned Parenthood dijelaskan kalau sperma memang dapat hidup di luar tubuh dalam waktu singkat, jika kondisi lingkungannya sesuai. Akan tetapi, tidak di dalam air.

Alasannya, ketika berada di dalam air, sperma tersebar dan terpisah dari cairan yang melindunginya.

Maka dari itu, sangat tidak mungkin jika sperma akan berenang, menembus baju renang, masuk ke dalam vagina, dan membuat wanita tersebut hamil.

Lalu, bagaimana jika sperma berada di kolam air panas? Apakah akan bertahan? Jawabannya, sel sperma juga tidak akan bertahan lama. Sperma tidak akan hidup setelah beberapa detik terkena bahan kimia dan air panas. 

Sedangkan dalam dalam air hangat yang tidak terlalu panas, sel sperma mungkin bisa bertahan beberapa menit.

Catatan SehatQ

Memang ada yang mengatakan kalau sperma akan hidup lebih lama dalam kondisi lembap.

Namun, berbeda ceritanya kalau sperma hanya berada di luar vagina setelah ejakulasi karena akan lebih cepat mengering. Terjadinya kehamilan pun antara mungkin dan tidak mungkin.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berapa lama sperma akan bertahan di luar setelah pria ejakulasi? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

menjaga kehamilankehamilanejakulasi dinispermareproduksi pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved