Sering Digunakan dalam Resep, Berapa Kalori Kecap Inggris?


Dengan rasa perpaduan manis dan asam, kecap inggris juga merupakan salah satu bahan wajib yang ada di dapur. Biasanya, kecap yang satu ini menjadi pelengkap dalam masakan tumisan atau sebagai bumbu rendaman. Dalam satu sendok tehnya, kalori kecap inggris hanya sekitar 4 saja.

0,0
14 Oct 2021|Azelia Trifiana
Saus Inggris dikenal juga dengan nama saus WorcertershireSaus Inggris dikenal juga dengan nama saus Worcertershire
Dengan rasa perpaduan manis dan asam, kecap inggris juga merupakan salah satu bahan wajib yang ada di dapur. Biasanya, kecap yang satu ini menjadi pelengkap dalam masakan tumisan atau sebagai bumbu rendaman. Dalam satu sendok tehnya, kalori kecap inggris hanya sekitar 4 saja.Berbeda dengan bahan seperti gula dan garam, tidak setiap hari orang menggunakan kecap inggris. Terkadang, kecap ini hanya digunakan saat sedang memasak resep tertentu saja.

Kandungan nutrisi kecap inggris

Tentu saja, kecap inggris bukan bahan masakan yang memberikan nutrisi signifikan. Sebab, porsi yang digunakan saat kecil. hanya perlu satu sendok saja untuk seluruh resep.Rasa dari kecap inggris sangat kuat, meski hanya sedikit saja. Dalam satu sendok teh kecap inggris, terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 4
  • Lemak: 0
  • Sodium: 69 miligram
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Serat: 0
  • Gula: 0,5 gram
  • Protein: 0
Sumber karbohidrat dan gula dalam kecap inggris biasanya dari molase. Ini adalah bagian paling dominan dalam kandungan nutrisi kecap inggris. Namun, tetap saja tidak signifikan.Terkait vitamin dan mineral, kecap inggris mengandung sedikit vitamin C, zat besi, seng, tembaga, dan potasium. Selain itu, tentu saja kecap ini memberikan tambahan sodium pada masakan saat digunakan dalam resep.Dalam satu sendok teh kecap inggris, terdapat 69 miligram sodium. Masih jauh lebih rendah ketimbang sodium dalam saus teriyaki atau kecap asin.Tiga sendok makan kecap inggris saja hanya mencakup 10% batas rekomendasi harian konsumsi sodium. Namun biasanya, hanya perlu satu sendok saja untuk seluruh resep mengingat rasanya yang dominan.Sebagai tambahan informasi, batas konsumsi sodium setiap harinya adalah 2.300 miligram. Memang sodium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Namun jika berlebihan, dapat berisiko meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.Selain itu, kalori kecap inggris sangat kecil. Jadi, tak perlu khawatir menggunakannya dalam resep sesekali karena tidak signifikan menambah jumlah kalori makanan.

Manfaat kecap inggris untuk kesehatan

Lalu bagaimana dengan manfaat kecap inggris untuk kesehatan, adakah? Berikut penjelasannya:
  • Potensi membantu pembentukan darah

Anak-anak, remaja, hingga perempuan di usia produktif biasanya kesulitan memenuhi kebutuhan zat besi hariannya. Padahal, perannya sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.Satu sendok makan kecap inggris mengandung 0,8 miligram zat besi. Memang tidak signifikan, namun setidaknya memenuhi sekitar 5% kebutuhan harian seseorang.
  • Mengoptimalkan imunitas

Sistem kekebalan tubuh idealnya harus tetap siaga agar bisa melindungi dari patogen penyebab penyakit. Apa yang dikonsumsi turut menjadi penentu paling krusial bagaimana performa sistem imun.Lebih jauh lagi, vitamin C dan seng adalah dua nutrisi yang penting untuk kesehatan sistem imun. Dalam kecap inggris, terdapat sedikit vitamin C dan seng yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.
  • Potensi menyehatkan mata

Kecap inggris juga mengandung sedikit nutrisi seperti lutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah karoten yang ada di retina mata. Mengonsumsi makanan yang mengandung kedua zat ini dapat menjaga dari degenerasi makula akibat penuaan.
  • Pilihan bumbu rendah kalori

Jika Anda sedang menghitung kalori karena menjaga berat badan, kalori kecap inggris tidak terlalu membuat dahi berkerut. Sebab, hanya ada 4 kalori dalam satu sendok teh kecap inggris. Bahkan, tak perlu banyak kecap ini sudah memberikan rasa dominan pada masakan.
  • Menyehatkan jantung

Kelebihan lain dari kecap inggris adalah bebas lemak sehingga bisa memperkaya rasa masakan tanpa khawatir dengan kadar lemaknya. Selain itu, ada baiknya pilih jenis yang rendah sodium agar manfaatnya kian maksimal.

Catatan dari SehatQ

Ada banyak merek dan jenis kecap inggris di luar sana, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun bagi yang tidak bisa toleransi gluten, sebaiknya baca dulu komposisi dalam kemasan karena beberapa jenis kecap ini mengandung bahan seperti cuka malt dari biji gandum atau barley.Namun jika tidak ada alergi tertentu, kecap inggris tidak akan memberikan reaksi alergi. Tetap jaga konsumsinya agar tidak berlebihan karena bisa saja membuat Anda mengonsumsi terlalu banyak sodium.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat kecap inggris untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/worcestershire-sauce-nutrition-facts-and-health-benefits-5198799
Diakses pada 1 Oktober 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/9/2/120
Diakses pada 1 Oktober 2021
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1100461/nutrients
Diakses pada 1 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait