Berapa Kalori Cheesecake, Ini Jawabannya


Dari dulu hingga sekarang, cheesecake adalah makanan pencuci mulut yang begitu populer. Ini juga bisa jadi alternatif bagi yang bosan dengan rasa cokelat atau pandan. Namun jangan berlebihan, sebab kalori cheesecake meski hanya satu potong saja bisa mengandung lebih dari 400 kalori.

0,0
11 Oct 2021|Azelia Trifiana
Cheesecake mengandung banyak kaloriCheesecake mengandung banyak kalori
Dari dulu hingga sekarang, cheesecake adalah makanan pencuci mulut yang begitu populer. Ini juga bisa jadi alternatif bagi yang bosan dengan rasa cokelat atau pandan. Namun jangan berlebihan, sebab kalori cheesecake meski hanya satu potong saja bisa mengandung lebih dari 400 kalori.Tentu berbeda-beda kandungan kalori cheesecake bergantung pada komposisi bahan yang digunakan. Selain itu, biasanya kue yang dibuat di restoran atau toko bakery lebih tinggi kalori ketimbang yang dibuat sendiri di rumah.

Berapa kalori cheesecake?

Ada perbedaan kalori yang cukup signifikan antara cheesecake yang dibuat sendiri di rumah dengan yang diproduksi untuk keperluan komersil. Untuk cheesecake yang dibuat sendiri di rumah dari adonan atau mix, biasanya mengandung 274 kalori.Lebih detail lagi, di dalamnya terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Lemak: 12,7 gram
  • Kolesterol: 29 miligram
  • Kalsium: 172 miligram
  • Protein: 5,5 gram
  • Vitamin A: 366 IU
  • Vitamin C: 0,5 miligram
Sementara cheesecake yang diproduksi di pasaran biasanya mengandung kalori lebih tinggi yaitu 430 kalori. Lebih detailnya, berikut kandungan dalam cheesecake yang dijual di toko kue:
  • Lemak: 34 gram
  • Kolesterol: 130 miligram
  • Kalsium: 100 miligram
  • Protein: 6 gram
  • Vitamin A: 1.250 IU
  • Vitamin C: 1,2 miligram
Tentu saja, adanya topping di atas cheesecake juga akan berpengaruh pada jumlah kalorinya. Biasanya, ada topping seperti potongan cokelat, meses, selai, atau whipped cream.Oleh sebab itu, sebaiknya pilih topping tambahan berupa buah segar untuk menjaga kadar kalori cheesecake tidak terlalu tinggi. Bonusnya ketika menambahkan buah segar, maka camilan tinggi lemak ini akan tetap bernutrisi.

Mengapa kalori cheesecake bisa berbeda?

Perbedaan cukup signifikan antara cheesecake yang dibuat sendiri di rumah dengan yang dipasarkan secara komersil tentu datang dari komposisinya. Bahan-bahan yang digunakan biasanya adalah butter, breadcrumbs, gula pasir, cream cheese, tepung terigu, telur, ekstrak vanila, dan sour cream.Jika Anda membuat sendiri cheesecake di rumah, maka bahan-bahan yang berkalori tinggi bisa diganti. Sebagai contoh, memilih cream cheese dan sour cream yang rendah lemak.Ada banyak alternatif yang tidak akan mengubah bentuk dan tekstur dari cheesecake. Sementara bagi vegan yang tidak mengonsumsi telur, aquafaba juga bisa jadi alternatifnya.Namun, mengingat membuat kue atau baking harus benar-benar presisi kuantitas bahannya, perlu ada trial and error ketika mengganti komposisi dengan jenis lain.

Cara aman konsumsi cheesecake

Untuk membakar cheesecake dengan kalori sebanyak 270-430 kalori, ini setara dengan berlari selama 40 menit dengan kecepatan 19 menit per mil atau berjalan 1,5 jam. Selain  itu, kalori sekitar 400 juga bisa dibakar dengan menyetrika baju selama dua jam.Setelah tahu berapa kalori cheesecake, sebaiknya selalu tanamkan untuk tidak mengonsumsi berlebihan. Sebenarnya ini tidak hanya berlaku pada cheesecake saja, tapi juga camilan tinggi lemak lainnya.Terlebih jika Anda mengonsumsi cheesecake dari toko atau restoran. Kandungan kalorinya bisa saja lebih tinggi.Namun, sah-sah saja membuat sendiri cheesecake jika ingin kandungan kalorinya lebih terpantau. Pilih pula topping buah segar dan krim tidak terlalu banyak untuk menambah nutrisi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar rekomendasi kalori setiap harinya sesuai aktivitas Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/301683-how-many-calories-does-a-slice-of-cheesecake-have/
Diakses pada 27 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-cream-cheese-healthy-nutrition-benefits-and-downsides#production
Diakses pada 27 September 2021
Nutritionix. https://www.nutritionix.com/food/cheesecake/1-piece
Diakses pada 27 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait